BPOM Ungkap 26 Juta Pcs Obat Tradisional Ilegal, Sebagian Besar Dijual Online

BPOM menemukan sebanyak 26 juta pcs obat tradisional dan suplemen kesehatan ilegal dengan nilai lebih dari Rp540 miliar.

 Ilustrasi obat. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi obat. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA —Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) menemukan sebanyak 26 juta pcs obat tradisional dan suplemen kesehatan ilegal dengan nilai lebih dari Rp540 miliar.

Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik BPOM, Reni Indriani, mengatakan sebanyak 25,6 juta pcs diedarkan secara online (daring), sedangkan 658.205 pcs diedarkan secara konvensional.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

“Berdasarkan hasil sampling dan pengujian BPOM periode Oktober 2021 – Agustus 2022, ditemukan 41 item obat tradisional mengandung bahan kimia obat,” ujar Reni dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (4/10/2022) seperti dilansir Bisnis.

Lebih detil BPOM memaparkan 25,6 juta pcs yang diedarkan secara online (daring) setara dengan Rp515,37 miliar, sedangkan 658.205 pcs diedarkan secara konvensional setara dengan Rp27,8 miliar.

Sebagai tindak lanjut, pemerintah melakukan pembersihan pasar dan ditemukan sebanyak 198 sarana yang mengedarkan obat terlarang yang mengandung bahan kimia obat.

Baca Juga: Ahli Imbau Anak-Anak Suntik Vaksin Gegara Kasus Covid Anak Naik

Kemudian, diberlakukan juga sanksi administratif berupa pembatalan nomor izin edar terhadap 4 produk, pemusnahan terhadap seluruh produk yang mengandung bahan kimia obat, serta takedown terhadap 82.995 link.

Upaya takedown link tersebut dilakukan melalui koordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Asosiasi E-Commerce Indonesia (IdEA).

Terakhir, juga diambil langkah pro justicia dengan 56 perkara dengan pengadilan serta sanksi tertinggi berupa kurungan penjara selama 2 tahun beserta denda senilai Rp250 juta.

Selain itu, BPOM juga menemukan 22 item produk vitamin ilegal yang dijual secara daring di situs dagang-el dengan nilai mencapai Rp185,2 miliar.

Baca Juga: Menakar Untung Rugi Cukai Minuman Berpemanis dalam Kemasan

Reni Indriani, mengatakan temuan vitamin ilegal tersebut atas 10 item vitamin D3, 11 item vitamin C, dan 1 item vitamin E.

“Pada periode Oktober 2021 – Agustus 2022 kami menemukan adanya peredaran sebanyak 22 item vitamin ilegal,” kata Reni dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (4/10/2022).

Dari hasil patroli siber yang dilakukan melalui koordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Asosiasi E-Commerce Indonesia (IdEA), terdapat sebanyak 19.703 link penjualan produk ilegal.

Langkah strategis BPOM dalam pengawasan obat dan makanan masih sejalan dengan kebijakan pemerintah pada masa pandemi dan pemulihan pandemi.

Selama operasi siber itu, BPOM menemukan 19.703 tautan penjualan dengan total 718.791 pcs vitamin ilegal.

Baca Juga: Ini Penyebab Kelangkaan Vaksin Meningitis untuk Umrah

Selain melakukan takedown terhadap tautan penjualan berstatus ilegal tersebut, terdapat 2 perkara di Jakarta dan Batam yang diproses sesuai dengan UU No. 36/2009 tentang Kesehatan dan UU No. 8/1981 tentang Hukum Acara Pidana.

Lebih jauh, Reni menjelaskan peredaran vitamin tanpa izin edar memiliki sejumlah dampak negatif, baik terhadap kesehatan maupun ekonomi. Terhadap kesehatan, vitamin ilegal yang beredar dapat membahayakan kesehatan karena keamanan, khasiat, dan mutu produk yang tidak terjamin, tidak ada manfaat atau khasiat bagi konsumen, dan tidak ada pihak yang bertanggung jawab apabila muncul risiko kesehatan.

Selain itu, peredaran vitamin ilegal merugikan pelaku usaha yang menjalankan bisnis sesuai dengan ketentuan serta memunculkan biaya pengobatan atas penyakit yang ditimbulkan.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Antam Naik Nih! Simak Harga Emas Pegadaian, Selasa 6 Desember 2022

      Harga emas yang dijual di Pegadaian, Selasa (6/12/2022) hari ini, terpantau naik untuk cetakan Antam sementara untuk cetakan UBS tercatat turun.

      IHSG Diperkirakan Rebound, Cek Saham-Saham Ini

       Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) disebut berpotensi rebound ke level 7.030-7.050 pada perdagangan Selasa (6/12/2022) ini.

      Izin Usaha Dicabut OJK, Begini Tuntutan Nasabah WanaArtha Life

      Nasabah PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (WanaArtha Life) meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) segera menjelaskan ke nasabah mengenai langkah lanjutan usai izin usaha perusahaan asuransi perusahaan resmi dicabut pada Senin (5/12/2022).

      Siaga Nataru, PLN Turunkan 5.574 Personel Pastikan Keandalan Listrik Jateng-DIY

      PLN menggelar Apel Siaga Natal dan Tahun Baru untuk mengamankan keandalan pasokan listrik menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di halaman kantor PLN UP3 Yogyakarta pada Senin (5/12/2022).

      Izin WanaArtha Dicabut OJK, Transaksi Gelap Asuransi Naik 284,8 Persen

      Hingga Oktober 2022, jumlah transaksi mencurigakan asuransi mencapai angka 2.155 kasus. Jumlah ini naik 284,8 persen dibandingkan periode Januari-Oktober 2021 yang hanya 560 kasus. 

      Cara Praktis Mengambil Uang di Mesin ATM Tanpa Menggunakan Kartu

      Kini nasabah bank tak perlu bingung jika pada saat mengharuskan untuk tarik tunai namun tidak membawa kartu debit dan hanya membawa handphone.

      Formasi Rekrutmen Bersama BUMN Batch 2, Cari Tahu Yuk!

      Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama Forum Human Capital Indonesia (FHCI) membuka Rekrutmen Bersama BUMN 2022 batch 2. Lantas apa saja formasinya?

      Transisi Energi, Erick Thohir Beberkan Alasan Indonesia Tak Tiru Negara Lain

      Erick Thohir menyebutkan cetak biru penghentian dini PLTU berkapasitas total 15 Giga Watt (GW) terus dilakukan secara bertahap.

      Laba BUMN Tembus Rp155 Triliun Kuartal III/2022, Lampaui Setahun 2021

      Menteri BUMN Erick Thohir menerangkan laba bersih konsolidasi BUMN per kuartal III/2022 telah melampaui kinerja setahun penuh pada 2021.

      Gelombang PHK Berlanjut! OYO Hotels Kurangi 600 Karyawan

      Startup OYO Hotels mengumumkan akan memangkas 600 karyawan di departemen korporat dan teknologinya, atau sekitar seperenam dari total tenaga kerjanya.

      PLN Teken MoU dengan Kawasan Industri Sayung & Pabrik Gas, Salurkan 50,2 MVA

      PLN siap menyalurkan 50,2 MVA untuk mendukung pertumbuhan industri di Jawa Tengah dan DIY.

      Uji Coba Aplikasi Pembayaran Tol Nirsentuh Dimulai Bulan Ini

      Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana menguji coba pembayaran tol nirsentuh melalui aplikasi multi lane free flow (MLFF) pada bulan ini.

      10 Cara Cari Uang hanya Modal HP

      Sekarang, hanya bermodal HP kita bisa menghasilkan uang.

      Apindo: Pemerintah Tidur Saja Pertumbuhan Ekonomi Bisa 5 Persen

      Apindo memperkirakan pertumbuhan ekonomi 2023 akan berada di atas 5 persen bahkan bisa mencapai 5,65 persen apabila terdapat kerja keras dalam menggerakkan mesin-mesin perekonomian.

      PT SHA Solo Selalu Memastikan Program CSR Tepat Sasaran

      PT SHA Solo memiliki strategi khusus dalam menyalurkan program Corporate Social Responsibility (CSR) agar lebih tepat sasaran.

      Perjalanan PT SHA Solo 7 Tahun Mengabdi untuk Masyarakat

      PT SHA Solo terus berupaya untuk senantiasa bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar dengan melakukan berbagai program sosial.