Tutup Iklan

Cek Fakta: Gibran Ingin Bebaskan Palestina dari Israel?

Unggahan Gibran bercita-cita membebaskan Palestina adalah hoax.

 Tangkapan layar hoax Gibran mau bebaskan Palestina. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Tangkapan layar hoax Gibran mau bebaskan Palestina. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Akun Facebook AnNde AnNde Lumut pada 9 September 2020 mengunggah pertanyaan soal kemungkinan Gibran Rakabuming Raka membebaskan Palestina dari Israel. Kabar ini ditulis di grup Facebook Kancah Politik dan ramai dibagikan di sejumlah akun Instagram.

Klaim tersebut beredar di saat Gibran sedang berkompetisi dalam Pemilihan Wali Kota Solo 2020.

Unggahan tersebut berupa tangkapan layar judul media online Swarakyat.com, "Gibran akan Bebaskan Palestina dari Israel?".

Dalam artikel di Swarakyat.com itu, termuat pula foto Gibran yang sedang menggunakan peci hitam dan syal dengan motif bendera Palestina. Ia sedang memegang mic, dan didampingi oleh sejumlah pria dengan pakaian bergambar logo Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Cek Fakta: Rocky Gerung Mualaf dan Mendadak Jadi Ustaz?

Cek Fakta

Berita yang diterbitkan Swarakyat.com adalah berdasarkan pernyataan sepihak Ketua DPW PPP Jateng, Masruhan Samsuri. Namun, saat diperiksa lebih lanjut tak ada pernyataan atau pertanyaan dari Samsuri yang mengarah pada pembebasan Paletina atas Israel.

Samsuri hanya menyebut Palestina adalah simbol perjuangan yang tak pernah mati tak pernah henti. Setelahnya, Samsuri berbicara soal alasan kenapa rekomendasi PPP jatuh kepada Gibran.

Pernyataan Samsuri ini disampaikan saat penyerahan surat rekomendasi yang dilakukan di Kantor DPW PPP Jateng di Semarang, Jumat (28/8/2020) sekitar pukul 14.00 WIB.

Cek Fakta: Hoaks Utas Kepala Klinik Penyakit Menular Universitas Maryland

Dilansir Solopos.com, saat itu Masruhan Samsuri mengalungkan syal Palestina sebagai simbol perjuangan. "Sebelum kami sampaikan SK, kami punya selendang asli dari Palestina, dari pemerintah di sana. Sampaikan ke Mas Gibran agar selama nanti insyaallah ditakdirkan sebagai Wali Kota, akan terus bergerak memperjuangkan. Palestina adalah simbol perjuangan yang tak pernah mati, tak pernah henti, itu akan menjiwai Mas Gibran dengan harapan perjuangannya menyejahterakan dan meningkatkan taraf hidup Kota Solo akan tercapai," kata Samsuri.

Pernyataan Samsuri juga dimuat Detik.com, pada hari yang sama. Detik memuat pernyataan Samsuri dalam artikel berjudul Syal Palestina untuk Semangati Gibran Berjuang di Pilkada Solo yang dimuat pada 29 Agustus 2020.

Kutipan artikel situs Detik.com identik dengan artikel klaim akan membebaskan Palestina dari Israel. Namun, tidak ada kalimat Gibran akan membebaskan Palestina dari Israel.

Cek Fakta: Lemon Bisa Bunuh Virus Corona? Ini Faktanya

Kesimpulan

Klaim Gibran Rakabuming Raka berwacana membebaskan Palestina dari Israel adalah salah. Judul artikel yang digunakan oleh Swarakyat.com tidak mencerminkan fakta-fakta yang terdapat dalam isi artikel itu.


Berita Terkait

Berita Terkini

WNI Selundupkan 800 Lembar Narkoba LSD Dalam Spare Part dari China

Polda Metro Jaya dan Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta menggagalkan penyelundupan sabu-sabu dan LSD yang disembunyikan dalam spare part dari China.

Kabar Terbaru Kucing Selamat dari Erupsi Semeru, Diberi Nama Semeru

Selain membagikan kabar si anak kucing yang selamat dari erupsi Gunung Semeru, Cak Saif juga mengumumkan namanya.

Kalung Bandul Rajamala yang Dipakai Gibran Ternyata Harganya Rp10.000

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjelaskan tentang kalung berbandul Rajamala yang belakangan ini kerap ia pakai dalam berbagai kesempatan.

Lantik Perwira Baru, KSAU Tekankan Sikap Adaptif dan Inovatif

KSAU menyatakan bahwa dinamika lingkungan strategis dan perkembangan teknologi global membuat tantangan yang dihadapi TNI Angkatan Udara semakin kompleks dan unpredictable.

Sambut Harbolnas 12.12, Cek 5 Tips Hindari COD Fiktif Ala Ninja Xpress

Ninja Xpress membagikan tips menghindari barang kiriman dengan metode pembayaran di tempat atau Cash On Delivery (COD) dalam rangka menyambut Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12.

E-LIC Presisi, Inovasi Polres Grobogan Bantu Pelaku Usaha

Polres Grobogan membuat gebrakan dengan meluncurkan program Bebasan diiringi pengenalan E-LIC Presisi melalui web service; www.e-licpresisi.com bagi pelaku usaha.

Wadahi 200 Penyandang Disabilitas Sragen, Yayasan Jaya Abadi Dibentuk

Yayasan Penyandang Disabilitas jaya Abadi Kecamatan Sambirejo, Sragen, dideklarasikan pada Rabu (8/12/2021). Yayasan ini mewadahi 200 difabel.

Polres Sukoharjo Kumpulkan Pengurus 13 Perguruan Silat, Ada Apa Ya?

Pengurus dari 13 perguruan silat yang ada di Kabupaten Sukoharjo diundang Polres setempat untuk mengikuti pertemuan di Hotel Tosan, Solo Baru.

Diyakini Bekas Lautan Purba, Air Sumur di Tawangrejo Klaten Terasa Asin

Untuk mencukupi kebutuhan air bersih. Selama ini warga mengandalkan pasokan air dari sumur Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Kasus Bunuh Diri Naik dalam Setahun, Polres Gunungkidul Lakukan Ini

Polres Gunungkidul melakukan sejumlah cara terkait kasus bunuh diri meningkat di Kabupaten Gunungkidul tahun 2021 apabila dibandingkan tahun 2020.

Jelang Nataru, Dai Kamtibmas Karanganyar Dapat Pembinaan

Dai Kamtibmas di Karanganyar diharapkan bisa mengambil peran dalam terciptanya iklim kondusif jelang Natal dan Tahun Baru 2022.

Tegal Darurat Kekerasan Seksual, Belasan Anak Dicabuli

Kota Tegal sedang darurat kasus kekerasan seksual dengan mayoritas anak-anak yang menjadi korban.

Kiper Persijap Perkuat Persis Solo di 8 Besar Liga 2

Akun media sosial milik Harlan pun telah mengikuti akun ofisial Persis Solo.

Hati-Hati di Jalan Lur, Hujan Lebat, Pohon Ambruk di Barat PKU Sragen

Pohon tumbang terjadi di sekitar PKU Sragen setelah hujan deras menguyur selama lebih dari satu jam.

Jos! Tim Taekwondo UMS Boyong 5 Medali Emas dan 4 Perunggu

Tim Taekwondo UMS mengirimkan 18 atletnya untuk mengikuti kejuaraan nasional taekwondo yang digelar Pengprov Taekwondo Sulawesi Tengah pada tanggal 8-10 November 2021.