Mau Baca Buku Gratis? Coba Kunjungi 5 Perpustakaan Digital Ini

Membaca e-book secara gratis di perpustakaan digital merupakan salah satu cara untuk menambah wawasan di kala harus di rumah saja.

 Ilustrasi baca e-book di perpustakaan digital. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi baca e-book di perpustakaan digital. (Freepik)

Solopos.com, SOLO–Bagi Anda yang memiliki gemar membaca namun ingin tetap di rumah saja, perpustakaan digital bisa menjadi alternatif untuk memuaskan hobi Anda. Selain tak harus keluar rumah, Anda juga bisa menghemat banyak uang lantaran tak perlu keluar biaya sewa atau membeli buku-buku baru.

Di perpustakaan digital ini Anda bisa mengunduh e-book secara gratis loh! Hal ini tentu saja sangat menguntungkan terlebih di masa pandemi Covid-19 yang membuat kita harus membatasi mobilitas.

Berikut lima rekomendasi perpustakaan digital yang bisa Anda gunakan untuk mengunduh ebook, audiobook dan sumber online lainnya secara gratis, melansir MUO, Jumat (10/9/2021), dan dikutip dari Bisnis.com, Senin (12/9/2021):

1. Open Library

Open Library merupakan salah satu perpustakaan digital yang patut dikunjungi secara virtual. Awalnya, Open Library dimulai sebagai proyek online yang dirancang untuk melestarikan situs web, ebook, dan aset digital lainnya yang menarik. Pendirinya ingin membuat halaman situs  untuk setiap buku yang pernah diterbitkan. Saat ini, pengguna dapat meminjam dan membaca jutaan ebook secara gratis. Yang perlu Anda lakukan adalah mendaftar akun dan menelusuri Open Library. Anda bahkan dapat menambahkan buku baru ke koleksinya. Pengguna terdaftar juga dapat membuat daftar eBook khusus, seperti “Want to Read” atau “Have Read”. Jika Anda ingin menambahkan buku baru ke koleksinya, daftar di Arsip Internet, unggah buku Anda, lalu buat entri di Open Library.

Baca Juga: Warga Solo Rela Beli Rp225 Juta, Ini Alasan Harga Monstera King Variegata Selangit

Dengan pencarian cepat, Anda akan menemukan e-book dalam setiap genre, mulai dari seni dan sci-fi, hingga kedokteran. Koleksi sejarah, misalnya, menampilkan lebih dari 1,6 juta judul. Untungnya, Anda dapat memfilter hasil berdasarkan subjek, penulis, dan kriteria lainnya. Jika Anda mencari buku tertentu, masukkan namanya di bilah pencarian. Atau Anda dapat mengklik ebook acak dan melihat pratinjau atau meminjam mereka secara gratis. Beberapa ebook juga tersedia dalam format audio yang lebih disukai. Fitur menarik lainnya adalah fitur Search Inside. Jika Anda memerlukan informasi tertentu, Anda dapat memilih e-book yang terkait dengan topik tersebut dan memasukkan pertanyaan Anda di bilah pencarian.

2. Project Gutenberg

Project Gutenberg bertujuan untuk mendigitalkan buku dan karya budaya lainnya. Saat ini, mereka menampilkan lebih dari 60.000 e-book gratis yang dapat Anda unduh atau baca secara online. Bagian terbaiknya adalah, Anda tidak memerlukan pembaca ebook atau aplikasi khusus untuk mengakses judul-judul dalam koleksinya. Pengguna dapat mempersempit pencarian mereka berdasarkan judul, popularitas, penulis, bahasa, dan jenis file. Mereka juga dapat mencari berdasarkan subjek atau kategori, seperti buku audio, gambar, atau musik.

Sementara sebagian besar e-book tersedia dalam bahasa Inggris, beberapa telah diterbitkan dalam bahasa Arab, Yunani Kuno, Navajo, atau Maya. Ini bisa menjadi kesempatan untuk memoles keterampilan bahasa Anda atau bahkan belajar bahasa asing dari awal.

Baca Juga: 6 Benda Ini Bisa Bikin Betah Ngantor di Rumah

Seperti Open Library, Project Gutenberg menawarkan ebook gratis di setiap kategori, mulai dari sejarah dan hukum hingga musik, psikologi, dan sains. Pengguna juga memiliki akses ke bookshelves untuk konten tertentu. Misalnya, katakanlah, Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang Perang Spanyol-Amerika, Anda dapat langsung membuka bookshelves itu alih-alih menelusuri ribuan judul. Saat Anda memilih sebuah ebook, Anda dapat memilih untuk membacanya secara online, dalam teks biasa, atau dalam format Kindle. Ada juga opsi untuk mengunduh ebook gratis dalam format EPUB, dengan atau tanpa gambar. Fitur ini mungkin berguna jika Anda memiliki ruang terbatas di ponsel cerdas atau tablet Anda.

3. Internet Archive

Internet Archive adalah perpustakaan digital terbesar yang pernah dibuat. Selain ebook gratis, katalognya mencakup 591 miliar halaman web dan jutaan video, konser, file audio, dan program perangkat lunak. Menampilkan lebih dari 32 juta e-book, beberapa item dalam koleksinya berasal dari tahun 90-an dan tidak tersedia di tempat lain.

E-book diatur berdasarkan kategori, tetapi Anda juga dapat mencari berdasarkan koleksi, penulis, topik, atau tahun penerbitan. Mereka juga menyediakan banyak pilihan e-book untuk penyandang disabilitas. Pengguna memiliki opsi untuk menilai dan mengulas buku yang mereka baca. Jika Anda menemukan buku yang terlihat menarik, klik untuk melihat apa yang dikatakan orang lain. Setelah mendaftar, Anda dapat mengunggah ebook dan file media lainnya dari koleksi pribadi Anda.

4. Wiley Online Library

Ketika Anda sedang melakukan penelitian untuk esai, buku putih, atau proyek sains, mungkin sulit untuk menemukan sumber yang dapat dipercaya. Di situlah Perpustakaan Online Wiley berguna. Perpustakaan digital ini menawarkan lebih dari 22.000 buku online, 1.600 jurnal, dan ratusan karya referensi. Sebagian besar sumber daya berfokus pada sains, mencakup segala macam topik. Koleksi Bisnis dan Manajemen, misalnya, mencakup ratusan eBook dan artikel tentang perilaku konsumen, manajemen, dan teknologi bisnis.

Baca Juga: Metode Time Out Cara Lain Mendisiplinkan Anak Balita tanpa Harus Marah-Marah

Jika Anda siap mempelajari bahasa pemrograman baru, buka bagian Teknologi Informasi. Persempit pencarian Anda berdasarkan tanggal publikasi, subjek, penulis, atau penerbit. Tidak semua ebook gratis untuk dibaca dan diunduh, tetapi Anda dapat menelusurinya atau mengakses bab tertentu. Cari ikon Akses Gratis untuk melihat buku mana yang tersedia secara gratis.

5. World Digital Library

Di sini, Anda akan melihat pilihan buku-buku langka, manuskrip, dan bahan lainnya yang berasal dari 8.000 SM. Koleksinya mencakup lebih dari 19.000 publikasi dari lebih dari 190 negara. Proyek ini dikembangkan oleh Perpustakaan Kongres AS dan UNESCO, dengan tujuan membuat budaya tersedia untuk semua orang. Ini menampilkan ribuan buku, foto, dan peta yang dulunya hanya tersedia di museum.

Jadi, ketika Anda mengunjungi World Digital Library, Anda seperti mengunjungi institusi budaya dari rumah. Siapa pun dapat mengunduh buku secara gratis. Tergantung pada apa yang Anda minati, Anda mungkin ingin melihat koleksi buku langka yang ditawarkan. Ada juga opsi untuk mencari berdasarkan tempat, topik, periode waktu, bahasa, atau institusi.

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Inil Bacaan Doa Saat Ziarah Kubur dan Tata Caranya

Inilah doa yang dipanjatkan ketika berziarah kubur lengkap dengan arti dan tata caranya.

Hari Pangan Sedunia 2021: Sudah Tepatkah Kita Memperlakukan Pangan?

Peringatan Hari Pangan Sedunia bertujuan untuk mempromosikan kesadaran dan tindakan global terhadap kelaparan serta untuk menyoroti perlunya memastikan pola makan yang sehat untuk semua.

Hari Pangan Sedunia 2021, Momentum Evaluasi Ketahanan Pangan Indonesia

Selama ini aktivitas manusia dalam mencapai ketahanan pangan sering menurunkan atau menghancurkan habitat alami dan berkontribusi pada kepunahan spesies.

Usia Seks Anak Makin Maju, Beri Pendidikan Seks Sesuai Usia Anak

Majunya usia anak yang melakukan seks tersebut, disebabkan oleh kurangnya edukasi mengenai hubungan seks dan kesehatan reproduksi pada anak.

Mengenal Jenis-Jenis Lensa Kontak, Manakah yang Paling Baik?

Penggunaan lensa kontak saat ini bukan hanya sebatas sebagai alat bantu penglihatan, melainkan juga sudah seperti bagian dari fashion.

6 Makanan Ini Membantu Perkembangan Otak Anak

Ada sejumlah makanan yang tepat dapat membantu meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan fungsi otak anak Anda.

Efek Pandemi Covid-19, Kasus Tuberkulosis Naik Lagi

WHO memaparkan bahwa kemajuan dalam pemberantasan penyakit TBC telah menjadi lebih buruk karena meningkatnya jumlah kasus yang tidak terdiagnosis dan tidak diobati.

Punya Cicilan Utang KPR atau Pinjol? Ini Trik Bijak Melunasinya

Kita bisa menerapkan salah satu dari dua trik jitu supaya bisa cepat dapat melunasi utang atau cicilan yaitu menggunakan metode debt snowball atau debt stacking.

Mengenal Penyebab Kanker Usus Seperti Diidap Pelawak Qomar

Penyebab utama di balik kedua jenis kanker usus ini adalah mutasi gen.

Viral Kisah Sedih Pria Hidupi Istri ODGJ, Netizen Sindir Baim Wong

Video perjuangan pria menafkahi istrinya yang ODGJ itu kemudian viral di media sosial dan ada netizen yang mengaitkan dengan Baim Wong yang kini ramai diperbincangkan.

90 Karya Seni Rupa Semarakkan Pameran Lentik/Lenting ISI Surakarta

Pameran Lentik/Lenting adalah gagasan untuk melihat lentiknya potensi pengetahuan seni tradisi dengan segenap ciri artistik dan estetiknya, serta potensinya untuk melenting.

15 Oktober Hari Cuci Tangan Sedunia, Tak Hanya untuk Cegah Covid-19

Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia ini pertama dicetuskan oleh Global Handwashing Partnership pada tahun 2008.

Cara Mudah Membeli dan Menggunakan Meterai Elektronik alias E-Meterai

Berikut ini terdapat cara mudah membeli dan menggunakan meterai elektronik alias e-meterai di pos.e-meterai.co.id.

Ini Bacaan Doa Agar Usaha dan Rezeki Lancar

Berikut bacaan doa yang bisa dilafalkan setiap hari agar usaha dan rezeki dilancarkan atas izin-Nya.

Agar Anak Tidak Jadi Penakut, Ajarkan Doa Ini!

Berikut ini terdapat doa yang bisa orang tua ajarkan kepada si kecil agar anak tidak jadi penakut. Lengkap dengan latin dan artinya.

Pilihlah Masakan Rumah daripada Masakan Restoran, Ini Alasannya

Tak ada salahnya membawa bekal makanan berupa masakan dari rumah saat Anda bekerja dan anak sekolah.