Ilustrasi (Dok/JIBI/Solopos/Antara)

Solopos.com, SOLO -- Kebakaran menghanguskan sebagian rumah Andreas, warga RT 001/RW 006, Banyuanyar, Banjarsari, Solo, Kamis (31/10/2019), sekitar pukul 10.00 WIB

Kebakaran diduga disebabkan kulkas yang meledak akibat korsleting.

Ketua RT 001/RW 006, Banyuanyar, Didik Sulistyo, mengatakan sebelumnya dia melihat asap hitam mengepul dari belakang salah satu rumah warga yang berada di depan rumahnya.

Penasaran, dia pun menelusuri sumber asap tersebut dan mendapati ternyata berasal dari rumah milik Andreas. Spontan dia pun kemudian memanggil warga lainnya untuk membantu memadamkan api di rumah tersebut.

"Awalnya saya melihat asap di sana. Saat saya cek saya lihat api dari kulkasnya yang berada di dapur," jelas Didik kepada wartawan.

Kondisi rumah warga di Banyuanyar, Banjarsari, Solo, Kamis (31/10/2019). (Solopos-Nicolous Irawan)
Kondisi rumah warga di Banyuanyar, Banjarsari, Solo, Kamis (31/10/2019). (Solopos-Nicolous Irawan)

Meskipun warga sudah melakukan upaya pemadaman menggunakan APAR namun tetap tidak berhasil. Sehingga, warga kemudian memutuskan memanggil petugas pemadam kebakaran (damkar) untuk mengatasi kebakaran tersebut.

"Sudah ada upaya pemadaman manual tetapi tidak bisa. Akhirnya kami memanggil damkar untuk membantu memadamkan api," imbuh dia.

Tetangga lainnya, Slamet Riyanto, mengatakan saat kebakaran posisi rumah Andreas dalam keadaan kosong. Menurutnya, pemilik rumah saat itu sedang pergi ke rumah tetangga tidak jauh dari lokasi kebakaran.

"Waktu kebakaran kosong. Kalau tidak salah sedang arisan. Saya dengar karena kulkas penyebabnya. Soalnya sempat sebelumnya freezernya dibersihkan," papar dia.

Sementara, Kasat Sabhara Polresta Solo, Kompol Sutoyo, mengatakan api berhasil dipadamkan sebelum merembet. Bagian rumah yang terbakar menurutnya hanya ada di sisi belakang saja.

"Sudah dipadamkan sebelum merembet, rumah juga hanya dapur dan bagian dalam yang terdampak," ucap dia.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten