Tutup Iklan

Bio Smart and Safe Bus Bikinan Karoseri Laksana Diklaim Aman dari Covid-19

Desain bus mempertimbangkan tiga aspek.

 Desain bus buatan CV Laksana yang menerapkan physical distancing mencegah penularan Covid-19. (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

SOLOPOS.COM - Desain bus buatan CV Laksana yang menerapkan physical distancing mencegah penularan Covid-19. (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Solopos.com, SEMARANG –-- Laksana, perusahaan karoseri bus asal Jawa Tengah (Jateng), meluncurkan dua bus yang pembuatannya dengan standar tertentu guna meminimalisasi penularan virus Corona atau Covid-19.

Bus Laksana yang diberi label Bio Smart and Safe Bus itu terdiri atas bus penumpang dan bus bio laboratorium.

Direktur Teknik Laksana Bus, Stefan Arman, mengatakan desain bus mempertimbangkan tiga aspek. Ketiga aspek itu yakni aspek lingkungan (environment), aspek patogen dengan pengaplikasian lapisan nano silver yang dapat mengurai virus atau pada interior bus, dan aspek host atau penumpang dengan penggunaan masker khusus dengan kandungan herbal.

“Aspek lingkungan sudah mengadopsi tata letak kursi 1-1-1 atau physical distancing. Sistem yang membedakan dengan bus pada mumnya adalah sirkulasi udara yang sudah mengadopsi sistem sirkulasi udara di pesawat,” kata Stefan saat memperkenalkan bus di kompleks Kantor Pemprov Jateng, Kota Semarang, Senin (14/12/2020) sore.

Mengungkap Sederet Uji Sebelum Vaksin Disuntikkan

Stefan menjelaskan sistem sirkulasi udara dingin yang berembus melalui AC langsung bertikal ke bawah. Udara itu kemudian menyalur ke 3 tahapan filter yaitu prefilter, HEPA grade filter, dan UV C.

"Kami harapkan dengan sistem sirkulasi udara yang baru ini bisa meminimalkan atau mengurangi viral load yang ada di dalam kabin bus" ungkapnya.

Sementara terkait unit bus laboratorium, Stefan menyatakan bus tersebut merupakan prototipe pertama dari Laksana yang memodifikasi kendaraan bus untuk laboratorium.

Bio Safety Level Tinggi

Pada dasarnya bus tersebut sama dengan bus-bus laboratorium yang sudah ada. Bedanya, bus buatan Laksana itu memiliki banyak ruangan tersekat dengan bio safety level tinggi.

"Biasanya bus laboratorium hanya memiliki satu ruangan. Desain kami memiliki dua ruangan tersekat, sehingga lebih meminimalisasi persebaran bakteri atau virus," ujarnya.

Korban Laka Mobil Patroli Polisi Tertabrak KA di Sragen Pelda Eka Budi Ditemukan

Lebih lanjut, pihaknya berencana mendistribusikan bus tersebut ke daerah-daerah yang tidak memiliki fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dan laboratorium.

"Bus ini nantinya akan digunakan untuk tes PCR atau swab dengan menjangkau area atau daerah terpencil," jelasnya.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengapresiasi produk bus dari Karoseri Laksana itu. Menurutnya, bus itu bisa menjadi alternatif transportasi yang aman pada masa pandemi.

"Busnya bagus. Bisa jadi alternatif di tengah situasi seperti ini," kata Ganjar.

Waduh, Kamera CCTV Milik BPPTKG di Puncak Gunung Merapi Rusak

Berita Terkait

Berita Terkini

Profil Wali Kota Tegal Dedy Supriyono, Pionir Lockdown di Jawa Tengah

Wali Kota Tegal yang baru menjabat sejak 2019 ini menjadi sorotan karena dirinya adalah satu-satunya Kepala Daerah di Jawa Tengah yang menerapkan karantina wilayah atau Lockdown saat pandemi Covid-19 mulai merebak pada tahun 2020 lalu.

3CM FKIP UKSW Serahkan Amongkrissa kepada SMP Kristen 01 Solo

3CM Center FKIP UKSW Salatiga menggelar kegiatan “3CM Berbagi” yang dilakukan dengan penyerahan aplikasi Amongkrissa.

Miris! Manusia Silver Semarang Ternyata Pensiunan Polisi

Kasus manusia silver di Semarang tak kalah mengundang keprihatinan.

Sejumlah Event Besar bakal Digelar di Borobudur, Vaksinasi Dipercepat

Pemprov Jawa Tengah akan mempercepat cakupan vaksinasi di kawasan Candi Borobudur karena sejumlah agenda atau event wisata bakal digelar.

Rumah Kamera Borobudur, Bisa Swafoto Bersama ‘Presiden Jokowi’ Hlo!

Di Rumah Kamera ini, pengunjung bisa dengan leluasa berswafoto dengan Presiden Ri yang akrab disapa dengan Jokowi ini dalam bentuk replika yang terlihat seperti sosok presiden yang nyata.

Dyah Hayuning Pratiwi, Bupati Purbalingga Keturunan Raja Mataram

Bupati Tiwi adalah keturunan dari Kyai Arsantaka yang bernama kecil Arsakusuma, pendiri Kabupaten Pubalingga sekaligus leluhur raja-raja Mataram Islam.

Sempat Viral, Video Harimau di Kedungjati Grobogan Ternyata Hoaks

Video seekor harimau besar sedang berada di kawasan hutan sempat beredar di media sosial dan WhatsApp Group (WAG) di Kabupaten Grobogan

Gelar JDC 2021, AMSI Jateng Ingin Tahu Arah Dunia Digital ke Depan

JDC 2021 merupakan salah satu sumbangsih AMSI Jawa Tengah untuk bicara terkait seperti apa arah industri digital ke depan.

Achmad Husein, Bupati Banyumas yang Dapat Gelar Pangeran dari Keraton Solo

Achmad Husein adalah Bupati Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah yang mendapatkan gelar Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Adipati Purbowinoto dari Kesunanan Surakarta.

Tinjau Vaksinasi Covid-19 di Cilacap, Presiden Jokowi Ingatkan Warga Taat Prokes

Presiden Jokowi mengingatkan warga tetap menerapkan protokol kesehatan meskipun telah mengikuti vaksinasi Covid-19.

Waduh! 9 Daerah di Jateng Endemis Penyakit Kaki Gajah, 6 di Pantura

Sembilan kota dan kabupaten di Jawa Tengah tercatat menjadi daerah endemis filariasis atau dikenal sebagai penyakit kaki gajah.

Banyak Anak Jateng yang Jadi Yatim Piatu Akibat Covid-19, Jumlahnya Bikin Sedih

Perlu adanya sinergi berbagai potensi masyarakat untuk menyelamatkan masa depan anak-anak terdampak Covid-19.

Guru dan Siswa Terpapar Covid-19, 8 SD-SMA di Blora Batal PTM

Kasus di delapan sekolah di Blora itu bukan merupakan klaster penyebaran Covid-19, karena ditemukan saat screening sebelum PTM.

Petani Jambu Air Di Grobogan Ini Namanya Mirip Nama Penyanyi Indonesia

Pembeli datang ke kebun jambu air di Desa Watupawon, Kecamatan Penawangan, Grobogan, petik langsung sambil selfi atau swafoto.

Ini Lho, Bandar Arisan Online Salatiga Tertangkap

Bandar arisan di Salatiga yang dicari karena membawa kabur uang hingga miliaran rupiah milik peserta akhirnya ditangkap polisi.

Unik! Kuliner Soto Bancar Khas Purbalingga Topping Bakso & Saus Kacang

Kuliner khas Purbalingga berupa Soto Bancar memiliki keunikan dengan sajian soto lainnya, yakni tambahan saus kacang, bakso, dan kerupuk merah putih dalam penyajiannya.