SOLOPOS.COM - Ilustrasi kekeringan akibat perubahan iklim. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Para ilmuwan sekarang percaya bahwa perubahan iklim yang didorong oleh pemanasan global akan secara signifikan meningkatkan risiko penularan virus lintas spesies dalam beberapa dekade mendatang. Simak penjelasan ilmiahnya di info sehat kali ini.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di Nature, ketika suhu global terus meningkat, banyak spesies hewan kemungkinan akan bermigrasi ke lingkungan baru, membawa parasit dan patogen bersama mereka dan memfasilitasi berbagi virus antara spesies yang sebelumnya tidak memiliki interaksi, menurut penelitian tersebut. Peningkatan itu kemudian dapat membantu dalam “limpahan zoonosis,” atau penularan patogen dari hewan liar ke manusia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Para peneliti menyatakan setidaknya 15.000 penularan virus lintas spesies baru diperkirakan terjadi pada 2070, didorong oleh perubahan iklim 2 derajat Celcius, yang merupakan skenario terburuk yang disoroti di bawah Perjanjian Paris.

Baca Juga:  Perubahan Iklim di Indonesia, Pesisir Pantura Jawa Terancam Tenggelam

Sementara pertemuan baru antara spesies mamalia diprediksi terjadi di berbagai tempat di dunia, mereka terutama terjadi di daerah tropis rumah bagi sebagian besar penyakit menular yang mampu menularkan limpahan zoonosis, seperti wilayah Afrika tropis dan Asia Tenggara yang memiliki kepadatan penduduk yang tinggi pula. Peristiwa berbagi virus baru ini diprediksi sebagian besar didorong oleh kelelawar, yang kemungkinan besar menampung virus dengan peluang tinggi untuk menular ke manusia.

Mengutip Bisnis.com pada Minggu (15/5/2022), pergeseran yang didorong oleh iklim di hotspot untuk penyebaran spesies dan evolusi virus mungkin sudah terjadi, mengingat pemanasan sudah berlangsung dengan baik. Virus Covid-19 kemungkinan berasal dari penularan dari hewan ke manusia , menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Virus kemungkinan ditularkan dari kelelawar ke hewan lain dan kemudian ke manusia, menurut laporan bersama oleh China dan WHO yang dirilis pada Maret 2021.

Baca Juga: Viral! Ingus Laut di Teluk Bima dan Turki, Alarm Perubahan Iklim

Temuan menunjukkan bahwa perubahan iklim berpotensi menjadi kekuatan pendorong dominan dalam transmisi virus lintas spesies, yang dapat meningkatkan risiko penularan penyakit menular ke manusia, kata para penulis, menyoroti kebutuhan untuk menggabungkan pengawasan virus dengan penilaian perubahan. untuk rentang spesies sebagai akibat dari perubahan iklim.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Perubahan Iklim Tingkatkan Risiko Penularan Penyakit Menular Lintas Spesies

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya