SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat memberikan penghargaan kepada sejumlah perusahaan dalam CSR Award 2022 di Gradhika Bhakti Praja, Kota Semarang, Selasa (13/12/2022). (Solopos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, menyebut sepanjang tahun 2022 ini dana corporate social responsibility (CSR) yang terkumpul dari berbagai perusahaan mencapai Rp86 miliar. Dana CSR itu pun digunakan untuk membantu beragam program pembangunan di Jateng.

Hal tersebut disampaikan Ganjar di sela acara Penganugerahan CSR Award 2022 di Gradhika Bakti Praja, Kota Semarang, Selasa (13/12/2022). Ganjar mengatakan program CSR sangat membantu pemerintah di berbagai sektor. Bahkan, Ganjar menilai dalam pembangunan, pemerintah tidak bisa hanya mengandalkan anggaran yang ada seperti dari APBD, tapi juga CSR.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

“Bantuannya cukup beragam. Ada yang masuk dunia pendidikan, ada yang masuk kesehatan, fisik infrastruktur, bahkan di daerah-daerah tertentu mereka mau ikut membantu menurunkan angka kemiskinan,” kata Ganjar.

Apalagi dengan adanya Perda Jateng Nomor 2 Tahun 2017 tentang Melalui itu, terkumpul sekitar Rp86 miliar CSR selama tahun 2022.

“Menurut saya potensinya pasti masih tinggi lagi. Nah, saya meminta agar ada konsolidasi dari seluruh perusahaan yang ada, berapa sebenarnya CSR dari setiap perusahaan yang ada,” katanya.

Baca juga: Telkomsel Siaga Berbagi Kasih Tanpa Batas di Momen Natal 2022

Ganjar berharap kepada para perusahaan swasta, BUMN maupun BUMD yang menerima penghargaan terbaik bisa sharing. Dengan demikian, harapannya akan ada lebih banyak lagi perusahaan yang berpartisipasi dalam membangun Jateng.

“Saya berharap mereka bisa masuk ke penurunan kemiskinan, stunting, pendidikan, kesehatan, isu-isu difabel, perempuan, anak termasuk isu lingkungan,” ujarnya.

Ganjar menilai metode tersebut akan sangat membantu pemerintah daerah yang anggarannya terbatas. Selain CSR, kata Ganjar, Pemprov Jateng juga bisa menggandeng filantropi atau memaksimalkan Baznas.

Baca juga: Pemerintah Salatiga Segera Keluarkan Larangan Pemakaian Kantong Plastik

“Beberapa kemarin yang bantu kami di sekolahan itu luar biasa dan mereka tidak hanya dari Jawa Tengah, dari luar Jawa Tengah juga ikut membantu dan ini sangat bisa memberikan fasilitas lebih baik buat masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, CSR Award 2022 di Jateng diberikan kepada sejumlah perusahaan swasta, BUMN, maupun BUMD. Perusahaan swasta yang menerima penghargaan itu antara lain PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, PT Bhimasena Power Indonesia dan PT Sri Rejeki Isman.

Sementara BUMN penerima CSR Award 2022 antara lain PT Semen Gresik Rembang, PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah dan PT Telkom Regional IV Jateng DIY. Sedangkan untuk kategori BUMD antara lain PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah, PT Sarana Pembangunan Jateng, dan PT BPR BKK Purwokerto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya