SOLOPOS.COM - Sejumlah calon jamaah umrah berjalan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (8/1/2022). Kementerian Agama melepas sebanyak 419 orang untuk melaksanakan ibadah umrah dan menjadi pertama kali setelah beberapa tahun terakhir Indonesia tidak mengirimkan jamaah akibat pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/Fauzan/aww.

Solopos.com, PADANGKementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan kelangkaan vaksin meningitis yang melanda hampir di seluruh daerah di Indonesia. Padahal, vaksin meningitis sangat diperlukan bagi jemaah yang ingin menjalankan ibadah umrah ke Tanah Suci.

Plt. Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, Murti Utami, mengatakan terkait kelangkaan ini pemerintah Menteri Kesehatan sebelumnya telah menyampaikan bahwa Kemenkes telah mempersiapkan 250.000 dosis vaksin meningitis yang produksi PT Bio Farma dan akan distribusikan pada awal Oktober 2022.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Soal kelangkaan vaksin meningitis itu memang di luar dugaan kita, karena permintaan cukup tingginya permintaan, terutama untuk keperluan calon jamaah umrah,” katanya dalam kunjungan kerja di Padang, Jumat (30/9/2022).

Baca Juga Lukas Enembe Beralasan Sakit

Murti Utami menyebutkan 250.000 dosis vaksin meningitis itu akan disebar untuk seluruh daerah di Indonesia. Dengan telah adanya langkah cepat dari Kemenkes itu, sehingga tidak mengganggu para calon jamaah umrah, yang telah menjadwalkan keberangkatannya ke Arab Saudi.

Sebelumnya Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan untuk vaksin meningitis yang akan didistribusikan pada awal Oktober 2022 dengan jumlah 250 ribu dosis vaksin itu, sudah dapat persetujuan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Kemenkes juga akan melakukan identifikasi terkait kondisi stok vaksin meningitis yang ada di seluruh Indonesia, yang tersedia Kantor Kesehatan Pelabuhan. “Jadi untuk para calon jamaah umrah itu diharuskan untuk menerima vaksin meningitis minimal 10 hari sebelum melakukan perjalanan ke Arab Saudi. Semoga pada awal Oktober nanti sudah sampai ke seluruh daerah,” tutupnya.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Terungkap! Ini Penyebab Kelangkaan Vaksin Meningitis untuk Umroh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya