Dampak Buruk Tragedi Kanjuruhan bagi Sepak Bola Indonesia

Selain Liga 1 dihentikan dan Arema dilarang menggelar laga kandang, Indonesia terancam mendapatkan sanksi dari FIFA.

 Seorang pengendara motor melintas diantara puing batu yang dilemparkan suporter dalam  kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Minggu (2/10/2022). Polda Jatim mencatat data sementara korban jiwa dalam kejadian tersebut berjumlah 127 orang dan 13 kendaraan rusak.  ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/foc.

SOLOPOS.COM - Seorang pengendara motor melintas diantara puing batu yang dilemparkan suporter dalam kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Minggu (2/10/2022). Polda Jatim mencatat data sementara korban jiwa dalam kejadian tersebut berjumlah 127 orang dan 13 kendaraan rusak. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/foc.

Solopos.com, JAKARTA—Tragedi Kanjuruhan yang mengakibatkan 129 orang meninggal dunia seusai laga Liga 1 2022/2023 antara Arema FC vs Persebaya Surabaya berdampak buruk bagi sepak bola Indonesia. Selain Liga 1 dihentikan dan Arema dilarang menggelar laga kandang, Indonesia terancam mendapatkan sanksi dari FIFA.

Kerusuhan pecah setelah Arema kalah 2-3 dari Persebaya pada laga bertajuk Derby Jatim di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang tersebut, Sabtu (1/10/2022) malam.

PromosiTokopedia Card Jadi Kartu Kredit Terbaik Versi The Asian Banker Awards 2022

Banyaknya korban jiwa akibat tragedi tersebut membuat media asing banyak mengulasnya. Wajar saja, tragedi tersebut menjadi terbesar kedua dalam sejarah sepak bola dunia dalam hal jumlah korban meninggal dunia.

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan, PSSI Berharap FIFA Tak Jatuhkan Sanksi kepada Indonesia

Perhatian besar dari dunia internasional membuat Indonesia terancam mendapat sanksi akibat kerusuhan tersebut. Berikut dampak buruk tragedi Kanjuruhan bagi sepak bola Indonesia.

  1. Liga 1 Dihentikan

Presiden Joko Widodo menginstruksikan Liga 1 2022/2023 untuk dihentikan sementara akibat insiden di Stadion Kanjuruhan. “Saya juga telah perintahkan kepada Menpora, Kapolri dan Ketum PSSI untuk melakukan evaluasi menyeluruh pelaksanaan pertandingan sepak bola dan juga prosedur pengamanan penyelenggaraannya,” kata Jokowi dalam keterangannya, Minggu (2/10/2022).

PT LIB selaku operator Liga 1 2022/2023 mengumumkan kompetisi akan ditunda satu pekan, namun tak tertutup kemungkinan penundaan akan diperpanjang.

Baca Juga: Dilarang FIFA di Stadion, Seperti Ini Efek Gas Air Mata pada Manusia

  1. Indonesia Disanksi FIFA

Tak hanya Liga 1, PSSI dan sepak bola Indonesia secara keseluruhan bisa terkena sanksi dari FIFA. Kemungkinan terburuk, seluruh pertandingan sepak bola di Indonesia akan dibekukan, mulai di level klub hingga tim nasional.

Sanksi FIFA semacam ini pernah diterima Indonesia pada 2015. Namun kala itu penyebabnya adalah intervensi dari pemerintah terhadap sepak bola.

  1. Arema FC Dilarang Gelar Laga Kandang

PSSI saat ini tengah melakukan evaluasi dan penyelidikan terkait insiden yang terjadi di Stadion Kanjuruhan. Akan tetapi, federasi sepak bola Indonesia itu telah memberikan peringatan kepada Arema FC yang dinilai lalai menjadi tuan rumah.

Namun hal itu harus menunggu hasil dari evaluasi dan penyelidikan oleh tim yang dibentuk oleh PSSI.
Baca Juga: Dilarang FIFA di Stadion, Seperti Ini Efek Gas Air Mata pada Manusia

  1. Timnas Indonesia Melemah

Berkaitan dengan poin nomor dua, Timnas Indonesia akan mendapat tamparan keras jika mendapat sanksi dari FIFA. Maklum, saat ini Timnas Indonesia tengah dalam tren positif setelah memetik dua kemenangan atas Curacao pada FIFA Matchday September lalu.

Selain itu, Tim Garuda juga akan tampil di putaran final Piala Asia 2023, sebuah turnamen yang sangat dinantikan oleh pencinta sepak bola Indonesia.

  1. Indonesia Dilarang Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah gelaran Piala Dunia U-20 2023. Ini adalah kali pertama Indonesia mendapat kehormatan menggelar turnamen sekaliber Piala Dunia.

Akan tetapi, Indonesia bisa batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 jika sanksi dari FIFA dijatuhkan. Kerugian teramat besar mengingat pemerintah Indonesia telah menggelontorkan banyak anggaran untuk persiapan turnamen ini.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: 5 Dampak Kerusuhan Kanjuruhan bagi Sepak Bola Indonesia

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Mantap! 2 Tunggal Putra Indonesia Lolos ke Semifinal BWF World Tour Finals 2022

      Anthony Ginting menjadi juara dan Jonatan Christie menempati posisi runner up klasemen akhir Grup B BWF World Tour Finals 2022.

      Data dan Fakta Menarik Perempat Final Kroasia vs Brasil: Selecao Pantas Pede

      Data dan fakta Kroasia vs Brasil pada babak perempat final Piala Dunia 2022 di Education City Stadium Doha.

      Hasil BWF World Tour Finals 2022 Hari Ini: Gregoria dan Apriyani/Fadia Terhenti

      Gregoria dan Apriyani/Fadia telah kalah dua kali dari tiga pertandingan yang harus di jalani pada fase penyisihan grup BWF World Tour Finals 2022.

      Jadwal Liga 1 Hari Ini: Rans vs Persikabo, PSIS vs Borneo FC

      Jadwal Liga 1 2022-2023 hari ini memainkan dua pertandingan di Stadion Maguwoharjo Sleman yaitu Rans Nusantara FC vs Persikabo 1973 dan PSIS Semarang vs Borneo FC Samarinda.

      Bisakah Skenario Messi vs Ronaldo Tercipta di Final Piala Dunia 2022?

      Skenario pertarungan pamungkas Piala Dunia 2022 antara dua pemain hebat di senja karier spektakuler mereka, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

      Jadwal Siaran Langsung Pertandingan BWF World Tour Finals 2022 Hari Ini

      Wakil Indonesia akan menjalani pertandingan penentuan hari ini untuk bisa lolos ke babak semifinal BWF World Tour Finals 2022.

      Jadwal Piala Dunia 2022 Malam Ini: Kroasia vs Brasil, Belanda vs Argentina

      Piala Dunia 2022 kembali bergulir malam setelah rehat dua hari jelang laga perempat final yang mempertemukan Kroasia vs Brasil dan Belanda vs Argentina.

      Louis van Gaal: Total Football atau Winning Football?

      Louis van Gaal dikritik karena permainan Belanda membosankan, namun sepak bola yang eye-catching bukanlah jaminan mendapatkan gelar.

      Jelang Perempat Final Inggris vs Prancis, Walker: Jangan Hanya Fokus Mbappe!

      Jelang babak perempat final Piala Dunia 2022 Inggris vs Prancis, Kyle Walker mengatakan timnya tidak boleh terlalu fokus mengawal Kylian Mbappe.

      Persis Solo Kirim Perwakilan ke Resepsi Pernikahan Kaesang, Ini Alasannya

      Skuad Persis Solo siap memberikan hasil positif dalam pertandingan yang berbarengan dengan resepsi pernikahan Kaesang, Minggu (11/12/2022).

      Skuad Persis Solo Tak Bisa Hadiri Tasyakuran Pernikahan, Ini Pesan Kaesang

      Laga Persis Solo Vs Arema FC berbarengan dengan resepsi pernikahan Kaesang Pangarep yaitu pada Minggu (11/12/2022).

      32 Tim Sekolah Dasar Berebut Gelar Juara Milku Futsal Tournament, Ini Daftarnya

      Milku Futsal Tournament di lapangan futsal Budi Langgeng, Sawahan, Ngemplak, Kabupaten Boyolali,  pada 10-11 Desember 2022, diikuti tim-tim terbaik dari sekolah dasar di Soloraya.

      Hasil Liga 1: Hajar Bhayangkara FC 3-0, Bali United Tempel PSM Makassar

      Bali United FC terus menempel PSM Makassar di puncak klasemen Liga 1 2022-2023 seusai menang telak atas Bhayangkara FC 3-0 pada pekan ke-13 di Stadion Manahan. 

      Klasemen Lengkap BWF World Tour Finals 2022, Ganda Putra Indonesia Berkuasa

      Indonesia punya harapan besar dari klasemen sektor tunggal putra dan ganda putra untuk lolos ke babak semifinal BWF World Tour Finals 2022.

      Hasil Liga 1: PSS Sleman Kalah Lagi, Seto Sebut Alarm Bahaya

      PSS Sleman kembali menelan kekalahan di ajang Liga 1 2022-2023 seusai dikalahkan Madura United 0-1.

      Hasil BWF World Tour Finals Hari Ini: Fajar/Rian-Hendra/Ahsan Belum Terkalahkan

      Dua ganda putra Indonesia sama-sama sudah meraih dua kemenangan dari dua pertandingan di penyisihan grup BWF World Tour Finals 2022.