SOLOPOS.COM - Lulusan SMA Pradita Dirgantara (SMA PD) berfoto di depan sekolah. Sebanyak 148 siswa SMA Pradita Dirgantara (SMA PD) mengikuti prosesi wisuda angkatan ke-2 pada Sabtu (25/6/2022).(istinewa)

Solopos.com, BOYOLALI — SMA Pradita Dirgantara di Boyolali, Jawa Tengah, baru-baru ini menyita perhatian publik sehingga membuat penasaran siapa pemilik sekolah ini.

Sekolah yang berada di Kompleks Bandara Adi Soemarmo Boyolali ini mendapatkan predikat SMA terbaik kedua di Indonesia menurut Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

SMA Pradita Dirgantara memperoleh nilai total 640,747, hanya berbeda beberapa poin saja dengan SMA Katolik St Lous 1 Surabaya yang menjadi SMA terbaik peringkat pertama di Indonesia.

Mendapat predikat SMA terbaik kedua di Indonesia, ternyata publik penasaran dengan sosok pemilik SMA Pradita Dirgantara di Boyolali?

Baca Juga: Profil SMA Pradita Dirgantara Boyolali, SMA Terbaik Kedua di Indonesia 2022

Menurut informasi yang ada di situs resmi SMA Pradita Dirgantara, sekolah menengah berbasi kedirgantaraan ini diprakarsai oleh Nanny Hadi Tjahjanto yang merupakan istri dari Menteri ATR/BPN, Hadi Tjahjanto. Sekolah ini didirikan atas kerja sama antara Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS Solo dengan TNI AU, tepatnya Yayasan Ardhya Garini (Yasarini).

Sebagai informasi, Yasarini merupakan lembaga sosial berbadan hukum yang bergerak di bidang pendidikan untuk mengelola sekolah-sekolah angkasa yang sudah ada jauh sebelum Yasarini terbentuk.

Baca Juga: Hukum Memotong Kuku saat Haid dalam Islam, Bolehkah?

Kerja sama tersebut tertuang dalam MoU pada 17 April 2017 yang ditandatangani Ravik Karsidi yang kala itu menjabat sebagai Rektor UNS Solo dengan Hadi Tjahjanto yang kala itu masih menjadi Kepala Staf TNI AU.

Terkait siapa pemilik SMA Pradita Dirgantara di Boyolali, dari struktur organisasi yang ada di situs resmi sekolah tersebut, inisiator dan dewan pengarah terdiri dari tiga orang, yakni Nanny Hadi Tjahjanto, Ravik Karsidi, dan Ibrahim Bafadal. Dari struktur organisasi itu pula, terlihat sekolah ini berada di bawah TNI AU melalui Yasarini.

Baca Juga: Wah! SMA Terbaik Kedua di Indonesia 2022 Ada di Boyolali

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Pradita Dirgantara saat ini dijabat oleh Yulianto Hadi. Melansir situs resmi TNI AU, Yulianto Hadi merupakan perwira militer aktif yang lahir di Sukoharjo, 3 Juli 1968. Dia menjadi lulus terbaik Sekolah Perwira Wajib Militer 1991/1992. Dia juga merupakan doktor pertama Lanud Adisucipto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya