SOLOPOS.COM - Ilustrasi memberi oleh-oleh. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Lebaran merupakan momen di mana banyak orang akan memilih untuk mudik atau pulang ke kampung halamannya. Jika kamu merantau di Solo, rasanya wajib membawa oleh-oleh khas Kota Bengawan sebagai buah tangan untuk keluarga.

Selain kehadiranmu yang memang sangat dinantikan, oleh-oleh yang kamu bawa akan menambah rasa cinta dari keluarga di rumah. Terlebih, jika oleh-oleh itu hanya ada di kota tempat kamu merantau dan tak ada di kampung halaman.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Dikutip dari laman Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta, Jumat (31/3/2023), berikut beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Kota Solo yang bisa kamu bawa saat mudik, di antaranya:

  1. Serabi Notosuman

Serabi merupakan makanan khas Solo yang adonannya terbuat dari tepung beras, vanila, daun pandan, gula, garam, dan santan kelapa. Oleh-oleh ini sebaiknya dibawa dan langsung disantap saat tiba di kampung halaman karena serabi khas Solo tidak menggunakan bahan pengawet dan hanya tahan sehari.

  1. Roti Kecik

Roti ini memiliki beberapa bentuk, yaitu bulat kecil, memanjang, dan lingkaran. Roti yang memiliki cita rasa manis dengan warna kecoklatan ini berbahan dasar tepung ketan yang disangrai kemudian dicampur telur dan gula pasir. Meski tanpa bahan pengawet, roti kecik dapat bertahan lama sehingga cocok untuk dibawa mudik dengan perjalanan panjang.

  1. Intip

Oleh-oleh khas Solo satu ini sebenarnya merupakan sisa nasi atau bisa dikatakan kerak nasi yang ada di dandang yang kemudian dikeringkan dan digoreng. Terdapat cara khusus untuk mengoreng intip agar dapat matang merata, yaitu dengan menggunakan minyak panas kemudian intip direndam di dalamnya hingga semuanya terkena minyak panas secara merata. Meskipun hanya kerak nasi, intip memiliki cita rasa tersendiri.

  1. Abon Mesran

Abon khas Solo ini memiliki dua varian, yaitu abon daging ayam dan abon daging sapi. Hal yang membedekan abon mesran dengan abon lainnya ialah pada aroma rempah yang kuat serta dipadukan dengan rasa original gurih manis dan pedas manis.

  1. Ampyang

Ampyang merupakan oleh-oleh khas Solo yang tidak kalah enak dengan makanan lainnya. Ampyang yang cenderung berbentuk melingkar dengan permukaan yang tidak rata ini berbahan dasar kacang dan gula jawa. Selain itu, juga terdapat campuran jahe yang membuatnya semakin nikmat karena terdapat perpaduan rasa manis dan jahe.

Itu tadi beberapa makanan khas Solo yang bisa kamu jadikan oleh-oleh saat mudik Lebaran. Dengan membawakan oleh-oleh, tentu saja akan membuat orang yang dibawakan merasa bahagia dan dihargai. Oleh sebab itu, jangan sampai lupa membawakan oleh-oleh untuk keluarga tercinta di kampung halaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya