Cuaca Ekstrem, Petugas PLN Tetap Lakukan Pemulihan Gangguan Listrik

Masyarakat bisa menyampaikan pengaduan terkait dengan gangguan listrik melalui aplikasi, PLN Mobile atau Contact Center 123.

 Petugas PLN sedang melakukan pemulihan gangguan pasokan listrik. (Istimewa-PLN)

SOLOPOS.COM - Petugas PLN sedang melakukan pemulihan gangguan pasokan listrik. (Istimewa-PLN)

Solopos.com, SEMARANG -- Hujan deras dan angin kencang menyebabkan bencana banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang yang bisa mengakibatkan terganggunya pasokan listrik dari PLN. BMKG memperkirakan cuaca ekstrem ini masih akan berlangsung pada Februari ini.

Gangguan listrik akibat cuaca buruk terjadi di Comal pada Sabtu, (6/2/2021) pukul 07.22 WIB. Beberapa tiang listrik roboh karena pohon tumbang. Akibatnya pasokan listrik dari PLN di Desa Tasikrejo mengalami padam.

Terkait kondisi ini, Senior Manager General Affairs PLN UID Jateng & DIY, Elly Oktaviani Ciptati memastikan petugas PLN akan selalu siaga untuk memulihkan pasokan listrik ke masyarakat.

“Dalam upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, petugas kami terus berupaya memulihkan jaringan listrik yang terganggu akibat pohon tumbang. Kemudian untuk wilayah yang tergenang banjir, sebelum menghidupkan aliran listrik kembali, PLN harus memastikan banjir telah surut dan aman," terang Elly.

Baca jugaCuaca Ekstrem, PLN Berhasil Normalkan Pasokan Listrik di Klaten, Boyolali, dan Kulonprogo

Upaya pemulihan gangguan telah dilakukan sebelumnya oleh PLN pada Kamis (4/2). Yakni pemulihan pasokan listrik di Klaten, Boyolali, dan Kulon Progo akibat pohon tumbang.

Seperti diketahui, hujan lebat yang melanda Kota Semarang semenjak Sabtu, (6/2) dini hari menyebabkan banjir di sejumlah lokasi. Untuk alasan keselamatan PLN terpaksa memadamkan listrik di daerah yang terendam banjir.

Beberapa wilayah yang terdampak banjir antara lain, Tambak Dalam, Sawah Besar, Tambakan, Barursari, Rusunawa Kaligawe, dan Pasar Waru. Kemudian Muktiharjo, Genuk Indah, Masjid Agung Jawa Tengah, Medoho, Gajah, dan Kyai Sakir.

Lalu Woltermongisidi, Petek, Layur, Raden Patah, Bubakan, MT Haryono, Kota Lama, Trunojoyo, dan Mpu Tantular. Juga di Stasiun Tawang, Kawasan LIK, Gebang Anom, Padi Raya, Widuri, Puri Anjasmoro, Anjasmara Raya, PRPP, Taman Marina, Semarang Indah, dan Madukoro Raya.

Baca juga: Gegara Banjir Kepung Semarang, PLN Terpaksa Lakukan Pemadaman Listrik

Banjir, PLN padamkan aliran listrik. (Istimewa-PLN)

Partisipasi Masyarakat

Selain itu saat terjadi banjir, Elly mengimbau kepada masyarakat untuk memperhatikan potensi bahaya listrik. Yakni dengan melakukan sejumlah langkah penyelamatan.

"Matikan instalasi listrik di dalam rumah, cabut colokan listrik, dan pindahkan alat elektronik ke tempat yang lebih tinggi. Apabila listrik tidak padam saat banjir, masyarakat dapat segera menghubungi PLN. Saat banjir surut, pastikan alat elektronik benar benar kering sebelum dipakai kembali," jelas Elly.

PLN lanjut Elly terus berupaya mengurangi potensi terjadinya gangguan jaringan listrik, khususnya di Jateng dan DIY. Oleh karena itu, PLN mengimbau masyarakat untuk berpartisipasi melaporkan potensi gangguan.

Baca jugaDukung di Rumah Saja, Cuaca Ekstrem Landa Jateng Akhir Pekan Ini

"Apabila masyarakat menemukan pohon yang dekat dan berpotensi mengganggu jaringan listrik, dapat segera melaporkan kepada PLN. Sehingga tidak menyebabkan gangguan pasokan listrik," imbuhnya.

Masyarakat bisa menyampaikan pengaduan terkait dengan gangguan ataupun jika mengetahui informasi lain terkait ketenagalistrikan. Yakni melalui aplikasi, PLN Mobile atau Contact Center 123.

 

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Rawa Pening Dikaitkan dengan Gempa Ambarawa, Cek Faktanya

Gempa yang terjadi di Salatiga, Banyubiru dan Ambarawa pada 23 Oktober 2021 menimbulkan pertanyaan besar yang mengkaitkan bencana tersebut dengan aktivitas vulkanik di Rawa Pening.

Undip Tambah 4 Guru Besar, Siapa Saja?

Universitas Diponegoro atau Undip Semarang menambah daftar guru besar di kala peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Ini Penyebab Gempa Swarm di Ambarawa Semarang Sepekan Terakhir

Rentetan gempa swarm yang terjadi di wilayah Ambarawa, Banyubiru, serta Salatiga selama sepekan belakangan terjadi akibat aktivitas tiga sesar aktif.

Jual Beli Atlet PON, KONI: Asal Jateng Tapi Sumbang Emas ke Papua

KONI Jateng menyayangkan adanya praktik jual beli atlet PON di mana atlet asal Jateng justru menyumbangkan emas untuk kontingen Papua.

Ulang Tahun di Hari Sumpah Pemuda, Ganjar Pranowo Banjir Ucapan Selamat

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, merayakan hari ulang tahun ke-53 bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Jateng Provinsi Paling Informatif Se-Indonesia, Mantap Betul!

Provinsi Jawa Tengah (Jateng) kembali meraih predikat provinsi paling informatif se-Indonesia untuk kali keempat.

Seperti Ini Kemeriahan Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Jateng

Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Kantor Gubernur Jateng dimeriahkan dengan upacara yang diikuti puluhan pemuda pemudi dari berbagai suku di Tanah Air.

Puluhan Takmir di Salatiga Ikuti Workshop Manajemen Pengelolaan Masjid

Workshop Manajemen Pengelolaan Masjid digelar untuk memberikan pengetahuan kepada takmir masjid di Salatiga mengenai upaya mendorong kemakmuran masjid.

Ealah! PPKM Dilonggarkan Ada 200 Kafe di Semarang Melanggar, 2 Disegel

Kepala Satpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto, menyebut ada 200 tempat hiburan malam atau kafe di wilayahnya yang terindikasi melanggar aturan PPKM.

Ganjar Dapat Paket Berlogo Persis Solo dari Lulusan Inggris, Ini Isinya

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mendapat sebuah paket berlogo Persis Solo dari dua anak muda asal Solo dan Jogja yang baru lulus dari universitas di Inggris.

UMR Jateng 2022 Diusulkan Naik 10% Jadi Rp1,9 Juta

Kaum buruh di Jawa Tengah meminta UMP atau UMR 2022 naik 10% menjadi Rp1,9 juta yang disesuaikan dengan standar kelayakan hidup.

12 Sekolah di Semarang Ini Belum Gelar PTM, Ini Alasannya

Pelaksanaan pembelajaran tatap muka atau PTM di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) sudah berlangsung hampir dua bulan.

Sidang Perdana Kasus Nasabah Gugat Bank Mandiri Di PN Kudus

Gugatan nasabah terhadap PT Bank Mandiri Kantor Cabang (Kancab) Kudus terkait dugaan pembobolan rekening mulai digelar di Pengadilan Negeri (PN) Kudus.

Krisis Air Bersih di Pesisir Kendal Makin Parah

Selain akses jalan yang masih bebatuan dan tanah, warga Dusun Mulyosari masih harus menghadapi krisis air bersih.

Selamat! Desa Ini Didapuk Jadi Desa Wisata Terbaik di Jateng

Desa Cikakak di Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) didapuk sebagai desa wisata terbaik se-Jateng.