Duh, Separuh dari Total Calhaj Karanganyar Tak Bisa Berangkat Tahun Ini

Hampir separuh dari total jemaan calon haji 2020 tak bisa berangkat tahun ini karena tak memenuhi syarat yang ditentukan Pemerintah Arab Saudi.

 Ilustrasi praktik manasik haji. (Solopos/dok)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi praktik manasik haji. (Solopos/dok)

Solopos.com, KARANGANYAR — Hampir separuh jemaah calon haji (calhaj) asal Karanganyar dipastikan tidak bisa berangkat haji di tahun ini. Mereka adalah calhaj yang berusia di atas 65 tahun.

Pemerintah Arab Saudi mensyaratkan jemaah haji 1443H/2022M berusia di bawah 65 tahun. Sehingga jemaah haji yang berumur di atas 65 tahun akan menjadi prioritas diberangkatkan lebih dulu pada tahun depan oleh Kementerian Agama.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

“Dari 800-an jemaah calon haji tahun 2020, hanya 400-an saja yang dijatah naik haji pada tahun ini. Usianya kurang dari 65 tahun dan awal mendaftar haji,” kata Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Karanganyar, Wiharso kepada wartawan, Selasa (26/4/2022).

Wiharso mengatakan jatah pemberangkatan hanya separuh merupakan imbas dari kebijakan pembatasan jemaah haji oleh Kerajaan Arab Saudi. Ia meminta jemaah yang tak lolos skrining supaya bersabar sekaligus berdoa supaya Arab Saudi memberi kelonggaran lebih pada musim haji tahun depan.

“Kami sudah menjelaskan ke jemaah haji agar bersabar. Mudah-mudahan tahun depan bisa berangkat,” tuturnya.

Baca Juga: Usia Jemaah Calon Haji Dibatasi 65 Tahun, Ini Pesan Kemenag Karanganyar

Wiharso mengaku akan muncul banyak persoalan terkait pembatasan usia tersebut. Salah satunya persoalan jika pasangan suami istri yang berbeda usia.

Misalkan sang suami atau istri usia di atas 65 sedangkan pasangannya usia di bawah itu. Mereka sudah berencana berangkat haji bersama. Karena aturan ini, salah satu tidak bisa berangkat.

“Kami menyerahkan ke pasangan suami istri itu bisa berembuk apakah tetap berangkat bagi yang bisa, ataukah menunda dulu dua-duanya. Yang jelas enggak bisa berangkat berdua,” katanya.

Baca Juga: 1.175 Calhaj Asal Sragen Tertunda Berangkat Haji ke Tanah Suci

Saat ini, Wiharso mengatakan calhaj Karanganyar memperbaharui persyaratan administrasi keberangkatan seperti paspor. Mereka juga sudah disuntik vaksin meningitis yang masa berlakunya dua tahun.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Indonesia Butuh Cetak Biru Pedagogi Digital

      + PLUS Indonesia Butuh Cetak Biru Pedagogi Digital

      Indonesia membutuhkan cetak biru pedagogi digital. Kebutuhan ini urgen berdasarkan pengalaman penyelenggaraan pendidikan pada masa pandemi Covid-19. Pandemi kini telah masuk tahun ketiga.

      Berita Terkini

      Sidak Konser Dream Theater di Stadion Manahan, DPRD Solo Dibuat Heran

      Anggota Komisi II DPRD Solo menemukan hal yang membuat heran dan bertanya-tanya saat melakukan sidak konser Dream Theater di Manahan, Rabu (10/8/2022) malam.

      Pengin Basah-Basahan? Ini Dia Objek Wisata Air Pilihan di Karanganyar

      Edupark Intanpari dan Dolphin Tugu Waterpark merupakan dua objek wisata air yang bisa jadi pilihan untuk menghabiskan libur akhir pekan di Karanganyar.

      Ada 2 Calon Tersangka Jual Beli Lahan Makam Bong Mojo Solo, Siapa Saja?

      Polisi telah mengantongi dua nama yang potensial menjadi tersangka pada kasus jual beli lahan makam Bong Mojo, Jebres, Solo.

      Mau Gelar Pilkades, Tapi Desa di Karanganyar Ini Belum Selesaikan LPj

      Inspektorat Karanganyar menemukan sejumlah desa yang akan menggelar Pilkades ternyata belum menyelesaikan laporan pertanggungjawaban (LPj) kegiatan mereka.

      Ini Peran Penanam Modal Swasta di Klaten saat Zaman Hindia Belanda

      Zaman penjajahan Belanda memberikan pengaruh besar pada berbagai bidang, termasuk ekonomi.

      16 Parpol Ikut Sosialisasi KPU Sukoharjo, Siapa Saja yang Datang?

      Sebanyak 16 partai politik mengikuti sosialisasi pedoman teknis bagi partai politik calon peserta pemilihan umum (Pemilu) DPR dan DPRD untuk pemilu 2024 di pendapa Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo, Jumat (12/8/2022).

      Ini Hasil Seleksi Administrasi 8 Calon Sekda Sragen

      Panitia Seleksi Calon Sekda Sragen telah mengumumkan hasil seleksi administrasi delapan peserta yang mendaftar.

      Dream Theater Konser di Solo, Segini Pendapatan yang Masuk ke Pemkot

      Pemkot Solo memperoleh pendapatan ratusan juta rupiah dari pajak penjualan tiket konser Dream Theater di Stadion Manahan Solo, Rabu (10/8/2022) lalu.

      APBD Perubahan 2022 Sragen Defisit Sampai Rp511 Miliar

      APBD Perubahan 2022 Sragen direncanakan defisit hingga setengah triliun rupiah.

      Daerah Klaten Ini Pernah Jadi Permukiman Eropa dan Tionghoa, Sekarang?

      Perkebunan dari Klaten menghasilkan jumlah banyak sehingga dapat meningkatkan perekonomian di zaman dahulu.

      Eks Bupati Untung Wiyono Punya Warung Soto Binaan, Harganya Merakyat

      Mantan Bupati Sragen, Untung Wiyono, memiliki warung soto binaan yang harganya terjangkau untuk semua kalangan.

      Kasus Jual Beli Lahan Bong Mojo Solo, Sudah 12 Saksi Diperiksa Polisi

      Polisi sejauh ini telah memeriksa 12 orang saksi dan menyita beberapa barang bukti kasus jual beli lahan makam Bong Mojo, Jebres, Solo.

      Kerap Temukan Pelanggaran Netralitas ASN, Ini Upaya Bawaslu Klaten

      Pelanggaran netralitas ASN serta aparatur desa menjadi persoalan klasik yang kerap muncul dalam setiap penyelenggaraan Pemilu di Klaten.

      Jembatan Mojo Solo Direhab, Pilihannya Macet atau Memutar Sejauh 8 Km

      Pengendara harus memutar sejauh 8 km dari Solo ke Mojolaban maupun sebalikanya jika tidak ingin terjebak macet saat Jembatan Mojo direhab.

      Tim KKN UNS-IPB Petakan Wilayah Kemuning Karanganyar Pakai Drone

      Tim KKN UNS berkolaborasi dengan IPB dalam melakukan program data desa presisi (DPP) menggunakan drone di Desa Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar.