Bupati Cilacap Bantah Warganya Terpapar Omicron

Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji, memastikan tidak ada warganya yang terpapar Covid-19 varian baru Omicron.

 Bupati Cilacap, Tatto S. Pamuji. (Instagram)

SOLOPOS.COM - Bupati Cilacap, Tatto S. Pamuji. (Instagram)

Solopos.com, CILACAPBupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji, membantah kabar mengenai adanya warga Cilacap yang terkonfirmasi Covid-19 varian baru, Omicron.

Sebelumnya, beredar kabar ada sembilan orang di Jateng yang terdeteksi positif Omicron melalu hasil pemeriksaan whole genome sequencing (WGS). Dari sembilan orang itu, salah satunya menjalani tes WGS di RS Pertamina Cilacap.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Kendati demikian, Bupati Tatto memastikan jika satu orang yang dinyatakan positif Omicron dari Cilacap itu bukanlah warga Kabupaten Cilacap. Pasien itu berasal dari Sumatra Utara yang tengah singgah sebentar di Cilacap.

Baca juga: Waspada! Omicron Sudah Masuk Jateng, 9 Orang Terpapar

“Kami pastikan ZS, 51, bukan warga Cilacap. Yang bersangkutan adalah warga Kota Pematang Siantar, Sumatra Utara, yang singgah di Cilacap,” jelas Tatto saat jumpa pers di Rumah Dinas Bupati Cilacap, Senin (24/1/2022).

Ia mengatakan berdasarkan kronologi yang dihimpun Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cilacap, ZS diketahui melakukan perjalanan dari Jakarta untuk menemui salah seorang kolega di Cilacap pada 4 Januari 2022.

ZS turun di salah satu stasiun di Cilacap, kemudian menumpang ojek menuju penginapan. “Akan tetapi Bapak ZS bilang tidak ingat lokasi menginapnya, nama penginapannya, tidak ada kuitansi pembayarannya,” kata Bupati Cilacap.

Keesokan harinya, bupati.

Keesokan harinya, Rabu (5/1/2022), ZS mendatangi RS Pertamina Cilacap untuk menjalani tes PCR karena hendap pulang ke Medan melalui Yogyakarta. Akan tetapi, sebelum hasil tes PCR keluar, ZS sudah pergi ke Yogyakarta karena dijemput saudaranya.

“Oleh karena hasil tes PCR-nya positif, Pak ZS kemudian menjalani isolasi mandiri di tempat saudaranya yang berlokasi di Godean, Kabupaten Sleman. Kondisinya baik dan tanpa gejala,” katanya.

Ia mengatakan Pemerintah Kabupaten Cilacap pada Jumat (21/1/2022) menerima hasil pemeriksaan sampel WGS atas nama pasien berinisial ZS dan yang bersangkutan dinyatakan terkonfirmasi varian omicron.

Baca juga: Jateng Catat Perdana Kasus Omicron, Gubernur Ganjar: Tidak Perlu Panik

Terkait dengan hal itu, Bupati mengimbau masyarakat Kabupaten Cilacap untuk tidak lengah dan tetap waspada serta disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Jaga jarak, hindari kerumunan, selalu memakai masker, selalu cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Bagi yang belum divaksin agar segera ikuti vaksinasi, semoga pandemi Covid-19 segera berakhir,” katanya.

Kapolres Cilacap, AKBP Eko Widiantoro, mengatakan pihaknya akan lebih selektif dalam melakukan upaya penegakan protokol kesehatan, khususnya di tempat-tempat rawan terjadinya kerumunan yang dapat meningkatkan penularan Covid-19. Menurut dia, pihaknya akan segera menggelar rapat dengan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cilacap terkait dengan pelaksanaan kegiatan-kegiatan penegakan protokol kesehatan.

“Sebelum ini [kasus omicron] merebak, kami, minimal melakukan upaya-upaya pencegahan secara maksimal,” katanya.

Sumber: Antara

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Kerusuhan Babarsari Gotham City, Buah Masyarakat Multietnis

+ PLUS Kerusuhan Babarsari Gotham City, Buah Masyarakat Multietnis

Tawuran yang terjadi di Kawasan Babarsari, Kalurahan Caturtunggal, Kapanewon Depok, Sleman, DIY, Jogja, Senin (4/7/2022) hingga berjuluk Gotham City tak lepas dari situasi sosial masyarakat yang multietnis atau heterogen.

Berita Terkini

Bakal Gantikan Tjahjo Kumolo Jadi Menteri PAN-RB? Ini Kata Ganjar

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, memberikan tanggapan terkait informasi yang menyebutkan dirinya bakal menggantikan posisi yang ditinggalkan Tjahjo Kumolo sebagai Menteri PAN-RB.

Waduh! Copet Beraksi saat Jokowi Kunjungi Pasar Peterongan Semarang

Agenda Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Pasar Peterongan Semarang, Selasa (5/7/2022), diwarnai dengan aksi copet.

Nama 8 Siswa Sragen Hilang di PPDB 2022, Ini Jawaban Ganjar

Begini respons Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengetahui delapan nama calon siswa SMAN 1 Gondang Sragen hilang dalam PPDB Jateng 2022.

Tidur Lama, Letusan Gunung Ungaran Pernah Hancurkan Tubuh Sendiri

Abad modern memang tak pernah mencatat aktivitas vulkanik Gunung Ungaran, namun berdasarkan penelitian, gunung setinggi 2.050 Mdpl tersebut pernah meletus dahsyat hingga menghancurkan dua per tiga tubuhnya sendiri.

Di Semarang, Jokowi Sebut Tindakan Polri Belum 100% Presisi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut tindakan atau kinerja Polri saat ini belum 100 persen presisi.

Pemkab Kudus Klaim Jalan Rusak Tak Sampai 63 Km

Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Kabupaten Kudus menyebutkan jalan rusak di wilayahnya tak mencapai 10 persen dari total panjang 639,262 km.

Josss! Desa Tertinggi di Jawa Tengah Terkenal di Eropa Sejak 1911

Pesona keindahan alam desa tertinggi di Jawa Tengah ternyata telah diketahui bangsa Eropa sejak tahun 1911.

Desa Tertinggi Jawa Tengah Tawarkan Pesona Salju Eropa

Desa tertinggi di Jawa Tengah menawarkan pesona keindahan alam seperti pegunungan Eropa yang bersalju.

Lagi, Konsleting Sebabkan Rumah Warga Grobogan Ludes Terbakar

Kebakaran disebabkan konsleting kembali terjadi, rumah kayu milik warga Desa Nglinduk, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan, ludes terbakar.

Kembalikan Kejayaan Golkar di Jateng, Airlangga Hartarto Lakukan Ini

Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto, menginginkan Jawa Tengah (Jateng) kembali menjadi basis kekuatan politik Partai Golkar.

Asal-Usul Telaga Ranjeng Brebes - Misteri Istana Gaib Mbah Ranjeng

Asal-usul objek wisata Telaga Ranjeng di Brebes, Jawa Tengah, diselimuti berbagai kisah misteri.

Ketum Golkar Airlangga Bahas KIB di Semarang, Begini Instruksinya

Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto, mengatakan telah membentuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama dua partai lain, yakni PAN dan PPP untuk menghadapi Pilpres 2024.

Ini 3 Agenda Nasional yang Harus Dikawal Polri, Jokowi: Pertama, IKN

Presiden Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi membeberkan sejumlah agenda nasional yang harus dikawal anggota Polisi Indonesia (Polri).

Jokowi Salurkan Bantuan PKH ke Pedagang Pasar Peterongan Semarang

Presiden Jokowi menyerahkan langsung bantuan PKH kepada pedagang di Pasar Peterongan Semarang, Selasa (5/7/2022).

Ini Isi Pesan Presiden Jokowi saat Pimpin Upacara HUT ke-76 Bhayangkara

Presiden RI, Joko Widodo akrab disapa Jokowi, memimpin upacara peringatan HUT ke-76 Bhayangkara di Akpol Semarang, Jawa Tengah pada Selasa (5/7/2022).