SOLOPOS.COM - Rapat Paripurna DPRD Grobogan. (Istimewa)

Solopos.com, GROBOGANDPRD Grobogan menggelar rapat paripurna ke-7 di gedung dewan setempat, Senin (27/3/2023) pagi. Di kesempatan tersebut, Bupati Grobogan, Sri Sumarni membeberkan deretan prestasi yang diraih Pemkab di bawah kepemimpinannya.

Rapat paripurna yang dihadiri anggota DPRD Grobogan dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Grobogan dipimpin Ketua DPRD Grobogan, Agus Siswanto. Sebagaimana rapat paripurna di waktu sebelumnya, rapat kali ini juga disiarkan langsung di channel YouTube Sekwan Grobogan dan Radio Purwodadi FM.

Promosi Kisah Agen Mitra UMi di Karawang: Penghasilan Bertambah dan Bantu Ekonomi Warga

Ketua DPRD Grobogan, Agus Siswanto, mengatakan terdapat dua agenda pokok dalam rapat paripurna kali ini. Masing-masing berupa penyampaikan rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) oleh Bupati Grobogan dan pembentukan Pansus 2023.

Lantaran jalannya rapat paripurna berlangsung di tengah suasana Ramadan, Agus Siswanto juga mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa kepada warga Grobogan yang sedang menjalankan ibadah tersebut.

“Dari 50 anggota, 35 orang di antaranya telah membubuhkan tanda tangan [daftar hadir]. Dengan demikian ketentuan forum rapat telah terpenuhi. Oleh karena itu, izinkan kami membuka rapat paripurna kali ini sekaligus dibuka dan terbuka untuk umum,” kata Agus Siswanto di sela-sela rapat paripurna.

Bupati Grobogan, Sri Sumarni, mengawali laporannya dengan menyampaikan empat materi pokok sesuai dengan Permendagri 18/2020. Di antaranya membahas tentang data umum daerah yang berisi tentang luas wilayah Grobogan (2.023,849 kilometer persegi), jumlah penduduk di 2022 (1.501.145 jiwa), dan jumlah aparatur yang mencapai 8.896 pegawai.

Selanjutnya, Sri Sumarni menyampaikan realisasi APBD TA 2022 berupa target awal senilai Rp2,54 triliun. Di kesempatan ini, Sri Sumarni juga membeberkan belanja operasional, belanja modal, belanja transfer, dan belanja tak terduga.

Berikutnya, Bupati Sri Sumarni juga menyampaikan penyelenggaraan tugas pembantuan yang dilakukan Pemkab Grobogan. Di antaranya berasal dari kementerian pendidikan kebudayaan riset dan teknologi, kementerian pertanian, kementerian perdagangan, kementerian PUPR. Di mana, seluruh program dan kegiatan dapat diselesaikan dengan baik.

Bupati Sri Sumarni juga menyampaikan penyelenggaraan urusan pemerintahan. Di kesempatan itu pula, Bupati Sri Sumarni mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan seluruh pihak sehingga dapat melahirkan prestasi bagi Pemkab Grobogan.

Logo DPRD Grobogan
Logo DPRD Grobogan. (Istimewa)

Deretan prestasi yang telah dicapai Pemkab Grobogan, seperti penghargaan opini WTP, penghargaan adipura kategori kinerja pengelolaan lingkungan hidup perkotaan yang baik, penghargaan pemetaan daya saing daerah (PDSD) dengan skor tinggi, penghargaaan kategori kabupaten inovatif pengembangan sumber daya manusia daerah.

Prestasi selanjutnya, penghargaaan di bidang penyelenggaraan pelayanan publik, kepatuhan standar pelayanan publik, penghargaaan kota peduli HAM, penghargaaan kategori inovatif pameran, penghargaan kategori stakeholder berinovasi di bidang tanaman pangan.

Berikutnya, penghargaan kategori produktivitas kedelai tertinggi, penghargaan terbaik di bidang kartu tani, penghargaan kategori wilayah produksi beras tertinggi wilayah nasional, penghargaan sekolah adiwiyata mandiri, dan masih banyak penghargaan lainnya yang tak dapat disebutkan satu per satu.

“Sebagai penutup perlu saya sampaikan dalam penyampaian RKPD ini masih banyak kekurangan. Oleh sebab itu dengan segala kerendahan hati, perkenakananlah saya memohon maaf dan tak lupa saya sampaikan terima kasih. Semoga uraian singkat pengantar RKPD ini dapat dijadikan bahan masukan dan inovasi guna memberikan rekomendasi untuk penyempurnaan di masa mendatang,” katanya.

Di akhir rapat paripurna, DPRD Grobogan menyusun susunan panitia khusus. Saat menyusun panitua khusus, rapat paripurna sempat diskor beberapa menit. Hasil dari pembahasan pansus, DPRD Grobogan menyepakati bertindak sebagai ketua pansus, yakni Mustofa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya