Blusukan ke Kelurahan Bumi Laweyan Solo, Selvi Ananda Dapati Wajahnya Dilukis

Ketua TP PKK Kota Solo, Selvi Ananda, mendapati wajahnya dilukis oleh seorang warga lansia saat blusukan ke Kelurahan Bumi, Laweyan, Solo, Kamis (24/11/2022).

 Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Solo Selvi Ananda meninjau kegiatan kelompok Keluarga Bina Lansia di Kelurahan Bumi, Kecamatan Laweyan, Solo, Minggu (24/11/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

SOLOPOS.COM - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Solo Selvi Ananda meninjau kegiatan kelompok Keluarga Bina Lansia di Kelurahan Bumi, Kecamatan Laweyan, Solo, Minggu (24/11/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Solo Selvi Ananda mendapati wajahnya sedang dilukis oleh seorang warga lanjut usia atau lansia saat blusukan ke Kelurahan Bumi, Laweyan, Solo, Kamis (24/11/2022).

Selvi mendatangi kelurahan itu untuk meresmikan Program Kampung Keluarga Berencana (KB). Kelurahan Bumi, Kecamatan Laweyan, menjadi salah satu kelurahan padat penduduk di Kota Solo.

PromosiTokopedia Card Jadi Kartu Kredit Terbaik Versi The Asian Banker Awards 2022

Pemkot Solo berupaya meningkatkan kualitas hidup warga Bumi dengan meresmikan kampung KB, Kamis (24/11/2022). Kelompok Bina Keluarga Lansia (BKL) Kelurahan Bumi yang dibentuk sudah menunjukkan kegiatan produktif.

Salah satunya dengan membuat lukisan. Seperti yang dilakukan Suwarto, 71, salah satu warga lansia di Kelurahan Bumi yang melukis sketsa wajah Ketua TP PKK Solo Selvi Ananda saat ibunda Jan Ethes Srinarendra tersebut blusukan ke wilayah tersebut.

“Bagus ya apalagi dari bina lansia menggambar dengan kegiatan produktif. Kegiatan seperti ini di keluarga bina lansia dibutuhkan supaya lansia tetap sehat dan aktif,” kata Selvi setelah melihat lukisan karya warga lansia tersebut.

Baca Juga: Resmikan Kampung KB Kedunglumbu Solo, Selvi Ananda Cek Dapur Sehat Stunting

Dia menjelaskan biasanya BKL memiliki berbagai kegiatan bersama, antara lain senam dan cek kesehatan rutin. Warga yang melukis wajah Selvi, Suwarto, mengaku melakukan kegiatan lukis sejak tiga tahun lalu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Solo, Purwanti, mengatakan tingkat kepadatan penduduk Kelurahan Bumi melebihi tingkat kepadatan penduduk Kota Solo yang sekitar 13.000 jiwa/kilometer persegi.

27 Kampung KB

“[Tingkat kepadatan penduduk] 17.000 [per km persegi] penduduk itu padat sekali. Tingkat kepadatan Kota Solo 13.000 [per km persegi] saja sudah terpadat di Jawa Tengah,” katanya seusai peresmian Kampung KB Berkualitas Sumi Semarak di Kelurahan Bumi, Selasa.

Baca Juga: Keluarga Presiden Siapkan Pakaian Khusus untuk Acara Pernikahan Kaesang-Erina

Dia mengatakan angka kepadatan penduduk yang tinggi menjadi salah satu pendorong dibentuknya kampung KB. Sejumlah program pengembangan kampung keluarga berkualitas, yakni aspek kependudukan, aspek keluarga berencana, aspek ketahanan keluarga, dan aspek kesejahteraan.

Sejumlah program itu dijalankan melalui Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), dan BKL yang telah terbentuk. Kota Solo kini telah memiliki 27 kampung KB. Lima kampung KB yang diresmikan tahun ini.

Masing-masing kampung KB itu berada di Jagalan, Purwodiningratan, Kedung Lumbu, Punggawan, dan Kelurahan Bumi. Berdasarkan pantauan Solopos.com, Selvi meninjau kegiatan BKB, BKR, dan BKL yang telah dibentuk.

Baca Juga: Wali Kota Solo Gibran Pamer Hobi Main Basket, Selvi Ananda Lebih Suka Renang

Berdasarkan Kecamatan Laweyan dalam Angka 2022 yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Solo, persentase penduduk Kelurahan Bumi hanya 6,17 persen dari populasi Kecamatan Laweyan. Namun Kelurahan Bumi menjadi paling padat di kecamatan tersebut dengan kepadatan penduduk 17.753,5 jiwa per km persegi.

Jumlah penduduk Kelurahan Bumi sebenarnya hanya 6.338 jiwa yang terdiri atas 3.129 laki-laki dan 3.209 perempuan. Sedangkan luas wilayahnya berdasarkan data BPS yakni 0,36 km persegi.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Batuan Purba Sepanjang 100 Meter di Bayat Klaten Ini Bernama Watu Sepur

      Wisata Watu Sepur di Klaten menyuguhkan pemandangan deretan bebatuan purba yang mirip dengan ombak sepanjang 100 meter.

      Tidak Kuat, Presiden Jokowi Gendong Kaesang secara Simbolis seusai Siraman 

      Seluruh prosesi siraman jelang pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Sumber, Banjarsari, Solo, Jumat (9/12/2022), berlangsung lancar.

      Selain Parang, Batik Motif Slobog juga Wajib Dihindari Tamu Pernikahan Kaesang

      Selain parang/lereng, ada motif batik lain yang wajib dihindari untuk dikenakana oleh tamu acara pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono, yaitu motif slobog.

      Korsleting, 1 Rumah di Permukiman Padat Penduduk Delanggu Klaten Terbakar

      Diduga akibat korsleting, satu rumah di tengah permukiman Dukuh Sanggrahan, Desa Sabrang, Kecamatan Delanggu terbakar, Jumat (9/12/2022) dini hari.

      Solopos Hari Ini: Pesta Raya Demokrasi di Desa

      Pemilihan kepala desa (pilkades) di Sukoharjo menjadi pesta rakyat dan dirayakan dengan cara yang khas.

      Presiden Jokowi Ungkap Momen Iriana hingga Bobby Menangis saat Siraman Kaesang

      Presiden Jokowi mengungkapkan momen Kaesang Pangarep, Ibu Negara Iriana, dan Bobby Nasution menangis saat acara siraman jelang pernikahan Kaesang di Sumber, Solo, Jumat (9/12/2022).

      Kalahkan Solo, Penurunan Kemiskinan di Sragen 2022 Tertinggi Kedua di Soloraya

      Persentase penurunan kemiskinan di Sragen tahun ini menjadi yang tertinggi kedua di Soloraya. Bahkan, dibandingkan persentase penurunan kemiskinan rata-rata di Jateng, Sragen masih lebih tinggi.

      Belum Nyerah! Tuntas Subagyo Yakin PKR bakal Berlaga di Pemilu 2024

      Ketua Umum Partai Kedaulatan Rakyat (PKR), Tuntas Subagyo, optimistis partainya bakal lolos dan bisa berlaga di Pemilu 2024.

      Bermodal Rp500.000, Mantan KPM PKH di Sragen Kini Miliki 3 Warung Mi Ayam

      Juragan mi ayam dengan label warung Pak Ndut itu menyatakan keluar dari keluarga penerima manfaat (KPM) PKH tahun lalu dan kini sukses dengan memiliki tiga warung mi ayam di wilayah Masaran.

      Janur Kuning Melengkung dan Kembar Mayang dalam Pernikahan Adat Jawa

      Puluhan janur kuning melengkung mulai dipasang menjelang pernikahan adat Jawa, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Minggu (11/12/2022), selain janur kuning, kembar mayang juga ikut dipasang.

      Realisasi Pendapatan Pajak 2022 di Sukoharjo Naik 16,91%

      Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Sukoharjo Richard Tri Handoko menyebut capaian realisasi pajak daerah sampai dengan (30/11/2022) naik 16,91%.

      Bakesbangpol Karanganyar Gelar Penguatan Kerukunan Beragama, Ini Tujuannya

      Pertemuan bertujuan merawat kerukunan umat beragama dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan serta stabilitas negara.

      Ribuan Sukarelawan Jokowi akan Pakai Tanda Pengenal di Pernikahan Kaesang

      Saat ini terdata 13.000 orang lebih [sukarelawan] yang akan datang dan seluruhnya akan diberi tanda pengenal.

      Menang Lawan Petahana, Cakades Terpilih di Wonogiri Akan Rangkul Lawan

      Aris Wahyu Suryanto, mengatakan setelah dinyatakan terpilih dan mengalahkan cakades petahana nomor urut 2, Margono, akan berupaya membangun hubungan baik dengan pihak lawan

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 9 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Jumat (9/12/2022), bisa disimak pada artikel ini.