SOLOPOS.COM - Iustrasu proyek JJLS - Harian Jogja/David Kurniawan

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Pembangunan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, membuat harga tanah di sepanjang jalan tersebut naik berkali-kali lipat. Bahkan saat ini harga tanah di lokasi itu mencapai Rp1,5 juta per meter persegi.

Lurah Jetis, Kapanewon Saptosari, Agus Santosa, mengatakan meskipun saat ini JJLS belum benar-benar tersambung, namun dampaknya sudah terlihat. Salah satunya yaitu harga jual tanah di sepanjang jalan tersebut mulai melonjak.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Selain itu, pembangunan JJLS itu juga berdampak pada geliat ekonomi masyarakat di sepanjang jalan tersebut. Hal ini tidak lepas dari peningkatan kunjungan wisatawan sehingga dimanfaatkan warga sekitar untuk membuka usaha.

“Dampaknya terlihat dari roda ekonomi. Mudah-mudahan bisa membawa kesejahteraan bagi warga sekitar,” kata Agus kepada Harianjogja.com (Solopos Media Group), Minggu (24/7/2022).

Baca Juga: Rumah di Gunungkidul Ludes Terbakar, Pemiliknya Dibawa ke Rumah Sakit

Dia menuturkan ada dampak lain berkaitan dengan pembangunan JJLS, yaitu harga tanah. Sebelum jalan tersebut dibangun, harga jual tanah di sepanjang jalan itu hanya sekitar Rp150.000 per meter persegi. Namun, saat ini harga tanah di sepanjang jalan itu sudah menembus jutaan rupiah sehingga harga jualnya mencapai miliaran rupiah per bidangnya.

“Belum lama ini ada yang menjual seharga Rp1,5 juta per meter. Ini belum apa-apa, karena sekarang ada yang mau menjual dengan membuka penawaran Rp2 juta per meternya,” katanya Agus.

Meski demikian, sambung dia, patokan harga ini tidak di semua JJLS. Pasalnya, harga yang menembus jutaan rupiah per meter, bidang tanah yang dijual berada di lokasi yang strategis. Adapun yang masih sepi harga jual masih kisaran Rp400.000 per meternya.

Baca Juga: Bejat! Ayah Cabuli Anak Sendiri di Kulonprogo, Pelaku Sudah Ditangkap

“Memang masih tergantung lokasi, tapi secara keseluruhan sudah meningkat drastis,” katanya.

Menurut dia, salah kawasan yang masuk strategis di JJLS di Kalurahan Jetis mulai dari SMK Saptosari menuju ke barat hingga kawasan Balai Kalurahan.

“Di seputaran ini sudah tinggi-tinggi dan nilainya mencapai jutaan per meternya,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Wow! Harga Tanah di Sekitar JJLS Gunungkidul Sudah Mencapai Rp1,5 Juta per Meter

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya