Cek Tarif Parkir di Solo, Ada Jukir Nakal Langsung Laporkan

Berikut tarif parkir di Kota Solo, jika Anda menemukan jukir nakal yang mematok tarif tinggi, segera laporkan ke pihak berwajib.

 Kawasan parkir Zona C di Kota Solo, Jawa Tengah. (Solopos/dok)

SOLOPOS.COM - Kawasan parkir Zona C di Kota Solo, Jawa Tengah. (Solopos/dok)

Solopos.com, SOLO – Pemkot Solo telah menetapkan tarif parkir untuk kendaraan bermotor dalam beberapa kategori. Jika ada jukir nakal yang mematok tarif tidak sesuai ketentuan, Wali Kota Solo meminta masyarakat untuk segera melapor.

Tarif parkir telah ditetapkan dalam Perda Kota Surakarta nomor 9 tahun 2011. Ada tiga zona parkir yang berlaku di Solo, yakni zona C, D, dan E dengan tarif yang berbeda-beda.

Pihak Dinas Perhubungan Kota Solo sudah memberi tanda zonasi parkir tersebut. Para juru parkir (jukir) juga sudah dibagi dan diberi seragam serta karcis parkir yang sesuai dengan zonasi.

Baca juga: Wes Angel, Kejadian Nuthuk Parkir Terjadi Lagi di Jogja

Berikut daftar tarif parkir di Kota Solo berdasarkan sistem zonasi seperti dikutip dari laman resmi Surakarta.go.id, Rabu (2/6/2021):

Jenis Kendaraan

Zona C*

Zona D

Zona E

Sepeda

Rp500

Rp500

Rp500

Andong/dokar/becak

Rp500

Rp500

Rp500

Motor

Rp2.000

Rp1.500

Rp1.000

Mobil/taksi/pikap

Rp3.000

Rp2.000

Rp1.500

Bus/truk sedang

Rp5.000

Rp3.500

Rp3.000

Bus/truk besar

Rp7.000

Rp5.500

Rp4.000

*khusus di zona C berlaku tarif progresif atau naik setiap satu jam

Lokasi parkir di setiap zonasi biasanya diberi tanda berupa plang besar di tepi jalan. Dengan demikian pengguna jalan semestinya bisa melihat dengan jelas lokasi parkir tersebut. Wilayah pembagian zonasi parkir tersebut perinciannya sebagai berikut:

Zona C

Jl Brigjend Slamet Riyadi, Urip Sumoharjo, Kpt. Mulyadi, Kom Yos Sudarso, Dr. Rajiman, Veteran, Gatot Subroto, Sutan Syahrir, RM Said, Piere Tendean, Dr Muwardi, S Parman, RE. Martadinata, Brigjen Sudiarto, Gajah Mada, Honggowongso, Surya Pranoto, dan Sutowijaya.

Baca juga: Mengenal Mbok Yem, Pemilik Warung Tertinggi di Jawa Primadona Pendaki Gunung Lawu

Zona D

Setidaknya ada 122 ruas jalan di Kota Solo yang termasuk zona D, di antaranya Jl Setiya Budi, Juanda, Bhayangkara, Prof. WZ Yohanes, MT Haryono, H. Agus Salim, Yosodipuro, Nyi Ageng Serang, Ronggowarsito, Reksoniten, sekitar Alun-Alun Utara, Mr Much Yamin, KH Dewantoro, Sugijo Pranoto, Kebangkitan Nasional, Katamso, Kartini, dan Dr Wahidin.

Zona E

Adapun yang termasuk dalam zona E merupakan wilayah yang tidak berada di zona C dan D.

Baca juga: Josss... Aksi Pria Bubarkan Balap Liar di Ringroad Mojosongo Viral

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan bakal menindak tegas oknum jukir nakar yang mematok tarif parkir tidak sesuai ketentuan.

Dia mengakui selama ini masih banyak oknum jukir nakal di Kota Solo. Melihat kenyataan itu dia pun mempersilakan warga untuk melapor jika menemukan jukir nakal.

"Tempat parkir ini baru kita kaji juga (penindakannya). Banyak sekali yang nakal soalnya. Kalau ada keluhan disampaikan saja," ujar Gibran kepada wartawan, Rabu (2/6/2021), seperti dilansir Detik.com.

Berita Terkait

Berita Terkini

Jos, Atlet Jateng dari UTP Solo Juara Umum Kickboxing PON Papua

Atlet kickboxing Jawa Tengah (Jateng) meraih juara umum di PON XX Papua merupakan mahasiswa UTP Solo.

Rasa Teh di Solo Ternikmat No Debat, Sepakat?

Teh ginastel di Kota Solo yang diracik dengan mengoplos berbagai merek merupakan sajian kuliner khas ternikmat, sepakat?

Melihat Bayangan Seperti Makhluk Gaib di CCTV, Warga Wonogiri Trauma

Kamera pengintai atau closed circuit television (CCTV) yang terpasang di rumah pengusaha properti di Wonogiri merekam bayangan hitam.

Sambil Nglarisi Bakul, Bupati Sukoharjo Sosialisasi Prokes

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani memiliki cara tersendiri untuk menyosialisasikan protokol kesehatan kepada pedagang di pasar tradisional.

Jos! Vaksinasi Covid-19 di Desa Sidomulyo Boyolali Capai 75%

Warga Desa Sidomulyo, Kecamatan Ampel, Boyolali, antusias dalam mengikuti vaksinasi Covid-19. Hal itu terbukti dengan capaian vaksinasi yang menembus angka 75%.

Kebakaran Pasar Janglot Sragen: 50 Kios Kobong, Rp4,1 Miliar Melayang

Nilai kerugian akibat kebakaran di Pasar Janglot Sragen, Jawa Tengah, Minggu (26/9/2021) diperkirakan mencapai Rp4,1 miliar.

Saingan Ketat CPNS Solo: SKD Tinggi, Diambil 3 Orang Per Formasi

Tes CPNS untuk pegawai Pemkot Solo kali ini memiliki daya saing yang sangat tinggi karena rata-rata peserta meraih nilai tinggi di atas passing grade.

Vaksinasi Covid-19 di Klaten Ditarget 70 Persen hingga Akhir Tahun

Pemkab Klaten mematok capaian vaksinasi Covid-19 di daerah setempat mampu menembus angka minimal 70 persen hingga akhir tahun 2021.

Pasar Janglot Tangen Sragen Terbakar, Puluhan Los Ludes

Kebakaran hebat terjadi di Pasar Janglot, Desa Katelan, Kecamatan Tangen, Sragen, pada Sabtu (25/9/2021) pukul 23.20 WIB.

Asale Sendang Bendo Jadi Asal Mula Desa Bendo di Boyolali

Sendang Bendo bahkan sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Sementara disebut Sendang Bendo, karena di sekitar sendang itu berdiri pohon bendo yang umurnya sudah tua.

Gibran: Random Testing di Solo Lanjut, Klaster PTM Harus Diselidiki

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan random testing swab antigen di sekolah yang menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas bakal terus dilakukan.

Terjaring Razia, 29 Motor Knalpot Brong Dibawa ke Satlantas Karanganyar

Sebanyak 29 kendaraan berknalpot brong ditertibkan oleh Satlantas Polres Karanganyar saat Operasi Patuh Candi 2021

Buat Penyuka Pedas, Berani Coba Botok Mercon Mbah Wiro?

WM Bothok Mercon Mbah Wiro di timur Jembatan Gawan perbatasan Tanon-Sidoharjo, Sragen, cukup populer di kalangan pecinta kuliner pedas.

Bimsalabim! Lahan Tidur Di Jangglengan Sukoharjo Disulap Jadi Produktif

Pemerintah Desa Jangglengan, Kecamatan Nguter mengoptimalkan lahan tidur di sekitar rawa-rawa untuk ditanami holtikultura.

Vaksinasi Tuntas Desa di Karanganyar, 1.000 Warga Jadi Sasaran Di Tuban

Desa Tuban, Gondangrejo menjadi salah satu desa yang mengawali vaksinasi tuntas desa kerjasama Pemkab Karanganyar dan TNI AD.