Cek Fakta: Gibran Ingin Bebaskan Palestina dari Israel?
Tangkapan layar hoax Gibran mau bebaskan Palestina. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Akun Facebook AnNde AnNde Lumut pada 9 September 2020 mengunggah pertanyaan soal kemungkinan Gibran Rakabuming Raka membebaskan Palestina dari Israel. Kabar ini ditulis di grup Facebook Kancah Politik dan ramai dibagikan di sejumlah akun Instagram.

Klaim tersebut beredar di saat Gibran sedang berkompetisi dalam Pemilihan Wali Kota Solo 2020.

Unggahan tersebut berupa tangkapan layar judul media online Swarakyat.com, "Gibran akan Bebaskan Palestina dari Israel?".

Dalam artikel di Swarakyat.com itu, termuat pula foto Gibran yang sedang menggunakan peci hitam dan syal dengan motif bendera Palestina. Ia sedang memegang mic, dan didampingi oleh sejumlah pria dengan pakaian bergambar logo Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Cek Fakta: Rocky Gerung Mualaf dan Mendadak Jadi Ustaz?

Cek Fakta

Berita yang diterbitkan Swarakyat.com adalah berdasarkan pernyataan sepihak Ketua DPW PPP Jateng, Masruhan Samsuri. Namun, saat diperiksa lebih lanjut tak ada pernyataan atau pertanyaan dari Samsuri yang mengarah pada pembebasan Paletina atas Israel.

Samsuri hanya menyebut Palestina adalah simbol perjuangan yang tak pernah mati tak pernah henti. Setelahnya, Samsuri berbicara soal alasan kenapa rekomendasi PPP jatuh kepada Gibran.

Pernyataan Samsuri ini disampaikan saat penyerahan surat rekomendasi yang dilakukan di Kantor DPW PPP Jateng di Semarang, Jumat (28/8/2020) sekitar pukul 14.00 WIB.

Cek Fakta: Hoaks Utas Kepala Klinik Penyakit Menular Universitas Maryland

Dilansir Solopos.com, saat itu Masruhan Samsuri mengalungkan syal Palestina sebagai simbol perjuangan. "Sebelum kami sampaikan SK, kami punya selendang asli dari Palestina, dari pemerintah di sana. Sampaikan ke Mas Gibran agar selama nanti insyaallah ditakdirkan sebagai Wali Kota, akan terus bergerak memperjuangkan. Palestina adalah simbol perjuangan yang tak pernah mati, tak pernah henti, itu akan menjiwai Mas Gibran dengan harapan perjuangannya menyejahterakan dan meningkatkan taraf hidup Kota Solo akan tercapai," kata Samsuri.

Pernyataan Samsuri juga dimuat Detik.com, pada hari yang sama. Detik memuat pernyataan Samsuri dalam artikel berjudul Syal Palestina untuk Semangati Gibran Berjuang di Pilkada Solo yang dimuat pada 29 Agustus 2020.

Kutipan artikel situs Detik.com identik dengan artikel klaim akan membebaskan Palestina dari Israel. Namun, tidak ada kalimat Gibran akan membebaskan Palestina dari Israel.

Cek Fakta: Lemon Bisa Bunuh Virus Corona? Ini Faktanya

Kesimpulan

Klaim Gibran Rakabuming Raka berwacana membebaskan Palestina dari Israel adalah salah. Judul artikel yang digunakan oleh Swarakyat.com tidak mencerminkan fakta-fakta yang terdapat dalam isi artikel itu.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom