SOLOPOS.COM - Lulusan SMA Pradita Dirgantara (SMA PD) berfoto di depan sekolah. Sebanyak 148 siswa SMA Pradita Dirgantara (SMA PD) mengikuti prosesi wisuda angkatan ke-2 pada Sabtu (25/6/2022).(istinewa)

Solopos.com, SEMARANG — Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LPMPT) baru-baru ini merilis daftar 1.000 SMA terbaik di Indonesia berdasar hasil ujian tulis berbasis komputer (UTBK) 2022. Dari 1.000 SMA terbaik tahun 2022 itu beberapa di antara merupakan SMA yang berada di wilayah Jawa Tengah atau Jateng.

Dikutip dari laman ltmpt.ac.id, ada sekitar 23.657 sekolah dari 745.115 lulusan SMA se-Indonesia yang mengikuti UTBK pada tahun 2022 ini. Meski demikian, dari puluhan ribu sekolah itu hanya diambil 1.000 sekolah terbaik yang memperoleh nilai tertinggi.

Promosi Video Uang Hilang Rp400 Juta, BRI: Uang Diambil Sendiri oleh Nasabah pada 2018

Dari 1.000 sekolah terbaik itu beberapa di antaranya merupakan sekolah setingkat SMA yang berada di Jateng. Posisi pertama SMA terbaik di Jateng berdasarkan nilai UTBK 2022 diraih SMA Pradita Dirgantara yang berada di Kabupaten Boyolali. SMA Pradita Dirgantara meraih nilai total 640.747 dan menempati urutan ketiga secara nasional.

Berikut daftar SMA terbaik di Jateng versi nilai UTBK 2022 yang dirilis LTMPT, Sabtu (27/8/2022):

  • SMA Pradita Dirgantara 

sma terbaik jateng 2022 spp sma pradita dirgantara terbaik kedua di indonesia

SMA Pradita Dirgantara berada di Jalan Cenderawasih No. 4, kompleks Bandara Adi Sumarmo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah (Jateng). Sekolah ini berada di bawah naungan TNI Angkatan Udara dan Yayasan Ardhya Garini.

Setiap siswa yang masuk SMA Pradita Dirgantara harus memenuhi beberapa persyaratan, salah satunya memiliki skor IQ minimal 115. Selain itu, siswa juga harus memiliki nilai total minimal 90 untuk pelajaran bahas Inggris, IPA, dan Matematika.

Baca juga: Siapa Pemilik SMA Pradita Dirgantara di Boyolali? Ini Jawabannya

SMA Pradita Dirgantara di Boyolali ini menempati urutan ketiga dalam daftar SMA terbaik nasional dan nomor satu di Jateng berdasarkan nilai UTBK 2022.

  • MAN Insan Cendekia Pekalongan
sma terbaik pekalongan
Tampilan gedung MAN Insan Cendekia Pekalongan. (Youtube)

Di urutan kedua dalam daftar SMA terbaik di Jateng tahun 2022 ditempati oleh MAN Insan Cendekia Pekalongan. Sekolah ini secara nasional berada di urutan keempat.

MAN Insan Cendekia memiliki nilai total UTBK 637,499 dengan nilai tes potensi skolastik 649,35, nilai TKA saintek 593,67, dan nilai TKA Soshum 669,2.

Baca juga: Ranking SMAN Solo Anjlok di Top 1.000 Sekolah Terbaik, Disdik Jateng Evaluasi

MAN Insan Cendekia berada di Jalan KH Ahmad Dahlan, Banyurib, Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan. Mulai menggelar kegiatan beajar mengajar pada 2015/2016, sekolah ini masih satu yayasan dengan MAN Insan Cendekia Serpong yang menempati posisi pertama dalam daftar sekolah terbaik versi nilai UTBK 2022.

  • SMA Kolese Loyola Semarang
sma terbaik jateng 2022 swasta terbaik semarang.
SMA Kolese Loyola Semarang. (www.loyola-smg.sch.id)

SMA Kolose Loyola merupakan salah satu SMA tertua di Kota Semarang maupun di Jawa Tengah. Sekolah ini didirikan Pater Jan Van Waayenburg pada Agustus 1949 silam.

SMA Kolese Loyola Semarang selama ini memang dikenal sebagai salah satu sekolah terbaik di Jateng. SMA ini banyak melahirkan tokoh-tokoh penting seperti mantan Menteri Pertahanan dan mantan Menteri ESDM, Purnomo Sugiantoro; sutradara kondang Garin Nugroho, hingga desainer terkenal Anne Avantie.

Baca juga: Mantap! SMA di Pekalongan Ini Masuk Daftar 5 Besar Terbaik di Indonesia

SMA yang terletak di Jalan Karanganyar No. 37, Kelurahan Brumbungan, Semarang Tengah ini menempati urutan ke-28 SMA terbaik di Indonesia dan urutan ketiga di Jateng berdasarkan hasil UTBK 2022. SMA Kolose Loyola Semarang meraih nilai UTBK 611,291.

  • SMA Unggulan CT Arsa Foundation Sukoharjo
sma terbaik jateng 2022
SMA Unggulan CT Arsa Foundation Sukoharjo. (http://smauctarsaskh.sch.id/)

SMA Unggulan CT Arsa Foundation didirikan pada tahun 2018. SMA yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Sidorejo, Bendosari, Sukoharjo ini berada di bawah naungan Yayasan CT Arsa Foundation yang didirikan pengusaha Chairul Tanjung dan istrinya, Anita Ratnasari.

SMA Unggulan CT Arsa Foundation Sukoharjo meraih nilai total UTBK 587,176. SMA ini menempati urutan ke-68 dalam pemeringkatan SMA terbaik nasional. Sedangkan di tingkat Jateng, SMA Unggulan CT Arsa Foundation Sukoharjo menempati urutan keempat dalam daftar SMA terbaik tahun 2022.

Baca juga: Top 1.000 Sekolah Terbaik Versi UTBK 2022, Hanya 1 SMA di Solo Masuk 100 Besar

  • SMAS IT Ibnu Abbas Klaten
SMA terbaik jateng 2022
SMAS IT Ibnu Abbas Klaten. (ibnuabbasklaten.com)

Di posisi kelima SMA terbaik di Jateng berdasarkan hasil UTBK 2022 ditempati SMAS IT Ibnu Abbas Klaten. SMAS IT Ibnu Abbas Klaten meraih nilai UTBK 584,656 dan menempati urutan ke-76 nasional.

SMAS IT Ibnu Abbas Klaten terletak di Jalan Klaten-Solo Km 4, Cantelan, Belang Wetan, Kecamatan Klaten Utara. SMA ini didirikan atau mulai beroperasi pada tahun 2012 lalu.

SMA IT Ibnu Abbas Klaten merupakan lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Yayasan Ibnu Abbas Klaten. SMA ini menyelenggarakan pendidikan dengan sistem pondok pesantren (ponpes).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya