Bola Panas Pernyataan Megawati Ogah Punya Mantu Tukang Bakso

Akun Twitter PKS @PKSejahtera, Kamis (23/6/2022), langsung memasang status yang bernada sindiran untuk Megawati yang ogah punya mantu tukang bakso.

 Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, dan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani dalam salah satu sesi rapat kerja nasional PDI Perjuangan di Jakarta, Kamis (23/6/2022). (Antaranews.com)

SOLOPOS.COM - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, dan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani dalam salah satu sesi rapat kerja nasional PDI Perjuangan di Jakarta, Kamis (23/6/2022). (Antaranews.com)

Solopos.com, JAKARTA – Pernyataan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri soal tidak mau punya menantu tukang bakso menjadi bola liar.

Perkataan Mega soal tukang bakso dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin (21/6/2022), itu mengundang komentar satir dari banyak kalangan, baik warganet maupun tokoh politik.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Akun Twitter PKS @PKSejahtera, Kamis (23/6/2022), langsung memasang status yang bernada sindiran untuk Megawati yang ogah punya mantu tukang bakso.

@PKSejahtera memuat gambar seporsi bakso dengan tulisan, “Saatnya menikmati bakso yang terhidang, semoga penjualnya laris dan mendapat berkah” disertai tagar #tukangbakso #pelayanrakyat.

Seorang dokter yang memiliki akun @berlianidris membuat satire yang sangat menohok. Ia membandingkan antara gurauan Megawati soal ogah punya mantu tukang bakso dengan titel 11 doktor honoris causa (HC) yang dimiliki putri Bung Karno tersebut.

Baca Juga: Bikin Heboh, Candaan Mega Dianggap Merendahkan Tukang Bakso dan Papua

“Tolong jangan dipelintir seolah Ibu Mega borjuis rasis yang merendahkan profesi tukang bakso dan warna kulit orang Papua. Sebagai guru besar Ketua Dewan Pengarah BRIN dengan 11 gelar doktor, ucapannya punya basis akademis yang bisa dipertanggungjawabkan. Bismillah Menkes,” cuit akun twitter Berlian.

Gegernya warga dunia maya dipicu pernyataan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat Rakernas II PDIP di Lenteng Agung, Senin (21/6/2022) yang menyinggung tidak mau mempunyai menantu tukang bakso.

Pidato lengkap ibu kandung Ketua DPR Puan Maharani itu diunggah di kanal Youtube PDI Perjuangan, Selasa (22/6/2022).

Baca Juga: Kisah anak tukang bakso Sleman keliling Swedia

“Ketika saya mau punya mantu, saya sudah bilang ke anak-anak yang tiga ini (anak-anak Megawati). Awas lho kalau nyarinya kayak tukang bakso,” kata Mega yang langsung disambut gelak tawa dari Puan dan kader PDIP, termasuk Presiden Jokowi.

“Mbak Puan ketawa. Karena, sorry, jadi bayangkan saya pikir kaya apa iki rupane [seperti apa ini wajahnya], maaf,” jelasnya.

Candaan Megawati soal tukang bakso itu menjadi kontroversi. Apalagi, bakso adalah makanan khas Indonesia yang bisa dijumpai di hampir semua tempat di Tanah Air.

Bisnis menulis, puluhan ribu tukang bakso tergabung dalam Asosiasi Pedagang Mie dan Bakso (Apmiso) Indonesia.

Baca Juga: Kisah Lucu Megawati Saat Merasa Diabaikan di TNI AL

Bakso tidak hanya identik dengan pedagang kecil tapi juga sudah merambah restoran dan hotel.

Sejumlah restoran bakso yang punya nama antara lain Bakso A Fung, Bakso Titoti, Bakso Jawir, Bakso Solo Samrat, Bakso Boedjangan.

Untuk urusan politik, para politisi atau menteri pernah berperan menjadi tukang bakso atau menemui pedagang bakso untuk urusan politik.

Tahun 2019, Menteri BUMN Erick Thohir pernah berperan sebagai tukang bakso dalam acara drama #prestasitanpakorupsi di SMKN 57 Jakarta.

Baca Juga: Nyeleneh! Spanduk Warung Pecel Lele Ini Isi Menunya Bakso

Menhan Prabowo Subianto yang juga Ketum Partai Gerindra pada Lebaran lalu saat bersilaturahim dengan Presiden Jokowi juga menyantap bakso.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan pernah menjamu Menteri BUMN Erick Thohir makan bakso di kantor DPP PAN di Jakarta.

Keluarga besar penguasa Orde Baru Soeharto punya bakso langganan bernama Bakso Cendana yang berada di halaman rumah tua milik Tommy Soeharto.

Tamu-tamu Pak Harto dulu sering disuguhi makanan bakso ini. Selama ini bakso dikenal berasal dari daerah Wonogiri atau Solo Jawa Tengah.

Tak heran jika sering ada label bakso Solo di warung atau restoran bakso. Solo dan Wonogiri addalah dua daerah yang dikenal sebagai kandang banteng atau lumbung suara PDIP.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Gelinding Bola Bakso Megawati

Sumber: Bisnis.com

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Teknologi Biogas Untuk Selamatkan Air Terjun Ponogoro dari Kotoran Sapi

+ PLUS Teknologi Biogas Untuk Selamatkan Air Terjun Ponogoro dari Kotoran Sapi

Penggunaan teknologi biogas bisa membantu menyelamatkan Objek Wisata Air Terjun Pletuk di Dusun Jurug, Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo, yang sepi pengunjung karena tercemar limbah kotoran sapi.

Berita Terkini

Praktik Baik SDGs Desa Butuh Inovasi dan Kreativitas

Praktik baik implementasi Tujuan Pembangunan Desa Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) Desa membutuhkan inisiatif, inovasi, kreativitas, dan kepeloporam dengan model berpikir yang tidak biasa atau out of the box.

Mangrove untuk Kesejahteraan dan Mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Pelindungan mangrove sebagai ekosistem blue carbon tidak hanya mengurangi emisi dan peningkatan simpanan carbon benefit, tetapi juga memberi manfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

Stabilisasi Harga Migor, Luhut Minta Program MinyaKita Dipercepat

Pemerintah menjanjikan kompensasi bagi pengusaha yang terlibat dalam program minyak goreng kemasan rakyat atau MinyaKita yakni berupa kuota ekspor Crude Palm Oil (CPO).

Polisi Temukan 36 Kg Kokain di Pantai, Pemilik Diburu

Polres Anambas, Polda Kepulauan Riau, mengamankan 36 kilogram narkotika golongan satu jenis kokain yang terdampar di Pantai Tunjuk.

Dituding Gelapkan Mobil Rental, Yusuf Mansur Pernah Berkata Ini

Menurut Lestari, Yusuf Mansur yang belum menjadi ustaz menggadaikan mobil kepada dirinya yang ternyata mobil rental.

Yusuf Mansur Janji Bayar Gaji Karyawan Paytren, Diberi Waktu 2 Pekan

Yusuf Mansur baru akan mulai mencicil gaji karyawan Paytren itu per April 2023 mendatang.

FP UNS Resmikan Laboratorium Pertanian Terpadu di Jatiyoso Karanganyar

Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS) meresmikan Laboratorium Pertanian Terpadu di Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar.

Mantan Penyidik KPK Dianugerahi Hoegeng Awards 2022

Mantan penyidik di KPK yang kini menjadi Kapolda Lampung Irjen Pol. Akhmad Wiyagus menerima penghargaan Polisi Berintegrasi Hoegeng Awards 2022.

Cerita Yusuf Mansur Dilaporkan ke Mabes Polri lalu Kembalikan Uang

Pada tahun 2017, Yusuf Mansur pernah dilaporkan ke Mabes Polri atas tuduhan menggelapkan dana investor proyek Condotel Moyavidi di Sleman.

Pengunjung Karaoke Ayu Ting Ting Meninggal, Pemasok Miras Ditangkap

Kepolisian Resor Bengkulu menangkap seseorang yang diduga memasok minuman keras oplosan ke Karaoke Ayu Ting Ting.

Jadi Paru-Paru Dunia, Mangrove Juga Jamin Food Security Warga Pesisir

Upaya perlindungan mangrove sebagai ekosistem blue carbon tidak hanya mampu mengurangi emisi dan peningkatan simpanan carbon benefit tetapi juga memberi manfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

UT Surakarta Ajak Guru Ikut Jadi Guru Penggerak, Ini Manfaatnya

UT Surakarta mengajak para guru menjadi guru penggerak karena dapat meningkatkan kompetensi sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid.

Gedung Sekolah Tanpa IMB Runtuh, 1 Pekerja Meninggal Dunia

Gedung sekolah yang runtuh itu berada di Jalan Sematang Borang, Lorong Lumban Meranti, Kecamatan Sako, Palembang.

Kelas Rawat Inap Standar Atas Diuji Coba, Iuran BPJS Tak Naik

Iuran BPJS Kesehatan tidak naik kendati BPJS sudah melakukan uji coba sistem kelas rawat inap standar (KRIS) atas pada 1 Juli 2022 lalu.

Sosialisasi PeduliLindungi Minyak Goreng Diperpanjang hingga 3 Bulan

Alasan memperpanjang sosialisasi karena saat ini masih banyak pengecer yang belum mengunduh QR Code Peduli Lindungi.