SOLOPOS.COM - Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo Is Purwaningsih (dari kiri), Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah Kota Solo Retno Wulandari, Koordinator tim teknis  lomba desain ulang logo Solo The Spirit of Java dan maskot Kota Solo Irfan Sutikno, dan salah satu bagian dari tim juri, Andre Noevi Rahmanto, memberikan keterangan pers di Balai Kota Solo, Kamis (1/30/2022). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo telah menetapkan logo baru tagline Solo The Spirit Of Java yang merupakan hasil lomba redesain yang digelar pada November lalu. Logo ini menjadi satu asa baru bagi pemangku kepentingan di kota ini dan selaras dengan gairah baru wali kotanya.

Seperti disampaikan Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Solo, Retno Wulandari, saat diwawancara Solopos.com melalui telepon, Selasa (13/12/2022). Menurut Retno, momentum bagus ini harus didukung semua pihak.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

“Ini sebuah momentum yang bagus untuk pariwisata Solo dan mesti didukung implementasinya ke dalam berbagai sektor,” ujar dia. Menurut Retno, penggantian logo menjadi kewenangan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Sehingga, menurutnya, alasan penggantian logo lebih tepat ditanyakan kepada Wali Kota. Yang jelas, Retno menegaskan BPPD Solo melihat hal itu sebagai momentum. “Utamanya dalam konteks penyegaran dalam men-develope city branding,” urainya.

Retno menekankan pentingnya langkah lanjutan dari ditetapkannya logo baru Solo The Spirit Of Java. Upaya pengembangan pariwisata Solo tidak bisa berhenti hanya pada logo baru. Harus ada langkah-langkah dan program implementatif.

Baca Juga: Logo Diubah setelah 17 Tahun, Begini Sejarah Slogan Solo The Spirit Of Java

“Ketika logo sudah diputuskan dan dipilih, maka logo ini harus diimplementasikan ke dalam action plan, program. Tidak hanya menjadi sesuatu yang menempel, tapi juga harus dijiwai, oleh para stakeholder-nya,” katanya.

Retno berharap dengan adanya logo baru Solo The Spirit Of Java bisa menjadi pintu masuk dari semua kegairahan stakeholder pariwisata. Mereka harus mengejawantahkan secara tepat dan menarik atas setiap bagian dari logo tersebut.

Komunikasi dan Internalisasi

“Ini juga harus diteruskan dengan logo guidance, seperti filosofinya, sehingga bisa dikomunikasikan dan disosialisasikan kepada seluruh stakeholder. Tak kalah penting harus dilihat aspek legal, seperti hak penggunaan logo,” urainya.

Baca Juga: Dipakai sejak Era Jokowi, Logo Solo The Spirit Of Java Diubah di Era Gibran

Aspek implementasi logo itu menurut Retno penting karena ada proses komunikasi dan interalisasi kepada seluruh stakeholder pengguna. Sebab setiap bagian dan goresan di logo baru The Spirit Of Java punya makna mendalam.

Sebelumnya, salah satu anggota tim teknis Lomba Redesain Logo Solo The Spirit of Java, Irfan Sutikno, mengatakan kehadiran logo baru menggantikan logo yang dibuat pada 2005 itu diharapkan bisa membangkitkan kembali gairah pariwisata di Kota Solo.

“Tujuan utamanya menggugah kembali kegairahan masyarakat terhadap kota ini. Setelah beberapa waktu, namanya orang itu kadang semangatnya seiring waktu bisa melemah. Ini upaya untuk bersama-sama menggelorakan kota ini,” terangnya saat diwawancarai Solopos.com, Selasa (13/12/2022).

Baca Juga: Selamat! Inilah Para Pemenang Lomba Redesain Logo dan Maskot Kota Solo

Logo baru Solo The Spirit of Java merupakan karya Andrea Isa dari Bandung yang memenangi lomba redesain tersebut. Secara visual, logo tersebut berupa tulisan Solo The Spirit of Java dengan goresan menyerupai gunungan pada huruf “l”.

Goresan menyerupai goresan itu, menurut Irfan, menawarkan keramahan dan nilai-nilai budaya Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya