Cerita Bakul Bakso Nasabah Kospin Syariah Karanganyar Tak Bisa Cairkan Tabungan

Begini cerita nasabah Kospin Syariah Karanganyar yang sejak setahun lalu kesulitan mencairkan tabungan.

 Nasabah KJKS Kospin Syariah Karangangar mendatangi kantor Kospin Syariah Karanganyar pada Selasa (17/11/2020). (Solopos.com/Sri Sumi Handayani)

SOLOPOS.COM - Nasabah KJKS Kospin Syariah Karangangar mendatangi kantor Kospin Syariah Karanganyar pada Selasa (17/11/2020). (Solopos.com/Sri Sumi Handayani)

Solopos.com, KARANGANYAR – Puluhan nasabah menggeruduk kantor Kospin Syariah Karanganyar, Selasa (17/11/2020). Mereka menuntut uang tabungan yang disimpan dicairkan.

Puluhan orang itu mengaku menyimpan uang di Kospin Syariah dalam bentuk tabungan maupun deposito. Sayangnya, sejak setahun terakhir, nasabah tidak dapat mengakses uang yang disimpan.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Salah satu nasabah dari Desa Gaum, Kecamatan Tasikmadu, Darman, mengaku datang ke kantor Kospin Syariah Karanganyar untuk mencoba mencairkan uang tabungan milik istrinya, Sugiyanti. Nilai tabungan Sugiyanti Rp50 juta.

"Ceritanya disimpan dulu biar tidak habis. Ini malah tidak bisa dicairkan. Rp50 juta itu tidak sedikit buat saya. Kami nabung sejak puluhan tahun lalu. Seminggu Rp15.000. Keuntungan jualan bakso. Saya tidak menuntut neko-neko. Uang saya bisa diambil begitu saja," kata penjual bakso keliling itu saat berbincang dengan Solopos.com.

Wih Ada Bilik Asmara di Pengungsian Merapi Magelang, Fasilitasnya Yahud

Nasabah lain dari Kelurahan Popongan, Kecamatan Karanganyar, Nuning Indriyati, menceritakan dirinya menangis karena tidak bisa mencairkan uang saat Ramadan lalu. Padahal uang itu akan dibagikan kepada pengurus pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK).

Nuning mengaku menyimpan uang iuran rutin PKK dan PAUD tempatnya bekerja di Kospin Syariah Karanganyar senilai Rp45 juta sejak 2017.

"Satu tahun ini tidak bisa ambil dana. Pernah ambil Rp1 juta tetapi hanya diberi Rp200.000. Kadang malah tidak dikasih karena kata pegawai [Kospin Syariah] tidak ada uang. April lalu, saya nabung Rp3 juta dan masih diterima. Itu uang PKK," ujar Nuning.

Sayangnya usaha mereka menggeruduk kantor Kospin Syariah Karanganyar untuk meminta kejelasan soal nasib tabungan tidak membuahkan hasil. Pantauan Solopos.com, kantor Kospin Syariah Jl. Kapten Mulyadi Kelurahan/Kecamatan Karanganyartutup atau tidak ada aktivitas perbankan selama beberapa waktu terakhir. Pintu pagar maupun pintu kantor tertutup rapat pada Selasa.

Terkuak! Pembunuh ABG Berseragam Pramuka di Hotel Semarang Ternyata Pacar Korban, Baru Kenal 2 Pekan

Jalan Damai

Informasi yang dihimpun Solopos.com, perwakilan nasabah dengan pihak Kospin Syariah pernah melakukan pertemuan untuk berupaya menyelesaikan persoalan secara kekeluargaan. Nasabah Kospin Syariah dari Tegalasri, Karanganyar, Nawang, membenarkan pertemuan tersebut.

Pertemuan menghasilkan kesepakatan Kospin Syariah menggelontorkan Rp4 miliar secara bertahap selama lima bulan terhitung Agustus 2020.

"Ada RAT luar biasa. Di situ [Kospin Syariah] memberi tahu kerugian koperasi lebih dari Rp30 miliar. Disepakati penyelesaian, penyehatan. Koordinasi Kospin dengan tim perwakilan nasabah enam orang. Kospin bersedia menggelontorkan Rp4 miliar dimulai Rp500 juta, Rp500 juta, Rp1 miliar, Rp1 miliar, dan Rp1 miliar. Terealisasi Rp500 juta dan Rp500 juta," jelas Nawang yang mengaku menjadi salah satu dari tim enam perwakilan nasabah.

Nasabah Maybank Solo Kehilangan Uang Rp72 Juta di Rekening, Sisa Rp85.000

Menurut Nawang pencairan Rp3 miliar secara bertahap terhenti. Nawang tidak mengetahui pasti alasan koperasi melalui kuasa hukumnya menghentikan pencairan dana tersebut. Nawang menyebut komunikasi koperasi dengan nasabah terputus. Dia berharap uang Rp170 juta yang disimpan di koperasi dapat dicarikan.

Kospin Syariah menggandeng Najib Ali Gisymar Law Firm sebagai kuasa hukum. Salah satu kuasa hukum, Najib Ali Gisymar, menyampaikan koperasi terpaksa menghentikan pencairan Rp4 miliar karena nasabah dinilai melangkah secara sepihak atau diluar kesepakatan yang telah dibuat. Salah seorang nasabah, menurut Najib, melaporkan pengurus Kospin Syariah ke polisi.

"Komitmen awal tidak ada saling lapor supaya pengurus Kospin Syariah konsentrasi menyelesaikan masalah internal. Karena dilanggar yasudah, kami hentikan pencairan berikutnya. Kami tawarkan solusi tetapi ditolak nasabah," ujar Najib saat dihubungi Solopos.com, Selasa.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Lekukan Garis Pantai Jawa Tengah Hasil Pertemuan Sesar Mendatar

+ PLUS Lekukan Garis Pantai Jawa Tengah Hasil Pertemuan Sesar Mendatar

Garis Pantai Utara dan Selatan Jawa Tengah menyempit masuk lebih ke dalam membentuk lekukan (indentasi) dibandingkan dengan garis Pantai Utara dan Selatan Jawa Barat dan Jawa Timur diduga merupakan hasil pertemuan sepasang sesar mendatar besar yang saling berlawanan arah.

Berita Terkini

Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini: Tanpa Potensi Hujan

Prakiraan cuaca di Sagen hari ini, Jumat (1/7/2022) akan sama seperti kemarin. Cuaca berawan mendominasi tanpa ada potensi turun hujan.

Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini: Lebih Bersahabat

Cuaca cerah berawan akan menemani Anda, warga di Karanganyar, mengawali  Jumat (1/7/2022) pagi ini. Tak perlu khawatir akan turun hujan karena prakiraan cuaca Karanganyar hari ini akan didominasi berawan.

Hari Ini Cerah Berawan, Cek Prakiraan Cuaca Sukoharjo Jumat 1 Juli 2022

Berikut ini prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo hari Jumat (1/7/2022) yang tersaji secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Solo 1 Juli: Cerah Berawan, Waspada Angin Dari Timur

Cuaca Kota Solo hari ini, Jumat (1/7/2022), berdasarkan prakiraan BMKG Solo akan berawan dan cerah berawan.

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini 1 Juli 2022: Cerah Berawan Ada Hujan

Simak prakiraan cuaca wilayah Boyolali hari Jumat (1/7/2022) dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Jumat Ini: Cerah Berawan Pagi

Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Jumat 1 Juli 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Jumat Ini: Berawan Pagi-Malam

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Jumat 1 Juli 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Pedagang Tak Tahu Pasar Jongke-Kabangan Digabung, Ini Kata Disdag Solo

Dinas Perdagangan Kota Solo belum melakukan sosialisasi secara menyeluruh mengenai rencana penggabungan Pasar Jongke-Kabangan.

Penuhi Kebutuhan PLTSa Putri Cempo, DLH Solo Siap Impor Sampah 10 Tahun

DLH Solo saat ini tengah berdiskusi dengan pemerintah daerah sekitar mengenai rencana impor sampah untuk memenuhi kebutuhan PLTSa Putri Cempo yang akan beroperasi Desember 2022.

Mobil Meluncur ke Jurang di Boyolali Sempat Terbang dan Tabrak Pohon

Video tentang mobil berwarna merah yang hilang kendali di sebuah jalan turunan hingga akhirnya terjun ke jurang viral di media sosial.

Heboh, Gubernur Ganjar Diserbu Emak-Emak Saat Kunjungi Sukoharjo 

Gubernur Ganjar datang ke Sukoharjo untuk memantau pelaksanaan vaksinasi PMK pada hewan ternak.

Ada Kecamatan Tak Punya SMA Negeri Di Solo, Ombudsman Bilang Begini

Ombudsman RI menyoroti tidak adanya SMA negeri di Pasar Kliwon saat kunjungan ke Kota Solo, meminta Pemprov Jateng segera mencari solusi.

Bawang Merah Langka, Pengepul Luar Kota Datangi Petani di Selo Boyolali

Kelangkaan bawang merah terjadi karena para petani bawang merah mengalami gagal panen.

Polemik Holywings, Apa Pengaruhnya ke Pembangunan Holywings Solo Baru?

Holywings Solo Baru dibangun oleh PT Alpha Solo Berjaya yang menyewa lahan seluas 1.500 meter persegi di sisi timur The Park Mall Solo Baru.

Uji Coba PLTSa Putri Cempo Solo: Jenis Sampah Ini Tidak Bisa Diolah

Sampah basah sehabis hujan sempat menjadi kendala saat uji coba PLTSa di TPA Putri Cempo, Mojosongo, Solo, yang dimulai Selasa (28/6/2022).

3 Penganiaya Nasabah Bank Plecit Wonogiri Divonis 5 Bulan Penjara

Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Wonogiri memvonis lima bulan penjara kepada tiga terdakwa kasus penganiayaan kepada nasabah bank plecit di Kabupaten Wonogiri, Kamis (30/6/2022).