Tutup Iklan

Boyolali Segera Dapat Alokasi Vaksin Covid-19 Lagi, Rencana untuk 3 Kalangan Ini

Sebelumnya vaksinasi Covid-19 sudah pernah dilakukan untuk kalangan difabel di Boyolali, namun dari sekitar 800 sasaran masih ada sekitar 600 orang belum tervaksin.

 Ilustrasi pemberian vaksin Covid-19. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemberian vaksin Covid-19. (Freepik)

Solopos.com, BOYOLALI — Kalangan difabel di Boyolali kembali akan menjadi sasaran vaksinasi Covid-19. Namun untuk ketersediaan vaksin, Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali masih menunggu pasokan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali, Ratri S. Survivalina, mengatakan vaksinasi Covid-19 di Boyolali masih terus berjalan. Namun untuk pelaksanaannya disesuaikan dengan ketersediaan vaksin.

Untuk saat ini dia menyebut ketersediaan vaksin di Boyolali sudah cukup terbatas. Stok yang ada hanya sekitar 9.000 dosis atau hanya cukup untuk pemberian dosis kedua di pekan pertama Agustus ini.

Baca juga: PPKM Diperpanjang, Penyekatan di Boyolali Berlanjut di 3 Lokasi

Sedangkan untuk pelaksanaan vaksinasi dosia kedua di pekan kedua serta dosis pertama untuk sasaran lain, pihaknya masih menunggu pasokan vaksin dari provinsi.

Ratri mengatakan pada penyaluran vaksin berikutnya, Boyolali direncanakan akan mendapatkan tiga alokasi. Salah satunya yakni alokasi untuk kelompok difabel.

“Pekan ini kami akan mendapat tiga alokasi. Pertama vaksin untuk kelompok disabilitas, jenisnya Sinovac, kemudian vaksin Moderna untuk dosis ketiga nakes [tenaga kesehatan], dan vaksin Sinovac atau Astrazeneca untuk masyarakat yang lain. Hanya jumlahnya belum kami dapatkan,” kata dia, Selasa (3/8/2021).

Baca juga: Waduh, Masih Ada 20 Klaster Persebaran Covid-19 Aktif Di Boyolali

Khusus untuk sasaran difabel, dia mengatakan sebelumnya sudah pernah dilakukan untuk sebagian kalangan difabel. Dari sekitar 800 sasaran, masih ada sekitar 600 sasaran yang belum tervaksin.

Mendekatkan Pelayanan Melalui Puskesmas

Kemudian untuk pemberian vaksinasi bagi kalangan difabel, pihaknya akan menggelar dengan mendekatkan lokasi vaksinasi ke lokasi tempat tinggal sasaran.

“Kami akan coba dekatkan pelayanannya melalui Puskesmas. Sebab dari data sasaran tadi, itu tersebar di sejumlah kecamatan,” lanjut dia.

Untuk percepatan vaksinasi, selain dari Dinas Kesehatan, juga dilakukan oleh TNI dan Polri melalui program Serbuan Vaksin. Meskipun dalam hal itu juga bekerja sama dengan Puskesmas.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Dosis Ketiga untuk 4.000 Nakes Boyolali Rencana Agustus Ini

Pada pelaksanaannya, selain menggelar vaksinasi di tempat terpusat, juga dilakukan secara jemput bola. “Tenaga kesehatan di Polres juga membantu vaksinasi keliling di Polsek-polsek, bekerja sama dengan Puskesmas serta Koramil. Terutama membantu vaksinasi kedua,” kata dia belum lama ini.

Dia menjelaskan pada 26 Juni dilakukan vaksinasi serentak melalui program Serbuan Vaksin. Kegiatan tersebut digelar di masing-masing kecamatan di Boyolali. “Kemudian vaksinasi kedua kami lakukan salah satunya dengan jemput bola,” lanjut dia.

Namun di mengingatkan jika vaksinasi tidak bisa melindungi seseorang dari Covid-19 100%.

“Walau sudah divaksin, kemungkinan terpapar masih tetap ada. Jadi tetap patuhi protokol kesehatan. Gunakan dobel masker, jaga jarak, cuci tangan dan hidup bersih,” kata dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Anggota DPR: Kurang Anggaran Bikin Digitalisasi Buku Solo Tak Maksimal

Wakil Ketua Komisi X DPR Agustina Wilujeng menyebut digitalisasi buku di perpustakaan Solo tidak maksimal karena kurang anggaran.

BST Kemensos Disetop? Kadinsos Wonogiri: Tunggu Surat Resmi Saja!

Dinas Sosial Wonogiri masih menunggu surat keputusan resmi dari Kemensos terkait informasi mengenai penghentian BST dampak pandemi Covid-19.

320 Petani Milenial Klaten Diusulkan Ikut Pelatihan di Kementan

Pemkab Klaten mengusulkan ratusan petani milenial yang umurnya di bawah 40 tahun ikut pelatihan dari Kementerian Pertanian.

Apa Kabar Rencana Gedung RSUD Sukoharjo di Bekas Terminal Kartasura?

Saat pemerintahan Bupati Wardoyo Wijaya, lahan bekas Terminal Kartasura diproyeksikan untuk gedung unit II RSUD Ir Soekarno Sukoharjo.

Tak Sanggup, Pengelola Serahkan Rusunawa Begalon I ke Wali Kota Solo

Pengelola Rusunawa Begalon I Solo menyerahkan pengelolaan rusunawa tersebut ke Wali Kota Solo karena sudah tidak sanggup.

Populasi Kucing Jalanan Soloraya Naik saat Pandemi Corona, Mau Adopsi?

Pegiat komunitas pencinta kucing, Rudimeong, mengajak masyarakat untuk mengadopsi kucing jalanan ketimbang membeli.

Sebelum Terbakar, Pasar Janglot Sragen Pernah Hampir Direvitalisasi

Pasar Janglot, Tangen, Sragen, yang terbakar pada Sabtu malam hingga Minggu dini hari pernah hampir direvitalisasi beberapa tahun lalu.

Sudah Ada PJU, Warga Karangasem Sukoharjo Tak Perlu Takut Keluar Malam

Belasan lampu PJU bertenaga surya kini menerangi jalan Desa Karangasem, Kecamatan Bulu, Sukoharjo, bantuan dari Kementerian ESDM.

Pertandingan Pembuka Liga 2 di Stadion Manahan Solo Dijaga 350 Polisi

Pertandingan pembuka kejuaraan sepak bola Liga 2 di Stadion Manahan Solo, Minggu sore, dijaga ratusan aparat kepolisian.

Brankas Berisi Rp300 Juta Selamat dari Kebakaran Pasar Janglot Sragen

Brankas berisi uang Rp300 juta selamat dari kebakaran Pasar Janglot, Tangen, Sragen, yang menghanguskan puluhan kios dan los.

Unik! Ada Ormas Bernama Polokendho di Soloraya, Apa Saja Kegiatannya?

Organisasi kemasyarakatan atau ormas di Soloraya ini punya nama unik yakni Polokendho, anggotanya dari berbagai latar belakang profesi dan pekerjaan.

Innalillahi, Warga Solo Meninggal Mendadak Saat Piknik di Karangpandan

Warga Sangkrah, Solo, meninggal dunia secara mendadak saat hendak makan sambil menikmati pemandangan di Karangpandan, Karanganyar.

Polisi Ungkap Cara Pengedaran Upal Boyolali, Dijual hingga Modus Klenik

Pengedaran upal oleh komplotan yang tertangkap di Mojosongo, Boyolali, dilakukan dengan beberapa cara salah satunya modus klenik.

Penganut Hindu Klaten Minta Bangunan Tol Solo-Jogja Tak Tutupi Yoni

Penganut Hindu di Klaten meminta agar bangunan tol Solo-Jogja tak berada tempat di atas atau menutup yoni di tengah sawah Keprabon.

4 Jam Api Membara, Puluhan Los-Kios Pasar Janglot Sragen Jadi Arang

Kebakaran yang berlangsung selama empat jam menghanguskan puluhan los dan kios di Pasar Janglot, Kecamatan Tangen, Sragen.

Ada DPC PDIP di Jateng Dukung Ganjar, Ini Komentar Wawali Solo

Wawali Solo Teguh Prakoso yang juga Sekretaris DPC PDIP Solo menanggapi ihwal dukung mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.