Cita-Cita Bocah Pembuat Robot Upacara di Klaten: Kreator hingga Profesor
Lius, Hilal, Adit, dan Eko (dari kiri ke kanan) pembuat robot upacara di LKP Autobotschool, Klaten, Jawa Tengah. (Solopos.com/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN — Upacara menyambut HUT ke-75 RI digelar di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Autobot School di Jl Kopral Sayom No. 23, Jetak Kidul, Karanganom, Klaten Utara, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Kamis (13/8/2020) pukul 08.30 WIB. Uniknya, upacara itu diikuti para robot yang pembuatnya adalah empat bocah SD di Klaten.

Keempat bocah SD itu adalah Cornelius Yope/Lius, 9, kelas IV SD Krista Gracia Klaten; Hilal Dastan Anka/Hilal, 9, kelas IV SD d'Vastu Klaten; Adiyatma Faturahman/Adit, 9, kelas IV SDN 2 Butuhan, Delanggu; dan Muhammad Eko Pujianto/Eko, 9, kelas IV SDN 2 Butuhan, Delanggu.

Mereka yang mampu membuat robot untuk upacara ternyata memiliki cita-cita yang berbeda-beda. Lius bercita-cita akan tetap menjadi kreator robot dengan beragam jenis.

"Saat besar nanti, saya ingin membikin robot yang bisa bermanfaat bagi orang lain [selain membikin robot sebagai peserta upacara, Lius juga membuat tiang bendera lengkap dengan proses pengibaran bendera secara otomatis]," kata pembuat robot dari Krista Gracia Klaten itu.

Hari Ini Dalam Sejarah: 13 Agustus 1961, Tembok Berlin Dibangun

Berbeda dengan Lius, Hilal bercita-cita menjadi profesor di bidang sains. "Saat besar nanti, saya ingin menjadi profesor science," ujar bocah SD tersebut.

Sementara itu, Adit bercita-cita menjadi tentara. Di sisi lain, Eko yang berasal dari ingin SDN 2 Butuhan, Delanggu, Klaten itu ingin tetap menjadi pembuat robot jika ia sudah dewasa kelak.

Direktur LKP Autobot School Klaten, Agur Yake Mulia, mengatakan hasil karya Lius Cs berawal dari tantangan yang diberikan di tengah pandemi Covid-19 dan dalam momentum HUT ke-75 RI.

Gagal Nyalip, Warga Plupuh Sragen Tabrak Truk & Meninggal

"Anak-anak ini memang sudah suka robot dari kecil. Lantaran saat ini ada momentun HUT ke-75 RI, anak-anak saya kasih tantangan membikin robot yang bisa beri hormat dan gerakan lain saat upacara. Mereka memodifikasi dan memrogram sendiri," katanya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom