Cek, Inilah Ciri-Ciri Uang Kertas Baru Emisi 2022

Ketujuh pecahan Uang TE 2022 tersebut terdiri atas pecahan uang rupiah kertas mulai dari Rp1.000, Rp2.000, Rp5.000, Rp10.000, Rp20.000, Rp50.000, dan Rp100.000.

 Ciri uang kertas baru emisi 2022

SOLOPOS.COM - Ciri uang kertas baru emisi 2022

Solopos.com, SOLO–Bank Indonesia resmi meluncurkan tujuh pecahan uang rupiah kertas tahun emisi 2022 atau uang TE 2022, Kamis (18/8/2022).

Ketujuh pecahan Uang TE 2022 tersebut terdiri atas pecahan uang rupiah kertas mulai dari Rp1.000, Rp2.000, Rp5.000, Rp10.000, Rp20.000, Rp50.000, dan Rp100.000. Dengan begitu, uang tersebut resmi menjadi alat pembauaran sah di seluruh Indonesia.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Dengan desain visual yang hampir sama dengan uang rupiah sebelumnya, uang TE 2022 tetap menggunakan gambar utama tokoh pahlawan nasional pada bagian depan.

Sementara pada bagian belakang, masih konsisten menggunakan desain visual dengan tema ragam kebudayaan Indonesia.

Seperti gambar tarian, pemandangan alam, dan flora yang ada di Indonesia seperti Uang TE 2016. Kehadiran uang baru tersebut diharapkan dapat mengurangi risiko pemalsuan uang dan menambah kenyamanan dan keamanan bagi pengguna.

Dikutip dari laman resmi Bank Indonesia bi.go.id, ada beberapa ciri keaslian yang bisa dikenali dan dicermati saat bertransaksi menggunakan uang Rupiah kertas TE 2022.

Pengguna dapat mengecek keaslian uang kertas Rupiah TE 2022 dengan tiga cara, yaitu dilihat, diraba, diterawang.

Dilihat

Pertama, khusus untuk pecahan uang Rupiah kertas Rp100.000 dan Rp50.000, ada empat ciri yang dapat dikenali secara kasat mata. Di antaranya adalah gambar utama, keterangan nominal pecahan, benang pengaman dan tinta yang dapat berubah warna.

Sementara untuk pecahan uang Rupiah kertas Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000, dan Rp1.000, kelima pecahan tersebut tidak dilengkapi dengan tinta yang dapat berubah warna pada sisi depannya.

Diraba

Kedua, ciri yang dapat diraba. Dari ketujuh pecahan uang Rupiah kertas TE 2022, seluruhnya mempunya dua ciri yang dapat diraba. Yaitu peda permukaan uang kertas tertentu akan terasa kasar. Terutama pada bagian gambar utama (tokoh pahlawan). Selain itu, terdapat kode tuna netra (blind code)  yang terdapat pada sisi kiri depan uang kertas.

Diterawang

Ketiga, ciri yang bisa diterawang. Dari ketujuh pecahan, seluruhnya mempunyai dua ciri yang bisa diterawang. Saat diterawang, uang kertas Rupiah TE 2022 mempunyai tanda air (watermark) dan electrotype atau ornamen pada sisi belakang uang kertas. Bila diterawang, uang kertas Rupiah asli bergambar saling isi atau bolak-balik (rectoverso).

Tak hanya ketiga ciri di atas, BI juga menegaskan terdapat tiga aspek inovasi penguatan Uang TE 2022. Di antaranya desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Apindo: UMKM Sektor Produktif Prioritas Dapat KUR agar Perbankan Terlindungi

      Risiko penyaluran kredit perbankan kepada sektor produktif lebih dapat diukur dibandingkan sektor lain.

      IMF: Ekonomi Global 2023 Gelap Gulita

      IMF memprediksi ekonomi global pada 2023 akan gelap gulita lantaran menghadapi risiko resesi dan ketidakstabilan pasar keuangan.

      Akses Air Minum Aman di Solo Masih Jadi PR Pemkot

      Sesuai standar baku mutu kesehatan lingkungan media air untuk keperluan masyarakat harus memenuhi beberapa parameter.

      PT Pertamina Buka 20 Lowongan Kerja, Begini Syarat dan Ketentuannya

      lowongan pekerjaan PT Pertamina dibuka sejak 5 Oktober hingga 11 Oktober 2022.

      Harga Emas Antam dan UBS Kompak Turun di Pegadaian, Jumat 7 Oktober 2022

      harga emas Antam dan UBS kompak turun di Pegadaian pada Jumat (7/10/2022).

      Wings Group Tanggapi Penarikan Mie Sedaap dari Pasar Singapura

      Otoritas Singapura menarik dua varian produk Mie Sedaap bikinan Wings Food setelah ditemukan adanya kandungan pestisida, yaitu varian Korean Spicy Soup dan Korean Spicy Chicken. 

      Long Weekend Tiba! Cek Jadwal Lengkap KRL Commuterline Solo-Jogja Hari Ini

      Informasi jadwal keberangkatan Commuterline atau yang lebih dikenal KRL Solo-Jogja perlu diketahu bagi para pelaju dan warga yang ingin jalan-jalan. 

      Jangan Lewatkan! BSN Gelar Pameran Produk Unggulan di Solo Square Mall

      Badan Standarisasi Nasional (BSN) kembali menggelar Indonesia Quality Expo (IQE), yang tahun ini bertempat di Solo, Kamis (6/10/2022).

      Akhir Tahun Jadi Puncak MICE, Okupansi Hotel di Solo Diharap Ikut Terkerek

      Tiga bulan menuju akhir tahun, Oktober - Desember, menjadi momen penyelenggaraan meeting, incentive, convention, exhibition (MICE).   

      Perlu Tahu, Ini Kemudahan yang Didapat saat Pakai QRIS Antarnegara

       Layanan QR Code Indonesian Strandard (QRIS) yang menghubungkan pembayaran antarnegara (Cross-border QR) dinilai mampu memberikan kemudahan pembayaran bagi beberapa sektor.

      Jadi Incaran Para Pencari Kerja, Segini Gambaran Gaji Pegawai PT Pertamina

      Sebagai salah satu badan usaha milik negara (BUMN), Pertamina disebut memberikan gaji bernilai fantastis kepada para pegawainya.

      Informasi Rekrutmen Pertamina 2022, Para Pencari Kerja Merapat!

      Salah satu Badan Usana Milik Negara (BUMN), PT Pertamina melakukan rekrutmen atau membuka lowongan kerja pada Oktober 2022 ini.

      Imigrasi Siapkan Petunjuk Teknis terkait Paspor 10 Tahun

      Imigrasi sedang mempersiapkan petunjuk teknis dan infrastruktur kesisteman untuk mengimplementasikan aturan perubahan masa berlaku paspor menjadi 10 tahun tersebut.

      PLTA Kayan Cascade Jadi PLTA Terbesar di Asia Tenggara, Airlangga: EBT Prioritas

      PLTA Kayan Cascade diproyeksikan menjadi PLTA terbesar di Asia Tenggara dengan nilai investasi sebesar US$17,8 miliar.

      Peran Strategis Kebijakan Satu Peta dalam Percepatan Pembangunan Nasional

      Menko Airlangga juga mengapresiasi penyelenggaraan rangkaian Rakernas Kebijakan Satu Peta yang juga melibatkan para mahasiswa.