Cegat Arus Balik dari Selatan, Tim Gabungan Sukoharjo Lakukan Penyekatan di Nguter
Aparat Polres Sukoharjo melakukan penyekatan arus balik Lebaran di posko pemantauan Covid-19 depan Polsek Nguter, Selasa (26/5/2020). (Istimewa/Satlantas Polres Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Tim gabungan melakukan penyekatan arus balik Lebaran di Jalan Solo-Wonogiri tepatnya di depan Polsek Nguter, Sukoharjo. Jalan arteri itu menjadi jalur para perantau asal Wonogiri yang hendak kembali ke Jakarta dan sekitarnya.

Pantauan Solopos.com, Selasa (26/5/2020), tim gabungan terdiri dari anggota Polres Sukoharjo, Kodim 0726/Sukoharjo, Satpol PP Sukoharjo, dan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo.

Mereka memeriksa kendaraan bermotor yang melewati posko pemantauan Covid-19 itu. Saat pemeriksaan kendaraan bermotor, petugas medis memakai alat pelindung diri (APD) berupa baju hazardous materials (hazmat).

Video Tawangmangu Karanganyar Macet, Seluruh Objek Wisata Tutup

Kapolres Sukoharjo, AKBP Bambang Yugo Pamungkas mengatakan penyekatan dilakukan untuk antisipasi para kaum boro bakal kembali ke Jakarta dan sekitarnya pada arus balik setelah berlebaran di kampung halaman.

Kaum boro yang mudik saat Lebaran berpotensi menularkan Covid-19. Terlebih, wilayah DKI Jakarta merupakan episentrum wabah Covid-19 di Tanah Air. “Kami melakukan pemeriksaan terhadap pengguna jalan yang melewati pos pemantauan Covid-19 di Nguter. Ini salah satu upaya pencegahan persebaran Covid-19 di Sukoharjo,” kata dia kepada wartawan, Selasa.

Menunda Perjalanan

Dalam penyekatan itu, anggota tim gabungan mengecek tujuan masing-masing pengguna kendaraan yang melintas. Apabila didapati pengguna jalan hendak kembali ke wilayah DKI Jakarta, mereka diminta menunda perjalanan.

Status KLB Corona Kota Solo Dievaluasi Pekan Ini, Lanjut Atau Dicabut?

Pengguna kendaraan yang hendak ke Jakarta, saat penyekatan arus mudik di Sukoharjo itu juga diminta mengurus terlebih dahulu surat izin keluar masuk (SIKM) yang diterbitkan Pemprov DKI Jakarta.

Para perantau yang tak mengantongi SIKM bakal ditolak masuk wilayah Jakarta. “Kami ingin memperlancar pencegahan persebaran Covid-19. Lebih baik menunda perjalanan daripada sampai di Jakarta namun tak bisa sampai rumah,” ujar dia.

Data Terbaru Covid-19 Kota Solo: Positif Tetap 29, PDP Tambah Jadi 192, ODP 583 Orang

Sementara itu, Kasatlantas Polres Sukoharjo, AKP Marwanto, menyatakan penyekatan arus balik Lebaran dilakukan di jalur Solo-Wonogiri yang menjadi jalur utama perantau balik ke Jakarta. Penyekatan bakal dilakukan selama beberapa hari mendatang.

Kasatlantas menyebut ada beberapa mobil milik perantau yang diminta memutar balik lantaran hendak menuju Jakarta. "Penyekatan tak hanya dilakukan di Sukoharjo melainkan di jalur arus balik menuju Jakarta. Bisa saja lolos dari pemeriksaan petugas di Sukoharjo namun diminta putar balik di ruas tol atau jalur pantai utara [Pantura]," kata dia.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho