Tutup Iklan
Demi Piala Dunia U-20, Kemenpora Ajukan Anggaran Rp500 Miliar
Kementrian PUPR bersama PSSI meninjau lapangan untuk Piala Dunia U-20. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) disebut mengajukan anggaran untuk Piala Dunia U-20 2021 sebesar Rp500 miliar.

Angka fantastis itu muncul dalam rapat kerja Kemenpora bersama Komisi X DPR RI beberapa hari lalu. Usulan dana tersebut masih perlu digodok Badan Anggaran (Banggar) DPR sebelum disetujui.

Kisah Mistis di 3 Makam Tanpa Nama Baluwarti Solo, Warga Ngaku Pernah Diboncengi Sosok Ini

Anggota Komisi X DPR, A.S. Sukawijaya, mengatakan total pengajuan dana yang disampaikan Kemenpora dalam rapat kerja mencapai Rp2 triliun. Dari angka tersebut, sebanyak Rp500 miliar di antaranya digunakan untuk persiapan PD U-20 plus penyiapan Timnas yang akan bertanding di laga tersebut.

“Sebanyak Rp400 miliar untuk pelaksanaan Piala Dunia U-20 2021, Rp100 miliar untuk Timnas U-19 [cikal bakal U-20],” ujar lelaki yang akrab disapa Yoyok Sukawi ini, dilansir Detik.com, Minggu (5/7/2020).

Baru Usulan

Yoyok menjelaskan anggaran setengah triliun untuk Piala Dunia U-20 itu masih sebatas usulan dan perlu dikaji di Banggar DPR. Menurut dia, pengajuan anggaran tersebut murni dari Kemenpora. PSSI, imbuhnya, tidak mengajukan dana untuk pelaksanaan maupun persiapan PD U-20.

Diketahui, pemerintah sudah membentuk Indonesia FIFA U-20 World Cup 2021 Organizing Committee (INAFOC) yang diketuai Menpora, Zainudin Amali. “PSSI tidak meminta untuk pelaksanaan event dan Timnas. Panitianya kan pemerintah, sudah dibentuk Presiden,” jelas Yoyok.

Sempat Ditutup, Tempat Praktik Dokter di Mandan Sukoharjo Kontak Erat Pasien Covid-19 Dibuka Lagi

Saat rapat kerja, Menpora menyampaikan tak ada kewajiban pemerintah untuk membiayai perhelatan PD U-20. Namun menurut Yoyok, pemerintah akhirnya siap mengucurkan dana agar pelaksanaan ajang tingkat dunia itu dapat maksimal.

“Pemerintah melihat event ini demi anak bangsa. Kami tak mau PSSI persiapannya asal-asalan. Pemerintah dukung penuh melalui anggaran, sama seperti Asian Games 2018 lalu,” kata Yoyok yang juga Komite Eksekutif PSSI itu.

Sumber: Detik.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom

Pasang Baliho