Brad Binder Juara GP Cheska, Persaingan Moto GP 2020 Kian Sulit Ditebak
Brad Binder (Motogp.com)

Solopos.com, BRNO — Absennya Marc Marquez benar-benar memberi berkah pada kualitas persaingan Moto GP 2020. Setelah Fabio Quartararo mencuri perhatian dengan memenangi dua balapan awal, kini giliran Brad Binder unjuk kemampuan.

Pembalap dari tim papan bawah, Red Bull KTM, itu sukses membuat kejutan besar dengan memenangi GP Republik Cheska di Sirkuit Brno, Minggu (9/8/2020) malam WIB.

Lumpuh, Bocah Difabel Asal Blora Tulis Surat ke Ganjar Pranowo: Saya Ingin Sembuh dan Bisa Sekolah

Brad Binder hanya butuh tiga balapan untuk merebut kemenangan pertama di Moto GP sebagai pembalap rookie. Dia juga mencatatkan diri sebagai rider Afrika Selatan pertama yang memenangi Moto GP.

Di Sirkuit Brno, pembalap berjuluk Bradical itu tampil menggila dengan keunggulan 5,266 detik dari Franco Morbidelli di posisi kedua. Hasil tersebut turut memberikan kemenangan pertama bagi KTM di Moto GP sejak debutnya pada 2017.

“Saya tak bisa berkata-kata, ini mimpi yang menjadi nyata. Semoga ini hanya menjadi awal bagi saya [untuk meraih gelar lain],” ujar Binder.

Juara Dunia Moto 3

Sebagai pembalap, Binder terbilang telat masuk ke kelas Moto GP. Dia baru naik ke kelas elit musim ini di usia 24 tahun. Padahal Binder sudah memulai karier Grand Prix dengan tampil di kelas 125 cc pada 2011. Prestasi terbaik Binder adalah merebut gelar juara dunia Moto 3 pada musim 2016. Musim lalu Binder menjadi runner-up Moto2 2019 setelah kalah dari Alex Marquez.

Polokarto Jadi Kecamatan Tercepat Rampungkan Coklit Data Pemilih Pilkada Sukoharjo

Kemenangan Brad Binder seperti mempertegas dominasi para pembalap nonunggulan di Brno. Selain Binder, pembalap seperti Johann Zarco, Franco Morbidelli, Pol Espargaro, hingga Aleix Espargaro sempat bertarung menjadi yang terdepan di awal lomba. Sebelumnya Zarco yang notabene pembalap satelit Ducati, Avintia, sudah memberi kejutan dengan merebut pole position.

Pembalap macam Maverick Vinales, Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi justru kesulitan menembus deretan depan, demikian halnya Quartararo. Merajai dua balapan awal, dia harus puas berada di posisi tujuh setelah sempat berada di posisi kedua di awal lomba.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom