Covid-19 Ditangani Luhut Pandjaitan, Ini Kata Mahfud MD soal Posisi Menkes
Menko Polhukam Mahfud MD. (Antara-Syaiful Hakim)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengklaim penunjukkan atau penugasan seseorang dalam penanganan Covid-19 oleh Presiden Joko Widodo sudah proporsional. Termasuk Luhut Pandjaitan yang kini menempati posisi yang mestinya ditangani Menkes Terawan.

“Tapi pada kasus-kasus tertentu ditunjuk Pak Luhut. Misalnya khusus untuk menurunkan angka infeksi atau penyebaran Covid di sembilan provinsi yang menjadi perhatian, khusus ditugaskan ke Pak Luhut dan Pak Doni [Ketua Satgas Penanganan Covid-19]. Ad Hoc saja," ujar Mahfud dalam acara talkshow Rosi Spesial yang ditayangkan langsung Kompas TV, Kamis (24/9/2020).

Ada Bukti Baru! Planet Venus Dihuni Alien?

Terkait penanganan Covid-19, Mahfud menyebutkan bahwa menteri atau pejabat pemerintah lainnya juga mendapat penugasan lain dari kepala negara. Misalnya soal keamanan dan ketertiban di tengah pandemi yang ditugaskan kepada dirinya.

Kemudian, urusan luar negeri atau WNI di luar negeri menjadi tanggung jawab Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.  Masalah keuangan diserahkan kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani, serta penugasan-penugasan lain terkait penanganan Covid-19.

Tetap Posisi Sentral

"Tetapi Menteri Kesehatan tetap memiliki posisi sentral di situ [dalam penanganan Covid-19]. Sentral dalam arti ada dalam tim inti komite," tegas Menko Mahfud soal posisi menkes yang jadi gunjingan setelah Luhut Binsar Pandjaitan tampil mengambil sebagian tugasnya.

Menurutnya, penunjukkan atau penugasan yang bersifat ad hoc atau hanya untuk tujuan tertentu bisa saja terjadi. Hal itu wajar sebagai respons pemerintah atas kondisi terkini pandemi di Indonesia.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Sumber: Bisnis



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom