SOLOPOS.COM - Ilustrasi jemaah calon haji (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, KARANGANYAR — Jemaah calon haji (calhaj) asal Karanganyar diperkirakan akan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah untuk melaksanakan ibadah haji dalam kelompok terbang (kloter) 16 dan 17.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Karanganyar, Wiharso, mengatakan penempatan jemaah dalam kloter ini masih dinamis. Artinya masih bisa berubah.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Rencananya memang begitu. Untuk calhaj Karanganyar diperkirakan akan ikut kloter 16 dan 17. Tapi ini kan dinamis karena bisa saja ada perubahan mendadak,” ujarnya, Selasa (24/5/2022).

Ia menambahkan, jika tak ada perubahan, jemaah calhaj Karanganyar kloter 16 akan berangkat bersama jemaah calhaj asal Sragen. Sedangkan kloter 17 akan berangkat bersama jemaah calhaj asal Sukoharjo.

Baca Juga: Duh, Separuh dari Total Calhaj Karanganyar Tak Bisa Berangkat Tahun Ini

Sementara itu, sebagai persiapan ibadah ke Tanah Suci itu, jemaah calhaj mulai mengikuti manasik yang diselenggarakan Kemenag. Manasik akan digelar enam kali, dua kali di tingkat kabupaten dan empat kali di tingkat kecamatan.

“Manasiknya mulai hari ini di tingkat kabupaten selama dua hari,” imbuh Wiharso.

Menurutnya, para jemaah calon haji Karanganyar sudah siap berangkat karena persiapan lain sudah dilakukan. Misalnya, pelunasan biaya maupun administrasi lainnya.

Baca Juga: Batal Berangkat ke Tanah Suci, 850 Calhaj Karanganyar Diminta Lakukan Ini

Lebih lanjut Wiharso mengungkapkan jumlah calhaj Karanganyar berubah, dari sebelumnya 419 orang menjadi 426 atau ada penambahan tujuh orang.

Dari total 426 jemaah calon haji ini terdiri atas 203 laki laki dan 223 perempuan. Calhaj termuda berusia 18 tahun atas nama Faizah dari Kecamatan Colomadu sedangkan tersepuh usia 65 tahun atas nama Muslihun dari Kecamatan Tawangmangu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya