SOLOPOS.COM - Umat Islam mengelilingi ka'bah di Masjidil Haram, Makkah Al Mukarramah, Arab Saudi. (ANTARA FOTO/Aji Styawan/nz.)

Solopos.com, MAKKAH — Kira-kira berapa jumlah rakaat salat tarawih yang digelar di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi?

Di Indonesia sendiri, salat tarawih ada yang melaksanakan delapan rakaat dan juga 20 rakaat. Rasulullah sendiri tidak membatasi jumlah rakaat salat tarawih.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

Namun, Nahdlatul Ulama dalam situs resminya (NU online), berpendapat jumlah rakaat salat tarawih yang afdal adalah 20. Hal ini dikarenakan Imam al-Bujairimi dalam Hasyirah ‘Ala al-Khatib, menyebut Rasulullah dan para sahabat melakukan salat tarawih 8 rakaat. Akan tetapi, setelah itu, Rasulullah dan sahabat menyempurnakannnya sampai 20 rakaat di rumah masing-masing.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari situs Hajinews.id, berbeda dengan di Indonesia, jumlah rakaat salat tarawih di Masjidil Haram ternyata bukan delapan atau pun 20 rakaat.

Baca Juga:  Setahun Jadi Wali Kota Solo, Harta Gibran Naik Rp4 Miliar

Ternyata jumlah rakaat di Rumah Allah pada tahun ini dikurangi menjadi 10. Dalam kondisi normal, jumlah rakaat salat tarawih di Masjidil Haram dilaksanakan 20 rakaat.

Pengurangan jumlah rakaat ini dimaksudkan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Masjidil Haram.

Baca Juga:  Jangan Salah Kaprah! Begini Hukum Tidur saat Puasa yang Dibilang Ibadah

Sementara itu, salat tarawih Ramadan 2022 di Masjidil Haram pertama telah digelar pada 2 April 2022.

Dalam salat tarawih pertama di Masjidil Haram itu, terlihat jemaah yang mengikuti ibadah sunah tersebut cukup banyak. Sebagian masih mengenakan masker dan sebagian tidak. Hal ini terlihat dari video yang dibagikan oleh pengelola akun Twitter @haramainfo.

Baca Juga: Wuih! Gibran Beri Bocoran Ada 2 Artis Lagi yang Bakal Manggung di Solo

Meski jumlah rakaat dikurangi jadi 10, saf salat tarawih di Masjidil Haram tampak berdekatan. Hal ini berbeda dengan kondisi dua tahun sebelumnya yang diadakan berjarak.

Baca Juga: Hai Ladies! Ini Hlo Kriteria Calon Istri Bhre Mangkunagoro X

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya