SOLOPOS.COM - Ilustrasi varian baru Covid-19, Omicron. (Freepik.com)

Solopos.com, SEMARANG — Varian Covid-19 jenis Omicron ternyata sudah masuk di wilayah Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Total ada sekitar sembilan orang di Jateng yang terpapar varian terbaru Covid-19 itu.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, membenarkan varian Omicron sudah terdeteksi di wilayahnya. Ia juga membenarkan ada sekitar sembilan orang di Jateng yang telah terpapar varian Omicron tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Iya,” jawab Ganjar singkat melalui aplikasi Whatsapp (WA) kepada Solopos.com, Jumat (21/1/2022).

Baca juga: Omicron Merajalela, Kemana Varian-Varian Virus Corona Sebelumnya?

Sementara itu, berdasarkan informasi yang diterima Solopos.com, sembilan pasien yang terpapar Covid-19 di Jateng itu berasal dari berbagai daerah antara lain Kota Semarang, Pekalongan, Cilacap, dan Soloraya.

Mereka diketahui terpapar Covid-19 dari hasil pemeriksaan whole genome sequencing (WGS). Kesembilan sampel pasien yang diketahui terdeteksi Omicron itu empat di antaranya berasal dari Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Semarang yakni 4 orang, RS Bhayangkara Semarang 1 orang, DKK Kota Pekalongan 1 pasien, RS Pertamina Cilacap 1 pasien, RS Oen Solo Baru 1 pasien, dan RS Elisabeth Semarang 1 pasien.

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol. Iqbal Alqudusy, mengimbau masyarakat Jateng mewaspadai persebaran Covid-19 varian Omicron itu. Ia pun meminta masyarakat disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Omicron Sudah Masuk ke Indonesia, Jateng Siap Perbanyak Tes Genome

“Selain itu mempercepat program vaksinasi, terutama untuk kalangan lansia dan anak,” ujar Iqbal dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya