BNPB Pilih Lahan Perhutani untuk Relokasi Warga Terdampak Erupsi Semeru

BNPB menyebut warga terdampak erupsi Gunung Semeru akan direlokasi ke lahan Perhutani, tetapi menunggu izin lahan.

 Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi lokasi pengungsian erupsi Gunung Semeru di Desa Sumberluwuh Kabupaten Lumajang Jawa Timur, Selasa (7/12/2021). (Liputan6.com)

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi lokasi pengungsian erupsi Gunung Semeru di Desa Sumberluwuh Kabupaten Lumajang Jawa Timur, Selasa (7/12/2021). (Liputan6.com)

Solopos.com, JAKARTA — Warga terdampak erupsi Gunung Semeru akan direlokasi ke lahan Perhutani.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suharyanto, menyampaikan sudah melapor kepada Presiden Joko Widodo perihal penggunaan lahan Perhutani untuk merelokasi warga terdampak erupsi Gunung Semeru.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Baca Juga : Bupati Lumajang Sebut Korban Erupsi Gunung Semeru Butuh Bantuan Ini

Salah satu hal yang dibicarakan Suharyanto kepada Persiden terkait izin menggunakan lahan tersebut untuk membangun rumah baru bagi pada pengungsi. “Terkait relokasi, Bapak Bupati sudah menunjuk beberapa tempat. Dan kami sudah lapor Pak Presiden untuk mendapatkan izin Perhutani terkait lahan itu,” kata Suharyanto seperti dilansir Liputan6.com, Senin (13/12/2021).

Suharyanto menyampaikan kesiapan BNPB membantu proses pembangunan rumah baru korban erupsi Semeru. “Untuk rumah yang rusak berat dapat bantuan Rp50 juta. Rumah rusak sedang Rp25 juta. Rumah yang sudah tidak bisa ditempati lagi dibangunkan di lahan baru untuk relokasi,” ujar Suharyanto.

Baca Juga : Sungai Meluap Rendam Ratusan Rumah di Karawang Jabar

Selain itu, pemerintah menyiapkan anggaran untuk pengungsi yang akan direlokasi. Dia menyebut pengungsi mendapatkan dana tunggu setiap bulan selama enam bulan. Nilai dana tunggu menyesuaikan kondisi rumah terdampak erupsi Gunung Semeru.

“Apabila lahan sudah siap, kami akan bantu pembangunan. Selama menunggu, pengungsi mendapat dana tunggu selama enam bulan,” tutur dia.

Baca Juga : Siapa Juru Kunci Gunung Lawu?

Sementara itu, Ketua Komisi VIII DPR RI, Yandri Susanto, meminta pemerintah mempercepat relokasi korban erupsi Gunung Semeru. Yandri menyampaikan itu saat rapat kerja (Raker) Komisi VIII bersama BNPB.

“Mereka trauma berat dan tidak mau lagi untuk kembali ke rumah mereka semula,” kata Yandri di Kompleks Parlemen Senayan, Senin.

Sumber: liputan6.com

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Lokadrama ”Lara Ati” dengan Spirit Ludruk yang Egaliter

      + PLUS Lokadrama ”Lara Ati” dengan Spirit Ludruk yang Egaliter

      Lokadrama berjudul Lara Ati, drama berbasis budaya Jawa khas Kota Surabaya, mulai ditayangkan stasiun televisi SCTV pada 15 Agustus 2022. Lokadrama menggabungkan nilai-nilai budaya lokal dengan nilai-nilai universal.

      Berita Terkini

      Putri Sambo Bisa Dijerat Pasal Pembunuhan Berencana dan Laporan Palsu

      Putri Sambo bahkan terancam dengan pasal berlapis mulai dari pembunuhan berencana, penyuapan, hingga laporan palsu.

      Kebakaran Indekos di Tambora Jakarta Barat, 6 Orang Meninggal

      Peristiwa kebakaran indekos di Kelurahan Duri Selatan, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat pada Rabu (17/8/2022) mengakibatkan enam orang meninggal dan tiga orang lain mengalami luka bakar.

      4 Kali Singgung Kasus Ferdy Sambo, Ternyata Ini Alasan Jokowi

      Ternyata ini alasan Presiden Jokowi sampai empat kali menyinggung kasus Ferdy Sambo yang diduga melakukan pembunuhan rencana terhadap Brigadir J.

      Kapolda Metro Jaya Fadil Imran Trending di Twitter, Kenapa?

      Nama Fadil Imran selaku Kapolda Metro Jaya trending di Twitter dengan cuitan netizen yang mendesaknya untuk diperiksa terkait kasus Ferdy Sambo.

      Kejar Yusuf Mansur, Karyawan Paytren Mengadu ke Disnaker Bandung

      Kuasa hukum 14 karyawan Paytren, Zaini Mustofa, mengadukan Yusuf Mansur ke Disnaker Bandung pada Kamis (11/8/2022) lalu.

      Surya Darmadi sudah Ditahan, Siapa Lagi Buron Kasus Korupsi?

      Tersangka kasus dugaan korupsi penguasaan lahan sawit dan pencucian uang, Surya Darmadi, sempat masuk DPO sebelum akhirnya memehuhi panggilan Kejagung.

      Pengacara: Brigadir J Meninggal Kok Rekeningnya Masih Bisa Transaksi

      Rekening almarhum Brigadir J dan beberapa ajudan lainnya diduga dipakai oleh kelompok Ferdy Sambo untuk transaksi haram mafia judi dan narkoba.

      Sosok Fatmawati Ibu yang Melahirkan Megawati Soekarnoputri

      Sosok ibu yang melahirkan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Fatmawati, dikenal karena jasanya menjahit bendera Merah Putih saat persiapan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

      LSI Denny JA Sebut Airlangga Sosok Capres Kuat dari KIB, Ini Alasannya

      Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto disebut merupakan sosok calon presiden kuat dari salah satu poros koalisi.

      3 Alasan Diadakannya Upacara Penurunan Bendera 17 Agustus

      Ternyata ini tiga alasan diadakannya Upacara Penurunan Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati HUT RI pada 17 Agustus.

      KPK Tindaklanjuti Laporan Dugaan Suap Irjen Ferdy Sambo kepada LPSK

      KPK akan menindaklanjuti laporan dugaan suap yang diduga dilakukan mantan Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo.

      Dangdut Koplo Menggema dari Kalangan Bawah hingga Menembus Istana

      Mengundang kontroversi di awal kemunculannya, dangdut koplo yang sebelumlnya populer di kalangan masyarakat bawah menjelma sebagai musik populer yang menembus kasta. Bahkan, gaung dangdut koplo mampu menembus kokohnya tembok Istana Merdeka, Jakarta.

      KPK Kembali Tangkap Eks Wali Kota Cimahi Seusai Bebas dari LP

      KPK menangkap Ajay setelah dia bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

      Pengganti Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo akan Dilantik di IKN

      Pihak istana mengisyaratkan Presiden Jokowi akan melantik Menteri PAN RB sebagai pengganti Tjahjo Kumolo di IKN pekan depan atau sebelum akhir Agustus.

      Kenapa Ada Upacara Penurunan Bendera 17 Agustus? Ternyata Ini Alasannya

      Kenapa terdapat Upacara Penurunan Bendera Merah Putih saat peringatan HUT RI pada 17 Agustus? Ternyata ini alasannya.