Tutup Iklan

Cegah Pasien Covid-19 Meninggal Saat Isoman, Pemkot Solo: Manfaatkan Isolasi Terpusat

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo terus berupaya menurunkan angka kematian kasus Covid-19, salah satunya dengan menambah isolasi terpusat.

 Warga menjalani isolasi terpusat di gedung serbaguna Kelurahan Jagalan, Kecamatan Jebres, Solo, Minggu (4/7/2021). (Istimewa/Murjioko)

SOLOPOS.COM - Warga menjalani isolasi terpusat di gedung serbaguna Kelurahan Jagalan, Kecamatan Jebres, Solo, Minggu (4/7/2021). (Istimewa/Murjioko)

Solopos.com, SOLO--Pemerintah Kota (Pemkot) Solo terus berupaya menurunkan angka kematian kasus Covid-19, salah satunya dengan menambah isolasi terpusat.

Data Covid-19 di Kota Solo per Senin (19/7/2021) ada tambahan konfirmasi kasus sebanyak 243 orang. Sementara, total kasus sebanyak 20.074 orang, dengan rincian sembuh 15.511 orang, isolasi mandiri (Isoman) 3.466 orang, dalam perawatan 297 orang, dan meninggal dunia 800 orang. Angka ini menurun jauh jika dibandingkan pada Kamis (15/7/2021) terdapat tambahan kasus sebanyak 544.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan berbagai cara ditempuh Pemkot Solo untuk melindungi masyarakat terhadap bahaya Covid-19. Ia pun kembali mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan layanan vaksinasi Covid-19 yang tersedia.

Baca Juga: Sebelum Positif Covid-19, Wali Kota Solo Gibran Kunjungi Sentra Vaksinasi dan Isolasi Terpusat

Di samping itu, Bu Ning, sapaan akrab Siti Wahyuningsih, berharap masyarakat mau bekerja sama untuk ikut isolasi terpusat supaya pengawasannya lebih terkontrol. Pemkot menyiapkan sejumlah sekolahan untuk dijadikan isolasi terpusat, antara lain Solo Techno Park (STP), SDN Cemara Dua, SMPN 8, SMPN 25, SMPN 19, dan SDN Cengklik.

“Kami pilih yang memenuhi syarat, seperti MCK memadai dan lingkungannya yang bersih. Terkait kasus isoman yang meninggal di Solo ada, tetapi berapa pun angkanya ini enggak boleh terjadi lagi, maka kami minta isolasi terpusat,” jelas dia.

Baca Juga: Penutupan Jalan, Penurunan Mobilitas Warga Solo 15,8 Persen

Seperti diberitakan sebelumnya, tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) khusus Covid-19 di rumah sakit di Solo tembus 95%.

Masyarakat bisa mengomunikasikan kebutuhan akan tempat perawatan Covid-19 lewat berbagai channel yang ada. Hal ini supaya pasien ada jaminan mendapatkan perawatan dengan baik.

Misalnya, masyarakat bisa memantau ketersedian bed khusus IGD Covid-19 berbagai rumah sakit di Solo dan daerah lainnya melalui situs Sistem Rawat Inap (Siranap) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada tautan https://yankes.kemkes.go.id/app/siranap/rumah_sakit dan Sistem Informasi Rujukan Terintegrasi pada situs sisrute.kemkes.go.id.

Berita Terkait

Berita Terkini

Waduh, Mayoritas Pasar di Sragen Ternyata Rawan Kebakaran

Untuk antisipasi potensi kebakaran, pedagang diimbau lebih berhati-hati dan bila memungkinkan dilakukan simulasi kebakaran pasar.

Percepatan Vaksinasi di Wonogiri Terkendala SDM Vaksinator dan Internet

Joko Sutopo menyiapkan langkah strategis untuk merampungkan vaksinasi sesuai target, seperti penjadwalan ulang, kesiapan SDM vaksinator, data, dan stok vaksin.

Ngeri Lur! Eks Terminal Kartasura Jadi Lokasi Pesta Miras dan Esek-Esek

Lahan bekas Terminal Kartasura, Sukoharjo, yang mangkrak bertahun-tahun malah disalahgunakan untuk pesta miras dan mangkal PSK.

Pengakuan Pria Sragen Nekat Bakar Mobil Tetangga: Merasa Terganggu

Aaksi nekat bakar mobil tetangga tersebut dilakukan AN secara sadar tanpa melibatkan pihak lain dan tidak berkaitan dengan peristiwa di mana pun.

Asyik! 8 Mobil Listrik Bergaya Klasik Siap Antar Turis Keliling Solo

Pemkot Solo dapat bantuan delapan unit mobil listrik bergaya klasik untuk mengantar wisatawan blusukan tempat wisata di Kota Solo.

PTM di Wonogiri Tunggu Vaksinasi Siswa dan Guru Rampung

Wonogiri akan menggelar PTM jika seluruh murid dan guru selesai divaksinasi dan fasilitas pendukung memenuhi syarat.

Jumlah Petani Muda Makin Banyak

Gerakan menarik kaum muda di Kabupaten Klaten agar mau berkecimpung di dunia pertanian makin masif, salah satunya dilakukan Komunitas Petani Muda Klaten.

Jejak Limbah Ciu Hilang Tersapu Hujan, Kali Samin Sukoharjo Bersih Lagi

Air Kali Samin yang sempat berubah hitam karena tercemar limbah ciu dari sentra industi ciu Mojolaban dan Polokarto, Sukoharjo, kembali bersih.

Rp4 M Insentif Pemulasaraan Jenazah Covid-19 Karanganyar Belum Dibayar

Anggaran insentif pemulasaraan jenazah Covid-19 ini akan ditagihkan melalui Belanja Tak Terduga (BTT) APBD Kabupaten Karanganyar.

Harga Cabai dan Bawang Putih di Wonogiri Naik Tipis

Cabai merah besar, cabai keriting, rawit hijau, dan hijau besar di Wonogiri naik harga selama beberapa pekan terakhir.

145 Siswa 2 SMP di Sragen Mendadak Dites Antigen, Hasilnya...

Tes swab antigen kepada pelajar SMP dimulai Senin untuk antisipasi munculnya klaster sekolah atau pembelajaran tatap muka (PTM).

171 Siswa-Guru SDN Laweyan No 54 Solo Mendadak Dites Antigen, Ada Apa?

Sebanyak 171 siswa, guru, dan tenaga pendidik SDN Laweyan No 54 mendadak di tes swab antigen pada Senin (27/9/2021).

Hanya 2 Hari, Vaksinasi Covid-19 di 5 Lokasi Solo Ini Dapat Beras 5 Kg

Peserta vaksinasi Covid-19 di lima lokasi Kota Solo yang berlangsung selama dua hari, Senin-Selasa, mendapat bantuan beras 5 kg.

Lebihi Target, Vaksinasi di Boyolali Capai Lebih 50%

Percepatan vaksinasi terus dilakukan di Boyolali dengan pendekatan cukup agresif melalui tim di masing-masing desa.

6 KDRT Terjadi di Karanganyar, Ada Korban Alami Paksaan Hubungan Seks

Selain kekerasan seksual, dalam periode yang sama di Karanganyar juga terdapat 22 kekerasan terhadap anak yang dilaporkan.

Jekek Lanjutkan Program Beasiswa Mahasiswa Berprestasi Wonogiri

Joko Sutopo melanjutkan program karena mahasiswa penerima beasiswa sudah memberi kontribusi yang berdampak positif bagi warga dan pembangunan daerah.