SOLOPOS.COM - PLN berhasil normalkan kembali sistem kelistrikan yang sempat terdampak oleh cuaca ekstrem di Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta. (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG--Gerak cepat, PLN berhasil normalkan kembali sistem kelistrikan yang sempat terdampak oleh cuaca ekstrem di Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta.

Hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Klaten dan Boyolali, Jawa Tengah dan Kulon Progo, DIY, pada Rabu (3/2/2021), menyebabkan gangguan sejumlah jaringan listrik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Alhamdulillah, kita berhasil menormalkan kembali pasokan listrik yang sempat terdampak cuaca ekstrem di Klaten, Boyolali, dan Kulon Progo," terang General Manager PLN UID Jateng & DIY, Feby Joko Priharto.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Perangi Misinformasi, Tiktok Perketat Tinjauan Konten Dengan Fitur Baru

Normal Kembali

Cuaca ekstrem sempat mengganggu listik di sejumlah daerah di Jateng dan DIY, namun PLN berhasil normalkan kembali sistem kelistrikan. (Istimewa)
Cuaca ekstrem sempat mengganggu listik di sejumlah daerah di Jateng dan DIY, namun PLN berhasil normalkan kembali sistem kelistrikan. (Istimewa)

Dia menjelaskan cuaca ekstrem menyebabkan banyaknya pohon tumbang dan mengenai jaringan listrik.

Daerah yang sempat terdampak gangguan antara lain Kecamatan Ceper, Bayat, Cawas, Pedan, Klaten Selatan, Klaten Tengah, Joton, Bumiaeng, Granting, Brangkal Gondang Alas, Karanglo, Setran, Karangnongko, Birin, Kec. Jatianom, Tegalduwur Pokak, Ceper, Setran, Wonosari, Jatipuro, Trucuk, Pluneng, Kebonarum, Kebondalem Lor, Bugisan, Jatisambi, Deles, Klaten Utara, Wonosidi, Driyan, dan Nanggulan.

Untuk mengatasi gangguan tersebut, PLN menerjunkan sebanyak 133 personel yang terdiri atas 72 orang personel di Yogyakarta dan 61 personil di Klaten. Hingga pukul 03.00 dini hari pasokan listrik telah sepenuhnya normal kembali.

Baca Juga: Pesanan Buah Impor Imlek Di Solo Berkurang Dibanding Tahun Lalu

"Sampai dengan saat ini, petugas kami terus memantau daerah-daerah yang terdampak cuaca ekstrem, PLN selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," terang Feby.

PLN juga mengimbau partisipasi dari masyarakat apabila menemukan pohon yang dekat dan berpotensi mengganggu jaringan listrik, agar dapat segera melaporkan kepada PLN sehingga tidak menyebabkan gangguan.

"Bagi pelanggan yang ingin menyampaikan pengaduan terkait dengan gangguan tersebut bisa melalui aplikasi PLN Mobile ataupun Contact Center 123," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya