SOLOPOS.COM - Warga beraktivitas pada Solo Car Free Day (CFD) di Jl Slamet Riyadi, Solo, Minggu (25/9/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Kegiatan car free day atau CFD di sepanjang Jl Slamet Riyadi, Solo, tetap digelar saat Hari Natal, Minggu (25/12/2022). Namun, Simpang Gendengan sampai depan Solo Grand Mall (SGM) digunakan untuk parkir kendaraan bagi umat Nasrani yang menjalankan ibadah di gereja.

Pemerintah Kota (Pemkot) mengatur kegiatan CFD yang bertepatan saat perayaan Natal 2022. Ada sejumlah gereja yang lokasinya berdekatan dengan Jl Slamet Riyadi.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Guna memfasilitasi parkir kendaraan bagi umat Nasrani, pemerintah memperbolehkan parkir kendaraan di bahu jalan mulai dari Simpang Gendengan sampai depan SGM. Ada sejumlah gereja di sekitar lokasi tersebut, seperti Gereja Santo Petrus dan Gereja Baptis Indonesia Penumping.

“Jadi mulai simpang Gendengan sampai depan SGM bisa untuk parkir di bahu jalan bagi jemaat yang melaksanakan ibadah di gereja. Sepeda motor bisa diparkirkan di Jl Sutowijoyo,” kata Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Ari Wibowo, saat diwawancarai wartawan, Jumat (23/12/2022).

Sementara itu, sepanjang Jl Jenderal Sudirman Solo tidak digunakan sebagai area CFD sat Hari Natal . Jalan itu bisa dilewati pengguna jalan dan umat Nasrani yang hendak beribadah menuju gereja.

Baca Juga: Tidak Ada Larangan, Ratusan ASN Pemkot Solo Ajukan Cuti Tahunan saat Nataru

Menurut Ari, petugas bakal disebar di sejumlah lokasi di sekitar Jalan Slamet Riyadi untuk mengatur arus lalu lintas. “Kami memfasilitasi baik pengunjung CFD maupun jemaat yang hendak beribadah di gereja. Jadi, kegiatan CFD tetap berjalan namun hanya dari simpang Purwosari hingga Bundaran Gladag,” ujar dia.

Dishub Solo juga telah berkoordinasi dengan instansi terkait lain untuk mengatur lalu lintas saat kegiatan CFD dan ibadah di gereja. Hal ini dilakukan untuk memberi rasa nyaman bagi pengunjung CFD dan jemaat yang beribadah di gereja.

Sementara itu, Wakapolresta Solo, AKBP Gatot Yulianto, mewakili Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi, menyampaikan tim urai lalu lintas disebar di sejumlah lolasi rawan kemacetan saat libur Natal dan Tahun Baru. Tidak hanya gereja, antisipasi kemacetan juga difokuskan di sekitar objek wisata dan pusat perbelanjaan.

Baca Juga: Hampir 1.000 Personel dan 6 Pos Jaga Disiapkan untuk Amankan Nataru di Solo

Petugas segera turun tangan bila terjadi penumpukan kendaraan di jalan. “Satu tim beranggota 10 personel lalu lintas. Nanti bakal disebar di sejumlah lokasi. Ada yang di Jurug, Jebres, kemudian Laweyan dan simpang Joglo,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya