Tutup Iklan

Catat, Ini Penyebab Uban Muncul di Usia Muda

Mengecat rambut menjadi hitam jadi pilihan bagi mereka yang memiliki uban di usia muda. 

 Mewarnai rambut jadi pilihan saat uban muncul di usia muda. (Ilustrasi/Freepik)

SOLOPOS.COM - Mewarnai rambut jadi pilihan saat uban muncul di usia muda. (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO–Tak sedikit orang mengalami uban muncul di usia muda. Kemunculan si rambut putih ini kadang terasa mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri.

Mengecat rambut menjadi hitam jadi pilihan bagi mereka yang memiliki uban di usia muda.  Seperti dilakukan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang biasanya berpenampilan rambut serba putih, tiba-tiba terlihat berambut hitam. Tidak ada keterangan tentang keputusan orang nomor satu di Jawa Tengah ini mengecat rambutnya menjadi hitam.

Nah bagi Anda yang tidak menyukai rambut putih, sebaiknya kenali terlebih dulu penyebab uban muncul di usia muda agar bisa dicegah. Dikutip dari klikdokter.com, Senin (13/9/2021), berikut ini deretan pemicu munculnya rambut berwarna putih ini:

1. Kekurangan Vitamin Tertentu

Penyebab tumbuh uban di usia muda yang pertama adalah kekurangan vitamin. Kekurangan vitamin B6, B12, biotin, vitamin D atau vitamin E dapat menyebabkan uban timbul lebih dini.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Trichology pada 2016 menjumpai fakta unik. Ditemukan bahwa kadar serum ferritin, vitamin B12 dan kolesterol HDL pada responden di bawah usia 25 tahun yang beruban cenderung lebih rendah.

Baca Juga: Geger Rambut Ganjar Pranowo Jadi Hitam, Sampai-sampai Dikomentari Artis

Studi lain yang dilansir di jurnal Development juga menyebutkan kekurangan vitamin D3 dan vitamin B12 dapat menyebabkan rambut beruban.

2. Genetik atau Faktor Keturunan

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Indian Journal of Dermatology, Venereology and Leprology pada  2013, disebutkan bahwa uban yang muncul lebih dini dapat berkaitan dengan faktor genetik atau keturunan di keluarga. Selain itu, ras dan etnis tertentu juga bisa berperan.

Studi yang sama dilakukan pada ras Kaukasian, dan ditemukan bahwa uban dapat dimulai di usia 20 tahun. Sedangkan, pada ras Asia dapat dimulai di usia 25 tahun dan ras Afrika-America di usia 30 tahun

3. Kondisi Medis Tertentu

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, disebutkan bahwa gangguan fungsi tiroid juga bisa menyebabkan uban muncul di usia dini.

Selain itu, kondisi vitiligo juga dapat membuat rambut menjadi putih karena kematian sel pigmen melanin yang berperan dalam pewarnaan rambut.

4. Stres

Stres bisa menjadi salah satu pemicu munculnya uban di usia muda. Di masyarakat berkembang mitos bahwa orang yang beruban di usia dini berarti banyak masalah atau stres.

Baca Juga: Mau Baca Buku Gratis? Coba Kunjungi 5 Perpustakaan Digital Ini

Faktanya, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh New York University di Amerika Serikat dan dipublikasikan di jurnal Nature Medicine, ditemukan bahwa sel yang bertugas untuk pewarnaan rambut dapat berkurang ketika Anda sedang stres.

Meski begitu, penelitian lain menyebutkan bahwa stres dapat menjadi salah satu faktor, namun persentasenya kecil dan lebih sering disebabkan oleh faktor lainnya.

5. Kebiasaan Merokok

Merokok tak hanya dapat menyebabkan risiko penyakit jantung, kanker, stroke, ataupun hipertensi saja. Namun, gaya hidup tidak sehat ini juga dapat memicu uban muncul lebih cepat.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Italian Dermatology Online Journal pada 2013, disebutkan bahwa perokok berisiko 2,5 kali lebih tinggi timbul uban sebelum usia 30 tahun dibandingkan mereka yang tidak merokok.

Studi lain yang dilansir oleh Journal of the American Academy of Dermatology pada tahun 2015 juga mendukung hal yang sama, bahwa merokok bisa menyebabkan uban muncul lebih cepat terutama pada pria.

6. Dampak Penggunaan Produk Penataan Rambut

Hati-hati, produk pewarna rambut, sampo dan produk rambut lainnya juga dapat menyebabkan uban timbul lebih dini. Sebab, beberapa produk ini bisa saja mengandung bahan kimia berbahaya yang berisiko mengurangi produksi melanin dan menyebabkan rambut beruban.

Hidrogen peroksida yang banyak terdapat pada produk pewarnaan rambut misalnya, merupakan salah satu bahan kimia yang dapat menyebabkan uban timbul lebih dini bila digunakan secara berlebihan. Jadi, usahakan berhati-hati dalam memilih produk perawatan rambut, ya.

7. Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun juga bisa menyebabkan rambut putih prematur. Ini adalah saat sistem kekebalan tubuh menyerang selnya sendiri. Pada kasus alopesia dan vitiligo, sistem imun dapat menyerang rambut dan menyebabkan hilangnya pigmen.

Baca Juga: Penelitian Terbaru: Ilmuwan Temukan Antibodi Super Terhadap Covid-19

8. Neurofibromatosis

Penyebab uban di usia muda satu ini merupakan kondisi tubuh bawaan sejak lahir. Kelompok penyakit bawaan ini menyebabkan tumor tumbuh di sepanjang saraf dan perkembangan tulang dan kulit yang tidak normal.

Berita Terkait

Berita Terkini

4 Tanda Anda Tidak Bahagia Dilihat dari Sisi Psikologis

Seringkali kita mengartikan orang yang jarang tersenyum sebagai tanda tidak bahagia.

Perhatikan Ini Sebelum Melepas Anak Sekolah Tatap Muka

Berikut berapa hal dapat disiapkan orang tua sebelum melepas anak untuk sekolah tatap muka.

Serem! Perempuan ini Diganggu Hantu Sampai Terseret ke Dapur

Video seorang perempuan yang tengah membuka sebuah kardus tiba-tiba terseret ke dapur rumahnya tanpa sebab menjadi viral.

Bak Pinang Dibelah, Wajah Perempuan Solo Ini Mirip Ernest Prakasa

Video seorang wanita yang disebut memiliki wajah yang mirip dengan aktor Ernest Prakasa viral di dunia maya.

Bukan Hanya Otak, Organ Lain Juga Rawan Kena Komplikasi Hipertensi

Kerusakan organ tubuh akibat komplikasi hipertensi tergantung kepada besarnya peningkatan tekanan darah dan lamanya kondisi yang tidak terdiagnosis dan tidak diobati.

Pisang Jumbo di Papua Ini Ukurannya Bikin Melongo

Pisang berukuran jumbo dengan diameter 10 cm ditemukan di Papua.

Seperti Tukul Arwana, Banyak Orang Tidak Menyadari Idap Hipertensi

Sebagian besar penderita tidak mengetahui dirinya idap hipertensi sehingga tidak mendapatkan pengobatan.

Kenali Gejala Hipertensi Seperti Dialami Tukul Arwana

Sebenarnya Tukul Arwana juga sudah menunjukkan gejala hipertensi, namun banyak yang tak menyadarinya.

5 Kuliner Khas Mandalika Lombok, Semuanya Menggugah Selera

Ini dia lima kuliner khas Mandalika, Lombok Tengah, NTB, yang bisa kamu coba setelah menonton balapan di Sirkuit Mandalika.

Asale Mandalika, Surga Tersembunyi di Lombok

Inilah sejarah dan potensi wisata di Mandalika yang disebut sebagai surga tersembunyi di Lombok, NTB.

Wisata Dekat Sirkuit Mandalika Lombok, Hangout Sambil Nonton Balapan

Ini dia deretan wisata eksotis dari pantai hingga budaya di dekat atau sekitar Sirkuit Mandalika di Lombok yang bisa kamu kunjungi sembari nonton balapan.

Legenda Putri Mandalika Bersejarah dengan Sirkuit MotoGP Megah

Terdapat legenda bersejarah Putri Mandalika di Lombok yang konon katanya memiliki paras cantik jeita. Ini dia ceritanya!

Viral Hijabers Dugem, Netizen: Tanda-Tanda Kiamat!

Para pemudi berhijab itu disebut 'dugem halal' karena asyik joget di kafe dengan lampu percahayaan yang minim.

Begini Cara Mencuci Beras yang Benar Agar Nutrisinya Terjaga

Tips memasak nasi kali ini membahas tentang bagaimana cara mencuci beras yang benar agar vitaminnya tidak hilang?

Ikuti Jejak Mark Zuckerberg, Yuk Terapkan Frugal Living

Di Indonesia, ada Cinta Laura, Desi Anwar, dan Raditya Dika yang telah menerapkan gaya hidup frugal living.

Memasuki Usia 40 Tahun, Wanita Disarankan Rutin Lakukan Ini

Memasuki usia 40 tahun, ada sejumlah hal yang sebaiknya menjadi perhatian wanita salah satunya adalah terkait kesehatan tubuh.