Tutup Iklan

Datang Lagi, 200 Tabung Oksigen Bantuan Shopee Untuk DKK Solo

Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo kembali menerima bantuan sebanyak 200 tabung oksigen dari Shopee Singapura melalui Bandara Adi Soemarmo.

 Petugas Bea Cukai Surakarta mengeluarkan 200 tabung oksigen bantuan Shopee Singapura untuk Dinas Kesehatan Kota Solo, Senin (19/7/2021). (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Petugas Bea Cukai Surakarta mengeluarkan 200 tabung oksigen bantuan Shopee Singapura untuk Dinas Kesehatan Kota Solo, Senin (19/7/2021). (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR – Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo kembali menerima bantuan sebanyak 200 tabung oksigen dari Shopee Singapura. Bea Cukai Surakarta memfasilitasi penanganan barang hibah tersebut pada Sabtu (24/7/2021).

Bea Cukai Surakarta juga berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan berbagai instansi terkait pengeluaran barang hibah berupa tabung oksigen tersebut agar bisa segera dimanfaatkan.

Bantuan 200 tabung oksigen dari Shopee Singapura untuk DKK Solo tiba di Bandara Internasional Adi Soemarmo pada pukul 15.30 WIB. Proses bongkat muat tabung oksigen disaksikan langsung oleh pihak Bea Cukai Surakarta, DKK Solo, Angkasa Pura Logistic, dan Satgas Covid-19 dari TNI AU.

“Penting bagi kami untuk mendapatkan informasi lebih awal rencana kedatangan barang. Agar kami segera melakukan koordinasi dan asistensi persiapannya. Sehingga pada saat kedatangan barang, pengeluaran dapat dilakukan secepatnya” jelas Kepala Kantor Bea Cukai Surakarta, Budi Santoso dalam rilis yang diterima Solopos.com, Sabtu (24/7).

Baca juga: PMI Jateng Bantu 8 Ton Oksigen untuk 3 Rumah Sakit di Solo

Menurut Budi Santoso, importasi tabung oksigen ini diterapkan skema layanan cepat “Rush Handling”. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 74/PMK.04/2021 yang memberikan fasilitas Pembebasan Bea Masuk (BM). Serta pembebasan pungutan Pajak Dalam Rangka Impor (PDRI) sebagaimana yang tercantum dalam PMK Nomor 92/PMK.04/2021.

“Itu semua wujud dari komitmen kami untuk membantu masyarakat. Dalam upaya menanggulangi wabah Covid-19 secepatnya,” tambah Budi.

Baca juga: Oksigen Bantuan dari Shopee Didistribusikan ke 16 RS di Solo

Tabung Oksigen Untuk DKK Solo

Setelah dilakukan penelitian kesesuaian dokumen dengan hasil pemeriksaan fisik kemasan, tabung oksigen ini selanjutnya langsung diberangkatkan ke Balai Kota Solo. Untuk segera didistibusikan ke pihak rumah sakit yang membutuhkan.

”Kedatangan tabung oksigen ini berkat kerja sama dari Bea Cukai Surakarta yang telah membantu proses kedatangan hingga keluar dari bandara menuju DKK Solo. Untuk itu kami ucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas dedikasi dan kerja samanya. Karena melancarkan pengiriman tabung oksigen dan sekaligus menyelamatkan masyarakat yang terpapar Covid-19,” kata Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa.

Baca juga: 3 Dosen Meninggal Dunia, UNS Solo Kehilangan Akademisi Terbaik

Sementara itu, Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Surakarta, Aries Baroto mengatakan selama pandemi Covid-19, Bea Cukai Surakarta telah berperan aktif untuk membantu pemerintah daerah dan masyarakat Solo dan sekitarnya.

Bea Cukai Surakarta sebelumnya telah memberikan fasilitas berupa, pembebasan pungutan cukai atas 36.000 liter etil alcohol pada Maret – Juni 2020. Kemudian fasilitas berupa perijinan produksi masker dan APD kepada 23 perusahaan tekstil/garment (kawasan berikat) di wilayah Soloraya, April 2020. Lalu Juli 2021, fasilitas hibah tabung oksigen.

 

Berita Terkait

Berita Terkini

9 BUMD Sragen Diguyur Modal Rp25 Miliar Tahun Depan

Dari sembilan BUMD di Sragen, ada tiga BUMD berprestasi secara manajemen dengan mendapatkan penghargaan Top BUMD 2021 Bintang 4.

Desa Sendang Wonogiri Terbaik Nasional, Ini Keunggulannya

Ada tiga hal yang dinilai pada ajang ini, yakni administrasi desa memiliki bobot 20, aktivasi dan akses masyarakat bobot 20, dan inovasi desa terkait pelayanan publik bobot 60.

Jumlah Sambungan Pelanggan Baru PLN di Boyolali Meningkat

Jumlah penyambungan ke pelanggan di Klaten dan Boyolali pada Agustus menyasar sekitar 5.000 pelanggan.

Kejar Herd Immunity, Kapolres Klaten Tinjau Vaksinasi di SMPN 2 Wedi

Peninjauan Kapolres Klaten ke SMPN 2 Wedi guna memastikan vaksinasi di sekolah setempat berlangsung lancar.

Hebat! Desa Sendang Terbaik Nasional soal Keterbukaan Informasi Publik

Desa Sendang, Wonogiri, menjadi desa terbaik se-Indonesia dalam hal keterbukaan informasi publik desa.

Ada Sekolah Langgar Prokes, Pemkot Solo Diminta Tak Sekadar Reaktif

Pemkot Solo diminta tidak hanya bersikap reaktif ketika ada sekolah melanggar prokes saat PTM namun juga melakukan pengawasan sistematis.

PJU Kembali Dinyalakan, Alun-Alun Wonogiri Terang Benderang

Dishub memadamkan PJU di ruas jalan raya tertentu sejak pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat, awal Juli 2021.

PTM Terbatas di 824 SD dan SMP di Klaten Bakal Disidak secara Rutin

Sri Mulyani mengatakan sidak dilakukan oleh lima tim yang menyebar ke berbagai sekolah terutama yang menyelenggarakan PTM terbatas.

Dukung Swasembada Daging, Kesehatan Reproduksi Sapi Boyolali Dipantau

Sapi yang memiliki masalah dalam sistem reproduksi akan diobati dan dipantau selama tiga pekan ke depan. 

Timbang Mangkrak, Pawartos Bikin Taman di Lahan Eks Terminal Kartasura

Masyarakat yang tergabung dalam Pawartos membangun taman dan pusat kuliner di lahan bekas Terminal Kartasura, Sukoharjo, yang lama mangkrak.

RAPBD Kabupaten Boyolali 2022 Rp2,27 Triliun

Dalam Ranperda APBD 2022, struktur pendapatan daerah dalam APBD Boyolali tahun 2022 diestimasikan Rp2.278.633.677.000.

Kucing, Hewan Paling Banyak Divaksin Rabies di Wonogiri

Vaksin rabies untuk hewan peliharaan ini digelar sebagai tindakan preventif dan mempertahankan status Jawa Tengah yang bebas rabies.

Baru 40-An Pelaku Usaha Ajukan QR Code PeduliLindungi lewat Pemkot Solo

Jumlah pelaku usaha yang mendaftar pengajuan QR Code PeduliLindungi melalui Dinas Pariwisata Solo masih minim, baru 40-an.

KPA Sragen Gelar Tes HIV di Gunung Kemukus Sasar Pekerja Hiburan

Pemkab Sragen kini punya alat khusus untuk memindai sidik jari warga jika menemui kelompok rentan HIV/AIDS yang tidak memiliki KTP.