Bisa Menular dari Kuda, Kenali Gejala Virus Hendra pada Manusia

Bisa menular dari kuda, sebaiknya kenali gejala virus Hendra pada manusia.

 Ilustrasi merawat kuda. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi merawat kuda. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Bisa menular dari kuda, sebaiknya kenali gejala virus Hendra pada manusia. Inang alami virus telah diidentifikasi sebagai kelelawar buah dari Famili Pteropodidae, genus Pteropus.

Dikutip dari laman WHO, Kamis (19/5/2022), infeksi virus Hendra (HeV) adalah zoonosis (penyakit yang dapat ditularkan ke manusia dari hewan) yang jarang muncul yang menyebabkan penyakit parah dan seringkali fatal pada kuda dan manusia yang terinfeksi.

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

Sebelum mengetahui gejala saat terinfeksi virus Hendra, kenali terlebih dulu asal muasal penyakit ini. HeV diidentifikasi selama wabah penyakit pertama yang tercatat di pinggiran kota Brisbane, Hendra, Australia, pada tahun 1994. Wabah tersebut melibatkan 21 kuda pacu yang dikandangkan dan dua kasus pada manusia. Pada Juli 2016, 53 insiden penyakit yang melibatkan lebih dari 70 kuda telah dilaporkan.

Baca Juga: Apa itu Virus Hendra? Ini Penjelasannya

Semua insiden ini hanya terjadi di pantai timur laut Australia. Sebanyak tujuh manusia telah tertular virus Hendra dari kuda yang terinfeksi, terutama melalui kontak dekat selama perawatan atau nekropsi kuda yang sakit atau mati.

Dikutip dari laman Balai Besar Karantina Pertanian Tanjung Priok, Kamis, pada kuda, masa inkubasi virus Hendra diperkirakan 5-16 hari. Masa inkubasi pada percobaan terhadap kucing yang terinfeksi adalah 4-8 hari. Pada kuda muncul gejala klinis yang ditunjukkan oleh dua sindrom yaitu, ditandai oleh penyakit pernapasan dan kelainan saraf. Sebagian besar kasus yang diketahui bersifat parah dan akut, serta menimbulkan kematian dalam beberapa hari. Namun, juga dilaporkan kasus ringan pada kuda hingga penyembuhan.

Baca Juga: Virus Hendra Berpotensi Merebak di Indonesia? Ini Penjelasannya

Pada manusia gejala terserang virus Hendra akan muncul 5-12 hari setelah terinfeksi. Gejala yang muncul seperti influensa dan encephalitis. Selain itu juga pernah dilaporkan gejala klinis yang muncul pada manusia berupa demam, myalgia, dan gangguan pernapasan. Orang terinfeksi karena kontak dengan kuda terinfeksi dapat sembuh sebelum penyakit berkembang sampai muncul gejala encephalitis yang bersifat fatal.

Pencegahan masuknya wabah virus Hendra ke Indonesia telah dilakukan dengan pelarangan importasi kuda dan produk turunannya dari daerah endemis yaitu Australia. Selain itu, budaya mengkonsumsi kelelawarpun harus dihilangkan karena dari hasil penelitian ditemukan kelelawar yang positif secara serologis terhadap infeksi virus Hendra.

Baca Juga: Pemanasan Global Meningkatkan Risiko Penularan Virus Lintas Spesies

Perawatan suportif intensif disediakan, dan penggunaan antibodi monoklonal sedang diselidiki. Ada vaksin hewan Hendra yang terdaftar dan vaksinasi diakui sebagai cara yang efektif untuk mengurangi risiko kuda terinfeksi dan untuk mengurangi kemungkinan terpajan pada manusia.

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Membayar Utang atau Sedekah, Mana yang Didahulukan?

Ada kalanya kita dihadapkan pada pilihan apakah melaksanakan sedekah terlebih dahulu atau menunaikan kewajiban membayar utang.

Fenomena Langka Lima Planet Sejajar 24 Juni, Muncul Lagi 2041

Pada 3 hingga 24 Juni 2022, para pencinta astronomi disuguhi fenomena langka lima planet sejajar yang kemungkinan baru muncul lagi pada 2041.

Viral Pemotor Kena Tilang di Jalan Sawah Sepi, Siapa yang Lihat?

Kisah unik tentang seorang pemotor yang kena tilang akibat melintas di jalanan sawah yang sepi tanpa helm.

Begini Cara Mencegah Ulkus Dekubitus Seperti Diidap Rima Melati

Sebelum mengetahui cara mencegah, ketahui terlebih dulu pengertian ulkus dekubitus.

Mengenal Ulkus Dekubitus seperti Diidap Artis Senior Rima Melati

Sebelum mengembuskan napas terakhir, diketahui Rima Melati menjalani perawatan intensif di ruang ICU rumah sakit karena menderita ulkus dekubitus.

Sayang Dilewatkan, Inilah Amalan-Amalan di Bulan Dzulhijjah

Banyak keutamaan di bulan yang dikenal sebagai bulan berkurban tersebut, salah satunya segala amalan yang dilakukan di bulan Dzulhijjah akan dilipatgandakan pahalanya.

Suntik Putih Bikin Penyakit Autoimun Seperti Pengakuan Video Viral?

Sebuah video viral lantaran seorang wanita menyebut suntik putih bikin dirinya mengalami gejala autoimun.

Bikini Atoll, Lokasi Uji Coba Bom Atom Inspirasi Bikini Bottom

Pada 1 Maret 1954, Amerika Serikat menguji coba hulu ledak nuklri, Castle Bravo di Bikini Atoll, Kepulauan Marshall, yang dikatakan lebih dari 1.000 kali lipat bom Hiroshima, Jepang pada 1945, yang konon menginspirasi keberadaan Bikini Bottom, kota fiktif tempat tinggal tokoh kartun SpongeBob.

Kenali Manfaat Yoga untuk Pasien Sakit Ginjal Kronis

Sebuah studi kecil dan acak baru-baru ini menunjukkan manfaat yoga bagi pasien dengan penyakit ginjal kronis.

Arti Mimpi Tersesat Menurut Primbon Jawa, Apakah Pertanda Buruk?

Tak jarang kita mengartikan mimpi tersesat di suatu tempat tak dikenal sebagai pertanda buruk, benarkah demikian?

Produk Dikenal Luas, Siapakah Pendiri Pabrik Sandal Swallow?

Berkat tangan dingin pendiri pabrik Sandal Swallow maka produk ini sekarang dikenal luas masyarakat.

Dikenal Banyak Orang, Begini Sejarah Sandal Swallow

Sedangkan dalam sejarah produk Sandal Swallow terjadi penambahan variasi model.

Segudang Manfaat Asuransi Perjalanan, Jamin Liburan Makin Nyaman!

Walaupun sering kali dianggap remeh dan tidak dibutuhkan, asuransi perjalanan memiliki segudang manfaat yang mampu membuat aktivitas liburan lebih aman dan nyaman.

Masuk Islam, Lee Minho Nikahi Wanita Batang Maharnya Berlian-Apartemen

Kisah unik kali ini tentang pernikahan viral antara Lee Minho dengan seorang wanita asal Batang, Jawa Tengah.

Bolehkah Berkurban untuk Orang yang Sudah Meninggal? Ini Penjelasannya

Sebentar lagi akan bertemu bulan Dzulhijjah yang berarti muslim akan bertemu dengan hari raya kedua umat Islam yaitu Iduladha.

Arti Mimpi Bertemu Orang Sudah Meninggal, Pertanda Minta Didoakan?

Saat mendapatkan mimpi bertemu orang yang sudah meninggal dunia, tak jarang hal itu diartikan mereka minta didoakan.