SOLOPOS.COM - Conor Gallagher (Twitter/CPFC_NL)

Solopos.com, SOLO –S Conor John Gallagher lahir di Epsom, Inggris, 6 Februari 2000 (usia 22 tahun), dari pasangan Lee dan Samantha Gallagher dan merupakan anak bungsu dari empat putra mereka.

Conor Gallagher dibesarkan di Great Bookham dan bersekolah di Howard Effingham School. Kakak laki-lakinya, Jake, Josh dan Dan, merupakan pesepak bola di level non-liga. Keluarga Gallagher adalah penggemar berat Chelsea.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Baca Juga: Playoff Piala Dunia 2022 Mesir Versus Senegal, Salah 1 Mane 0

Setelah bermain untuk Epsom Eagles, Conor Gallagher bergabung dengan Chelsea (junior) pada usia delapan tahun. Pada Oktober 2018, Conor Gallagher menandatangani kontrak baru dengan Chelsea hingga 2021.

Pada tahun itu pula Conor Gallagher sempat menjalani operasi jantung ringan. Pada Mei 2019, Conor Gallagher menjadi pemain pengganti di Chelsea pada final Liga Eropa UEFA 2019, tapi tidak dimainkan. Conor Gallagher dianugerahi Pemain Terbaik Akademi Chelsea pada musim 2018–2019.

Pada Agustus 2019 pula Conor Gallagher menandatangani kontrak baru berdurasi tiga tahun dengan Chelsea (senior) tapi kemudian dipinjamkan ke Charlton Athletic. Masuk ke skuad Chelsea pada 2019-2022, Conor Gallagher menjalani karier secara nomaden alias berpindah-pindah klub dengan status pinjaman.

Baca Juga: Hajar Australia, Jepang Buktikan Langganan ke Putaran Final Piala Dunia

Pada November 2021, Conor Gallagher disebut Telegraph sebagai salah satu talenta paling menjanjikan di Liga Premier yang berkembang pesat dan telah menjadi pemain kunci bagi Pelatih Cyrstal Palace, Patrick Vieira.

Pada 8 Oktober 2019, Conor Gallagher mendapat panggilan pertamanya ke skuad Timnas Inggris U-21 dan melakukan debutnya pada 11 Oktober 2019 sebagai pemain pengganti saat bermain imbang 2–2 melawan Slovenia di Maribor.

Kemudian pada 14 November 2021, ia mendapat panggilan pertamanya ke Timnas senior Inggris. Sehari setelahnya, Conor Gallagher mendapatkan caps pertamanya, masuk sebagai pemain pengganti di babak pertama dalam kemenangan 10-0 Inggris atas San Marino.

Baca Juga: Hasil Playoff Piala Dunia 2022: Italia Gagal, Portugal Buka Peluang

Conor Gallagher adalah pemain tengah sama seperti Jordan Henderson (Liverpool) serta legenda Chelsea, Frank Lampard. “Saya bisa bermain lebih dalam dan saya juga bisa bermain menyerang,” kata Conor Gallagher ditirukan Lee Bowyer, yang juga manajernya di Charlton waktu itu. Bowyer juga menyebut Conor Gallagher sebagai gelandang serba bisa.

Mungkin darah dalam diri Conor Gallagher sudah terlanjur “biru” sehingga ia sangat mengidolakan gelandang Chelsea Frank Lampard. Dan ingin seperti pelatih Everton itu suatu saat nanti.

Kini Conor Gallagher dipercaya menjadi bagian Timnas Inggris senior bersama pemain top lainnya. Pelatih The Three Lions, Gareth Southgate, memberikan menit bermain kepada Gallagher dalam pertandingan melawan Swiss, Minggu (27/3/2022) dini hari WIB. Dia tampil bagus dan membantu timnya menang dengan skor 2-1.Layak ditunggu seberapa cemerlang kiprah Conor Gallagher di perjalanan Timnas Inggris pada Piala Dunia 2022 ini.

 

PERJALANAN KARIER CONOR GALLAGHER
– Chelsea U-23 pada musim 2018-2019 bermain 4 kali dalam perebutan trofi EFL.
– Masuk skuad Chelsea pada 2019-2022 namun sepanjang musim itu pula dia menjalani karier secara nomaden alias berpindah-pindah klub dengan status pinjaman.
– Pada 2019-2020 dipinjamkan ke klub Divisi Championship, Charlton Athletic, bermain 26 kali mencetak enam gol.
– Pada 2019-2020 dipinjamkan juga ke klub Divisi Championship yang lain, Swansea City, bermain 19 kali tanpa mencetak gol. di Swansea pula dia bermain dua kali pada babak playoff Championship.
– Pada musim 2020-2021, ia dipinjamkan ke klub Liga Premier, West Bromwich Albion. Di klub ini ia bermain 30 kali dengan mencetak dua gol. Dia juga dimainkan sekali di laga Piala FA dan bermain sekali di Piala Liga, di dua turnamen tersebut dia tak mencetak gol.
– Pada musim 2021-2022, ia dipinjamkan ke klub Liga Premier, Crystal Palace. Di bawah pelatih Pattrick Veiera, ia sudah dimainkan 25 kali dan mencetak delapan gol di Liga Premier. Kemudian bermain empat kali di ajang Piala FA, dan bermain sekali di Piala Liga. Bersama Crystal Palace, ia sudah bermain 30 kali dan mencetak delapan gol.
– Di level Timnas Inggris (senior) Conor Gallagher diberi menit bermain  pada Minggu (27/3/2022) dini hari WIB  menghadapi Swiss dalam laga uji coba yang berakhir 2-1 untuk kemenangan Inggris.
Sumber: Disarikan dari berbagai sumber.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya