Biar Penerima Enggak Dobel, Penyaluran Bansos Covid-19 di Wonogiri Mengacu Data Ini

Ada beragam bansos yang digulirkan pemerintah misalnya PKH, bantuan pangan non tunai (BPNT), bantuan sosial tunai (BST), dan bantuan beras masyarakat.

 Ilustrasi uang. (freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi uang. (freepik)

Solopos.com, WONOGIRI — Percepatan beragam bantuan sosial atau bansos dengan sasaran warga terdampak pandemi Covid-19 harus mengacu pada data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) Wonogiri sebanyak 120.000 keluarga. Hal itu untuk mengantisipasi penerima ganda atau dobel program perlindungan sosial di tengah gerusan pandemi Covid-19.

Untuk diketahui, Pemkab Wonogiri pekan lalu menggelar rapat koordinasi (rakor) penanganan pandemi Covid-19 secara virtual. Ada beberapa poin yang dibahas termasuk percepatan penyaluran bansos sebagai bagian dari perlindungan sosial masyarakat rentan terdampak Covid-19 saat penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

Kegiatan itu diikuti unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Wonogiri dan seluruh kepala desa/lurah.

Baca juga: Bantu Warga Isoman, Pemerintah Desa Di Wonogiri Siapkan Tabung Oksigen Medis

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, mengatakan ada beragam bansos yang digulirkan pemerintah guna meningkatkan perlindungan sosial dan menjaga daya beli masyarakat selama penerapan PPKM. Misalnya, program keluarga harapan (PKH), bantuan pangan non tunai (BPNT), bantuan sosial tunai (BST), dan bantuan beras masyarakat.

“Panduan penyaluran bansos harus mengacu pada DTKS Wonogiri sehingga tidak ada penerima bantuan ganda. Jumlah warga miskin yang tercatat dalam DTKS Wonogiri sekitar 120.000 keluarga,” kata dia, saat ditemui wartawan di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Jumat (23/7/2021).

Menyalurkan ke Rumah Penerima

Bupati Joko Sutopo mencontohkan penyaluran beras dari Polres Wonogiri untuk warga kurang mampu di 25 kecamatan se-Wonogiri. Penerima bantuan beras telah tercatat dalam DTKS Wonogiri. Sehingga, petugas langsung menyalurkan beras ke setiap rumah penerima bantuan.

Baca juga:Masyarakat Desa di Wonogiri Dilatih Tata Cara Pemakaman Jenazah Covid-19

Selain memastikan kebutuhan pokok masyarakat terpenuhi, penyaluran bansos diharapkan mampu menjaga daya beli masyarakat selama penerapan PPKM.

“Banyak masyarakat dan pelaku usaha yang kehilangan sumber penghasilan akibat pandemi. Bantuan sosial yang diterima warga terdampak Covid-19 bisa meringankan beban dan memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari,” ujar dia.

Lebih jauh, lanjut Bupati, pemerintah mempertegas kebijakan pemanfaatan refocusing dana desa sebesar delapan persen yang dikolaborasikan dengan keuangan daerah untuk menyokong penerapan PPKM dan pemantauan pasien positif yang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Baca juga: Lagi Isoman, Warga Wonogiri bisa Dapatkan Sembako Gratis dengan Cara Ini

Mereka membutuhkan asupan makanan bergizi, vitamin, dan obat-obatan untuk mendongkrak imunitas tubus selama menjalani isolasi mandiri hingga sembuh.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Wonogiri, Teguh Setiyono, mengatakan verifikasi dan validasi data penerima bansos dilakukan Dinas Sosial (Dinsos) Wonogiri.

Instansi pemerintah atau lembaga yang hendak menyalurkan bansos harus terlebih dahulu berkoordinasi dengan Dinsos Wonogiri. Hal ini untuk menyinkronkan data penerima bansos saat penerapan PPKM Level 4.


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

Karanganyar Hari Ini: 21 Oktober 2013, Perampok Satroni Gudang Minyak

Delapan tahun lalu, kawanan perampok menyatroni sebuah gudang minyak goreng milik CV Vinoli Makmur di Jl Lawu 17 Karanganyar.

Polresta Solo Tangani 17 Aduan Korban Pinjol Ilegal, Kebanyakan Diteror

Polresta Solo menerima dan menangani sekitar 17 aduan dari korban pinjaman online atau pinjol ilegal yang kebanyakan merasa terganggu teror penagih utang.

Desa Banyurip Juga Punya Program Masak Lontong Pakai Tlethong, Mantap!

Di Desa Banyurip, Jenar, Sragen, warganya juga mengembangkan energi baru terbarukan yakni biogas. Sehingga mereka punya program masak lontong pakai tlethong.

Memanen Hujan dengan IPAH Jadi Cara Warga Banyurip Atasi Kekeringan

Tandon-tandon air hujan disiapkan di setiap rumah warga Dukuh Ploso Ombo, Desa Banyurip, Jenar, Sragen untuk memanen air hujan an mengolahkan.

Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Berwisata, Wisatawan Naik Dua Kali Lipat

Pengelola berharap izin tersebut bisa mendongkrak jumlah pengunjung meski tetap harus menerapkan pembatasan pengunjung maksimal 25 persen dari kapasitas.

Adaptasi dan Mitigasi Iklim Antar Banyurip Jadi Kampung Proklim

Desa Banyurip, Kecamatan Jenar, Sragen menjadi satu-satunya desa di Sragen yang mendapatkan penghargaan Program Kampung Iklim (Prokilm) dari KLHK.

Jaringan Narkoba di Klaten Selatan Dibongkar, 5 Tersangka Diringkus

Kasus narkoba yang diungkap polisi dalam beberapa pekan terakhir didominasi jenis sabu-sabu.

Hanya Desa Ini di Sragen yang Punya Aturan Perlindungan Satwa

Hanya ada satu desa yang memiliki perhatian lebih pada perlindungan satwa liar hingga menerbitkan peraturan desa larangan berburu dan membunuh hewan liar.

Jawab Kritikan, KTNA Klaten Bangun Badan Usaha

Pengembangan badan usaha itu sekaligus menjawab kritikan yang selama ini disampaikan ke KTNA.

PPKM Level 2, Bupati Karanganyar Siap Sambut Lagi Mahasiswa KKN

Pemkab Karanganyar membuka pintu lebar-lebar bagi mahasiswa yang mau melakukan kuliah kerja nyata (KKN). Bahkan Bupati Karanganyar, Juliyatmono, siap menyambut langsung mereka.

Sering Kecelakaan, Satlantas Polres Karanganyar Gelar Zikir dan Doa

Zikir dan doa bersama menjadi upaya batiniyah Satlantas Polres Karanganyar untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas yang belakangan kerap terjadi.

Pelaksanaan Ganjil Genap Tinggal Tunggu Lampu Hijau Bupati Karanganyar

Kajian penerapan ganjil genap pada akhir pekan di Tawangmangu dan Ngargoyoso sudah selesai. Keputusan penerapannya kini di tangan Bupati Karanganyar.

Ganjil Genap di Tawangmangu & Ngargoyoso Diusulkan Berlaku Sabtu-Minggu

Dishub Karanganyar telah melakukan kajian penerapan ganjil genap pelat nomor kendaraaan yang menuju kawasan wisata Tawangmangu dan Ngargoyoso. Rencananya dibelakukan akhir pekan.

Siap-Siap, Polisi Solo Akan Blusukan ke Sekolah-Sekolah, Ini Tujuannya!

Polisi di Kota Solo bakal blusukan ke sekolah-sekolah guna memastikan protokol kesehatan berjalan baik.

5.680 Pedagang Karanganyar Terima BLT via Kodim

Kodim 727/Karanganyar mulai menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) kepada 5.680 pedagang secara bertahap hingga 10 hari ke depan.