Bupati Jekek Targetkan Angka Stunting Turun 2%, Bagaimana Caranya?

Pemkab Wonogiri menargetkan angka persentase stunting pada penimbangan serentak, Agustus 2022 turun menjadi 2%.

 Ilustrasi Stunting  (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Stunting (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, WONOGIRI — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri menarget angka persentase stunting pada penimbangan serentak, Agustus 2022 mendatang, turun hingga dua persen. Sejumlah cara untuk mencapainya kini tengah dilakukan.

Informasi yang Solopos.com himpun, angka persentase stunting di Kabupaten Wonogiri pada penimbangan serentak Februari 2022 lalu berada di angka 12,18 persen. Turun dari Februari 2021 yang tercatat di angka 14,07 persen.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Belakangan diketahui, capaian itu membuat Kabupaten Wonogiri naik pada peringkat ketiga, wilayah dengan penderita stunting terendah se-Jawa Tengah. Guna meneruskan tren positif itu, Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, terus berupaya menurunkan angka penderita stunting.

Saat ditemui wartawan, Selasa (21/6/2022), bupati yang akrab disapa Jekek menargetkan persentase penderita stunting pada penimbangan serentak Agustus 2022 mendatang, mencapai 10 persen. Persentase penurunan itu muncul lewat berbagai upaya yang tak mudah.

Baca Juga: Wow! Desa di Wonogiri Ini Dapat Julukan Kampung Miliarder, Kok Bisa?

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Perlindungan Perempuan dan Pemberdayaan Anak (DPPKB P3A) Wonogiri, Mubarok, menyebut upaya yang terus dan tengah dilakukan ialah pencegahan.

“Kami terus mencegah melalui pendampingan keluarga yang berusia subur, remaja, ibu hamil, dan orang tua yang memiliki anak batuta [bawah satu tahun],” ujarnya saat dihubungi Solopos.com, Selasa.

Langkah itu berguna untuk mengedukasi dan mengubah mindset atas gaya hidup keluarga dan cara pola asuh terhadap anak. Mubarok menambahkan, DPPKB P3A bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Wonogiri juga telah menyepakati untuk mensosialisasikan pencegahan stunting ke calon pengantin (catin).

Baca Juga: Pasar Hewan di Wonogiri Sudah Dibuka Lagi tapi Masih Lengang, Kenapa?

Syarat mendaftar nikah ke Kantor Urusan Agama (KUA) pada tiga bulan sebelum hari pernikahan juga telah diterapkan. Namun terkait hal ini, kata Mubarok, belum ada larangan jika ada catin yang mendaftarkan pernikahannya kurang dari tiga bulan sebelumnya.

“Kalau untuk kasus ini [mendaftar nikah kurang dari tiga bulan], harus dicek dulu kesehatannya. Jika setelah diperiksa disarankan menunda kehamilan, maka pendamping di tingkat desa akan ikut mengawasi. Biasanya kami arahkan untuk ikut program KB [keluarga berencana] dulu,” terangnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Persebaran PMK Meluas, Kebutuhan Hewan Kurban 1,81 Juta Ekor

+ PLUS Persebaran PMK Meluas, Kebutuhan Hewan Kurban 1,81 Juta Ekor

Pemerintah meluncurkan gerakan disinfeksi nasional, Kamis (30/6/2022), untuk mengendalikan penyakit mulut dan kuku (PMK). Wabah PMK makin meluas di 19 provinsi dan tak hanya menjangkiti sapi.

Berita Terkini

Listrik Dari PLTSa Putri Cempo Solo Bakal Dibeli PLN, Segini Harganya

Listrik dari PLTSa Putri Cempo, Mojosongo, Solo, yang rencananya beroperasi mulai Desember 2022 mendatang akan dibeli oleh PT PLN.

UNS Pasang EWS Indoor di 100 Rumah di Karanganyar, Ini Lokasinya

Ketua tim peneliti dari Program Studi (Prodi) Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNS, Ahmad Marzuki mengatakan timnya mengembangkan sensor indoor dan sudah dipasang pada 100 rumah di 11 desa di Kabupaten Karanganyar.

Kelurahan Gayam Sukoharjo Jadi Juara 1 Lomba Tiga Pilar Polda Jateng

Konsep Tiga Pilar adalah konsep kekompakan, keterpaduan, dan kerja sama dalam satuan lingkungan pemerintahan kelurahan atau desa antara lurah bersama dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas

Hewan Kurban Wajib Ada SKKH, Begini Cara Peroleh SKKH di Boyolali

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan (Keswan) Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Boyolali, drh. Afiany Rifdania, mengatakan SKKH untuk hewan yang digunakan untuk kurban di dalam daerah Boyolali dan ternak yang dikirim ke luar daerah berbeda.

Vaksinasi PMK di Boyolali Sasar Sapi Sehat, Untuk Sapi Sembuh?

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan (Keswan) Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Boyolali, drh. Afiany Rifdania, mengungkapkan sapi-sapi yang sembuh dari PMK akan mendapatkan perlakuan yang berbeda.

Kereta Kuda dan Permainan Volume Besar Dilarang di CFD Klaten

CFD Jl Mayor Kusmanto Klaten digelar di sepanjang ruas jalan dari simpang empat Pandanrejo hingga simpang lima Bramen dan digelar saban Minggu pukul 05.00 WIB-09.00 WIB.

Begini Alasan Organda Wonogiri Pamor Bus Bumel Makin Menurun

Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Wonogiri, Edi Purwanto, menyebut menurunnya pamor bus bumel tak terlepas oleh sikap masyarakat yang memiliki kecenderungan mulai meninggalkan transportasi umum.

Polisi Selidiki Kasus Meninggalnya Warga Sragen Wetan, Ada Kejanggalan?

Polres Sragen tengah menangani kasus kematian seorang ibu di Sragen Kota yang dinilai ada kejanggalan

Warung Makan Solet di Makamhaji Kartasura, Lokasi Ndelik Tapi Ramai

Warung Solet menyajikan aneka menu masakan jawa. 

Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini: Tanpa Potensi Hujan

Prakiraan cuaca di Sagen hari ini, Jumat (1/7/2022) akan sama seperti kemarin. Cuaca berawan mendominasi tanpa ada potensi turun hujan.

Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini: Lebih Bersahabat

Cuaca cerah berawan akan menemani Anda, warga di Karanganyar, mengawali  Jumat (1/7/2022) pagi ini. Tak perlu khawatir akan turun hujan karena prakiraan cuaca Karanganyar hari ini akan didominasi berawan.

Hari Ini Cerah Berawan, Cek Prakiraan Cuaca Sukoharjo Jumat 1 Juli 2022

Berikut ini prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo hari Jumat (1/7/2022) yang tersaji secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Solo 1 Juli: Cerah Berawan, Waspada Angin Dari Timur

Cuaca Kota Solo hari ini, Jumat (1/7/2022), berdasarkan prakiraan BMKG Solo akan berawan dan cerah berawan.

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini 1 Juli 2022: Cerah Berawan Ada Hujan

Simak prakiraan cuaca wilayah Boyolali hari Jumat (1/7/2022) dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Jumat Ini: Cerah Berawan Pagi

Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Jumat 1 Juli 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.