Cegah Virus Corona, UMS Solo Imbau Mahasiswa-Dosen Berwudhu
Simulasi penanganan virus corona di Bandara Adi Soemarmo, Jumat (7/2/2020). (Istimewa/PT AP I Bandara Adi Soemarmo Solo)

Solopos.com, SOLO — Demi mencegah virus corona, Universitas Muhammadiyah Surakarta atau UMS Solo mengimbau civitas akademika untuk selalu menjaga wudhu. Mereka juga diminta menjaga kebersihan untuk mencegah penularan Covid-19.

Selain itu, pimpinan UMS juga meminta civitas akademika meninjau ulang rencana kunjungan ke luar negeri.

“Kepada civitas akademika UMS diharap selalu menjaga wudhu dan senantiasa berdoa kepada Allah SWT. Mohon perlindungan agar dihindarkan dari segala penyakit yang berbahaya,” ujar Wakil Rektor UMS Bidang Akademik dan Kerja Sama, Muhammad Da’i, dalam rilis yang diterima Solopos.com, Sabtu (7/3/2020).

Ortu Pembunuh Bocah Sawah Besar Tak Tahu, Ember Cucian Berisi Jasad

Civitas akademika UMS juga diminta selalu memperhatikan kebersihan. Caranya dengan selalu mencuci tangan baik dengan sabun maupun mengunakan hand sanitizer.

Imbauan tersebut disampaikan untuk mengantisipasi merebaknya virus corona di banyak negara termasuk Indonesia. Masyarakat diimbau berhati-hati dan melakukan langkah-langkah antisipasi mencegah virus corona di Solo.

Da’i menambahkan pimpinan kampus telah membuat beberapa kebijakan mengenai langkah pencegahan Covid-19 atau virus corona di UMS Solo melalui rapat pimpinan. Langkah pencegahan lainnya, kampus swasta nomor satu di Indonesia versi Unirank itu membatasi civitas akademika ke luar negeri.

Pencarian Korban Pembunuhan Sawah Besar: Hilang Semalam, Tak Bernyawa di Lemari

“Demikian pula kita membatasi dan mengagendakan ulang kunjungan dari pakar atau pun tamu dari perguruan tinggi luar negeri yang akan berkunjung ke UMS,” sambungnya.

Siapkan Antiseptik

Selain itu, pimpinan fakultas, unit, lembaga ataupun biro agar menyediakan cairan antiseptik pembersih tangan di tempat-tempat strategis di lingkungan fakultasnya masing-masing.

“Sehingga para civitas akademika bisa senantiasa menggunakan hand sanitizer setiap saat. Dan kami imbau untuk rajin-rajin mencuci tangan,” ujar guru besar bidang Ilmu Farmasi UMS itu.

Kondisi 4 Pasien Positif Corona Indonesia Terkini: Demam Hilang

Sementara itu, bagi yang terkena flu dan demam diimbau menggunakan masker untuk mencegah terjadinya penularan penyakit. Mereka juga diminta memeriksakan diri ke dokter jika dalam beberapa hari terakhir mengalami demam tinggi dan gejala gangguan saluran pernapasan.

“Ini semua dalam rangka langkah antisipasi agar dampak dari penyebaran virus corona ini bisa kita nihilkan di kalangan civitas akademika UMS,” kata Da’i.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom