Bola Panas Pernyataan Megawati Ogah Punya Mantu Tukang Bakso

Akun Twitter PKS @PKSejahtera, Kamis (23/6/2022), langsung memasang status yang bernada sindiran untuk Megawati yang ogah punya mantu tukang bakso.

 Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, dan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani dalam salah satu sesi rapat kerja nasional PDI Perjuangan di Jakarta, Kamis (23/6/2022). (Antaranews.com)

SOLOPOS.COM - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, dan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani dalam salah satu sesi rapat kerja nasional PDI Perjuangan di Jakarta, Kamis (23/6/2022). (Antaranews.com)

Solopos.com, JAKARTA – Pernyataan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri soal tidak mau punya menantu tukang bakso menjadi bola liar.

Perkataan Mega soal tukang bakso dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin (21/6/2022), itu mengundang komentar satir dari banyak kalangan, baik warganet maupun tokoh politik.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Akun Twitter PKS @PKSejahtera, Kamis (23/6/2022), langsung memasang status yang bernada sindiran untuk Megawati yang ogah punya mantu tukang bakso.

@PKSejahtera memuat gambar seporsi bakso dengan tulisan, “Saatnya menikmati bakso yang terhidang, semoga penjualnya laris dan mendapat berkah” disertai tagar #tukangbakso #pelayanrakyat.

Seorang dokter yang memiliki akun @berlianidris membuat satire yang sangat menohok. Ia membandingkan antara gurauan Megawati soal ogah punya mantu tukang bakso dengan titel 11 doktor honoris causa (HC) yang dimiliki putri Bung Karno tersebut.

Baca Juga: Bikin Heboh, Candaan Mega Dianggap Merendahkan Tukang Bakso dan Papua

“Tolong jangan dipelintir seolah Ibu Mega borjuis rasis yang merendahkan profesi tukang bakso dan warna kulit orang Papua. Sebagai guru besar Ketua Dewan Pengarah BRIN dengan 11 gelar doktor, ucapannya punya basis akademis yang bisa dipertanggungjawabkan. Bismillah Menkes,” cuit akun twitter Berlian.

Gegernya warga dunia maya dipicu pernyataan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat Rakernas II PDIP di Lenteng Agung, Senin (21/6/2022) yang menyinggung tidak mau mempunyai menantu tukang bakso.

Pidato lengkap ibu kandung Ketua DPR Puan Maharani itu diunggah di kanal Youtube PDI Perjuangan, Selasa (22/6/2022).

Baca Juga: Kisah anak tukang bakso Sleman keliling Swedia

“Ketika saya mau punya mantu, saya sudah bilang ke anak-anak yang tiga ini (anak-anak Megawati). Awas lho kalau nyarinya kayak tukang bakso,” kata Mega yang langsung disambut gelak tawa dari Puan dan kader PDIP, termasuk Presiden Jokowi.

“Mbak Puan ketawa. Karena, sorry, jadi bayangkan saya pikir kaya apa iki rupane [seperti apa ini wajahnya], maaf,” jelasnya.

Candaan Megawati soal tukang bakso itu menjadi kontroversi. Apalagi, bakso adalah makanan khas Indonesia yang bisa dijumpai di hampir semua tempat di Tanah Air.

Bisnis menulis, puluhan ribu tukang bakso tergabung dalam Asosiasi Pedagang Mie dan Bakso (Apmiso) Indonesia.

Baca Juga: Kisah Lucu Megawati Saat Merasa Diabaikan di TNI AL

Bakso tidak hanya identik dengan pedagang kecil tapi juga sudah merambah restoran dan hotel.

Sejumlah restoran bakso yang punya nama antara lain Bakso A Fung, Bakso Titoti, Bakso Jawir, Bakso Solo Samrat, Bakso Boedjangan.

Untuk urusan politik, para politisi atau menteri pernah berperan menjadi tukang bakso atau menemui pedagang bakso untuk urusan politik.

Tahun 2019, Menteri BUMN Erick Thohir pernah berperan sebagai tukang bakso dalam acara drama #prestasitanpakorupsi di SMKN 57 Jakarta.

Baca Juga: Nyeleneh! Spanduk Warung Pecel Lele Ini Isi Menunya Bakso

Menhan Prabowo Subianto yang juga Ketum Partai Gerindra pada Lebaran lalu saat bersilaturahim dengan Presiden Jokowi juga menyantap bakso.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan pernah menjamu Menteri BUMN Erick Thohir makan bakso di kantor DPP PAN di Jakarta.

Keluarga besar penguasa Orde Baru Soeharto punya bakso langganan bernama Bakso Cendana yang berada di halaman rumah tua milik Tommy Soeharto.

Tamu-tamu Pak Harto dulu sering disuguhi makanan bakso ini. Selama ini bakso dikenal berasal dari daerah Wonogiri atau Solo Jawa Tengah.

Tak heran jika sering ada label bakso Solo di warung atau restoran bakso. Solo dan Wonogiri addalah dua daerah yang dikenal sebagai kandang banteng atau lumbung suara PDIP.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Gelinding Bola Bakso Megawati

Sumber: Bisnis.com

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Lekukan Garis Pantai Jawa Tengah Hasil Pertemuan Sesar Mendatar

+ PLUS Lekukan Garis Pantai Jawa Tengah Hasil Pertemuan Sesar Mendatar

Garis Pantai Utara dan Selatan Jawa Tengah menyempit masuk lebih ke dalam membentuk lekukan (indentasi) dibandingkan dengan garis Pantai Utara dan Selatan Jawa Barat dan Jawa Timur diduga merupakan hasil pertemuan sepasang sesar mendatar besar yang saling berlawanan arah.

Berita Terkini

Diundang Jokowi ke KTT G20, Presiden Ukraina Tak Jamin Bisa Hadir

Presiden Zelenskyy tidak bisa menjamin bisa hadir atau tidak karena harus menyesuaikan kondisi di negaranya.  

Seusai Bertemu Jokowi, Putin Janji Takkan Ganggu Ekspor Ukraina

Melunaknya Presiden Putin itu setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam suasana yang hangat di Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022).

AS Tuding Putin Masih Bernafsu Kuasai Ukraina, Perang Bakal Lama

Amerika Serikat menuding Presiden Rusia Vladimir Putin masih ingin merebut sebagian besar wilayah Ukraina.

Order Anjlok 30%, Ratusan Karyawan Sepatu Nike Kehilangan Pekerjaan

Perusahaan sepatu Nike yang berada di Tangerang, Banten memberhentikan ratusan pekerja karena terus mengalami penurunan order hingga 30%.

Berlangsung Hangat, Ini Hasil Pertemuan Presiden Jokowi-Putin

Putin menyanggupi untuk memberikan jaminan keamanan pasokan pangan dan pupuk baik dari Rusia maupun dari Ukraina untuk negara-negara berkembang, t

Kasus PMK Tinggi, PMI Grobogan Ajari Peternak Buat Eco Enzyme

Kasus penyakit mulut dan kuku di Grobogan mengundang kepedulian PMI Grobogan untuk mengajari peternak membuat Eco Enzyme.

Dipuji Zelenskyy, Jokowi Pemimpin Asia Pertama yang ke Ukraina

Zelenskyy mengapresiasi kedatangan Jokowi dan berharap konflik Rusia-Ukraina segera berakhir.

Duh, Ratusan Karyawan Sepatu Nike Kehilangan Pekerjaan

Sebanyak 297 karyawan sepatu Nike kehilangan pekerjaan setelah masa percobaan mereka tidak diperpanjang.

Banjir Ban dari China Ancam PHK Massal di Tanah Air

Ribuan pekerja terancam terkena PHK lantaran membeludaknya produk impor ban dari China.

Menjauh dari Kebangkrutan, Garuda Indonesia Juni 2022 Laba Rp119,2 M

Kinerja PT Garuda Indonesia membaik  dan pada Juni 2022 mencatatkan laba Rp119,2 miliar.

Kuliah Umum PSHE FH UKSW Bahas Peluang dan Tantangan G20

Kuliah umum FH UKSW ini menghadirkan Duta Besar Indonesia untuk Austria Dr. (iur). Damos Dumoli Agusman, S.H., M.A. sebagai narasumber tunggal.

Indonesia Resmi Punya 37 Provinsi Baru, Ini 3 Provinsi Barunya

Indonesia resmi memiliki 37 provinsi setelah DPR RI mengesahkan Rancangan Undang-undang (RUU) terkait tiga provinsi baru Papua atau daerah otonomi baru (DOB) Papua.

Ini 5 Kelompok Pelanggan PLN yang Terdampak Kenaikan Tarif Listrik

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyatakan kenaikan tarif listrik ini akan berdampak pada 2,09 juta dari total 83,1 juta pelanggan PLN.

Jalan Tersendat Gugatan Investasi Tabung Tanah

Asfa Davy Bya, pengacara Sri Sukarsi dan Marsiti, Kamis (30/6/2022), menyatakan perkara tabung tanah tersebut belum selesai.

Kenaikan Tarif Listrik Jumat Besok Hanya Berdampak pada Orang Kaya

Tarif listrik yang naik adalah untuk pelanggan berdaya 3.500 VA ke atas yang jumlahnya hanya 2,5 persen dari total pelanggan PLN. 

3 Robot R2C Karya Mahasiswa UKSW Melenggang ke KRI Tingkat Nasional

Rektor UKSW Neil Semuel Rupidara, S.E., M.Sc., Ph.D., mengatakan dengan lolosnya 3 robot R2C ke KRI tingkat nasional adalah hasil baik yang harus diapresiasi dan disyukuri.