Tutup Iklan -->
Dana Subsidi Liga 2 Mulai Cair, Persis Solo Segera Lunasi Gaji Pemain?
Liga 2 (Instagram)

Solopos.com, SOLO — PT Liga Indonesia Baru (LIB) akhirnya memberikan dana subsidi tahap pertama pada klub-klub Liga 2.

Pencairan subsidi dilakukan setelah PT LIB selaku operator kompetisi menggelar rapat umum pemegang saham (RUPS) Senin (18/5/2020) lalu. Dana subsidi tahap pertama yang telah cair senilai Rp250 juta.

Sebagai informasi, peserta Liga 2 2020 dijanjikan duit subsidi sekitar Rp1,15 miliar untuk mengarungi musim. Namun pelunasan subsidi yang sedianya dilakukan di awal musim baru bisa terlaksana akhir Mei lantaran efek pandemi Covid-19. Pemberian subsidi tahap pertama tentu ibarat oase bagi sejumlah klub yang belum melunasi hak pemain, pelatih dan ofisial.

Dikira Maling, Satpam Setda Klaten Pergoki ODGJ Jatuh dari Pagar

Apalagi dana subsidi akhirnya tidak jadi dipangkas. Sebagai informasi, dana subsidi Liga 2 tahap pertama sebesar Rp250 juta atau sesuai perjanjian PT LIB dengan klub. Sebelumnya PT LIB sempat berencana memotong dana subsidi sebesar Rp100 juta per termin.

Manajer Persijap Jepara, Arief Setiadi, mengonfirmasi pelunasan sejumlah dana subsidi dari PT LIB. “Iya, per kemarin Rabu [20/5] sudah dibayar, nominalnya Rp250 juta di luar pajak. Serentak untuk semua tim Liga 2,” ujar Arief saat dihubungi Solopos.com, Kamis (21/5/2020).

Arief berencana langsung mengalokasikan duit bantuan untuk melunasi gaji penggawa tim. Pihaknya mengakui pembayaran gaji harus tertunda lantaran pemberhentian sementara kompetisi. Hal itu membuat kondisi finansial tim berjuluk Laskar Kalinyamat itu kembang kempis.

7 Warga Jadi Tersangka Pengeroyokan Kades Karangtengah Wonogiri

“Hampir tidak ada pemasukan selama dua bulan terakhir. Alhamdulillah subsidi sudah cair jadi langsung kami berikan pada pemain, itu kewajiban utama,” ujarnya.

Belum Tahu

Sejumlah klub Liga 2 seperti Persekat Tegal, PSIM Jogja, Mitra Kukar hingga Sriwijaya FC juga diketahui telah menerima subsidi tahap pertama. Sementara itu, Manajer Persis Solo, Hari Purnomo, mengaku belum mengetahui ihwal pencairan dana subsidi.

Pihaknya segera berkomunikasi dengan CEO Persis, Azmy Al Qamar, untuk memastikan hal tersebut. “Setahu saya per hari Senin kemarin belum ada, saya malah baru tahu [kalau subsidi sudah cair],” ujar Hari.

Pusat Perbelanjaan di Pasar Kliwon Solo Dibanjiri Pengunjung, Ini Antisipasi Polisi

Disinggung ihwal pemanfaatan dana subsidi, Hari mengaku bakal mendiskusikannya terlebih dulu dengan CEO. Sebelumnya Hari Purnomo cukup getol mempertanyakan kejelasan pencairan dana subsidi dari PT LIB untuk klub Liga 2.

Hari mengatakan dana tersebut sangat berarti bagi tim di tengah kesulitan finansial di masa pandemi Covid-19. Sebagai informasi, Persis sudah mengeluarkan duit sekitar Rp5 miliar sejak persiapan tim hingga saat ini.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho