SOLOPOS.COM - Ilustrasi mobil listrik. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Hyundai Ioniq 5 puncaki daftar mobil listrik terlaris di Indonesia hingga Juni 2023 versi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Simak ulasannya di info otomotif kali ini.

Gaikindo menilai sulit memprediksi volume penjualan mobil listrik sampai akhir 2023.  Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto mengatakan salah satu faktornya adalah lantaran para agen pemegang merek (APM) tidak bisa memprediksi angka penjualan untuk masing-masing segmen mobil listrik.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Selain itu, para APM juga belum mengumumkan rencana kerja kerjanya seperti model apa yang akan diluncurkan, kapan waktu peluncurannya, dan juga berapa harga yang akan dipatok.  Karena itu, Jongkie menyebut sulit memprediksi berapa kontribusi penjualan kendaraan listrik terhadap penjualan secara nasional. Ditambah lagi, lanjutnya, pemerintah juga tengah mengindikasikan adanya insentif untuk impor CBU mobil listrik.

“Persentasenya agak sulit diprediksi karena para APM juga tidak bisa memprediksi angka-angka penjualannya. Apalagi Pemerintah memberi indikasi akan menerbitkan peraturan insentif untuk importasi mobil-mobil BEV, walaupun ada syarat-syarat yang harus dipenuhi,” ujarnya pada September 2023 lalu dikutip dari Bisnis.com pada Rabu (15/11/2023).

Sebelum tahu daftar mobil listrik terlaris di Indonesia ketahui terlebih dahulu tunggangan roda empat ini mulai menuai peminat di Indonesia. Berbagai model pilihan mobil listrik yang diluncurkan pabrikan otomotif di Indonesia membuat penjualan mobil listrik lumayan besar. Berdasarkan data whole sales ( distribusi dari pabrik ke dealer) yang dirilis Gaikindo, sepanjang tahun 2023 sampai dengan pertengahan tahun sudah lebih dari 5.000 unit mobil listrik terjual.

Dari data Gaikindo, penjualan mobil listrik secara whole sales pada periode Januari-Juni 2023 mencapai 5.849 unit. Memang masih kecil dibandingkan total penjualan wholesales pada Semester I tahun 2023 yang mencapai 505.985 unit. Namun setidaknya angka penjualan mobil listrik itu menunjukkan tren positif.

Untuk mobil listrik  terlaris di Indonesia muncul Hyundai Ioniq 5. Model ini menggeser Wuling Air ev dari takhta raja mobil listrik Tanah Air. Tahun 2022 lalu Wuling Air ev menjadi mobil listrik paling laris di Indonesia. Sepanjang Januari sampai dengan Juni 2023, penjualan Hyundai Ioniq 5 sebanyak 3.543 unit. Sementara Wuling Air ev mengisi posisi kedua daftar mobil listrik terlaris di Indonesia. Pada periode yang sama, Wuling Air ev terjual sebanyak 1.654 unit.

Kedua mobil listrik tersebut saat ini harganya memang lebih murah. Sebab, Hyundai Ioniq 5 dan Wuling Air ev yang sudah diproduksi secara lokal di Indonesia telah mendapatkan insentif berupa diskon Pajak Pertambahan Nilai PPN. Mulai 1 April 2023 memberlakukan kebijakan bahwa pembeli mobil listrik cukup membayar PPN sebesar 1 persen dari awalnya 11 persen.

Dengan melihat data penjualan wholesales mobil listrik di Indonesia periode Januari-Juni 2023 ini seperti dikutip dari Gaikindo, Rabu (15/11/2023),  kamu bisa tahu mobil listrik terlaris di Inonesia :

1. Hyundai Ioniq 5: 3.543 unit
2. Wuling Air EV: 1.654 unit
3. BMW iX: 178 unit
4. Toyota bZ4X: 155 unit
5. Nissan Leaf: 61 unit
6. DFSK Gelora E: 51 unit
7. Mercedes-Benz EQS: 44 unit
8. BMW i4: 39 unit
9. MINI E: 39 unit
10. Lexus UX300e: 30 unit
11. Mercedes-Benz EQE: 22 unit
12. Kia EV6: 22 unit
13. Lexus RZ450e: 7 unit
14. MG ZS EV: 3 unit
15. Hyundai Genesis G80 EV: 1 unit

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya