SOLOPOS.COM - Kepala UPT LLAJ Dishub Jatim, Ahmad Supriatna. (Abdul Jalil-Madiunpos.com)

Solopos.com, MADIUN -- UPT Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Dinas Perhubungan Jawa Timur menggelar Operasi Sadar Keselamatan dan Ketertiban di Jalan Raya Tiron, Kabupaten Madiun, Rabu (9/10/2019) siang. Sebanyak 32 kendaraan tak laik jalan terjaring dalam razia itu.

Kepala UPT LLAJ Dishub Jatim, Ahmad Supriatna, mengatakan pelanggaran didominasi truk pengangkut logistik dan material bangunan, bus, minibus, dan bus antarkota antarprovinsi.

Promosi Pembunuhan Satu Keluarga, Kisah Dante dan Indikasi Psikopat

"Kami menggelar operasi ini untuk menertibkan kendaraan yang belum memenuhi syarat kelaikan jalan. Selain itu juga untuk menekan angka kecelakaan di jalan raya," kata dia.

Dalam operasi ini, kata Supriatna, pihaknya menemukan sejumlah kendaraan travel yang menggunakan pelat hitam. Padahal, kendaraan barang dan penumpang harus menggunakan pelat kuning.

Selain itu, petugas juga menemukan penyimpangan  trayek. Seperti bus Mira yang seharusnya lewat Karangjati, tetapi justru masuk ke Madiun.

Dalam operasi tersebut pihaknya melibatkan sejumlah pihak, di antaranya dari Satlantas Polres Madiun Kabupaten, Denpom V/1 Madiun, Pengadilan Negeri Madiun, Kejaksaan Negeri Madiun, dan Dinas Perhubungan Kabupaten Madiun.

Dia menyampaikan dalam pengendara yang melanggar langsung disidang di tempat. Sehingga pengemudi bisa langsung membayar denda sesuai pelanggaran yang dilakukan.

"Kegiatan ini rutin kami selenggarakan. Sebulan sekali dengan lokasi yang berbeda," ujarnya.

Jumlah kendaraan yang terjaring dalam operasi sadar keselamatan dan ketertiban LLAJ setiap tahunnya berkurang. Biasanya dalam kurun waktu satu setengah jam ada 60 kendaraan yang melanggar dan saat ini hanya 30 pelanggar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya