Bantu Warga Isoman, Pemerintah Desa Di Wonogiri Siapkan Tabung Oksigen Medis

Pemerintah desa di Kabupaten Wonogiri membeli berbagai peralatan kesehatan termasuk tabung oksigen untuk membantu warga yang isoman.

 Ilustrasi tabung oksigen. (theconverstaion.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tabung oksigen. (theconverstaion.com)

Solopos.com, WONOGIRI — Pemerintah desa di Kabupaten Wonogiri berinisiatif membeli berbagai alat kesehatan seperi tabung oksigen dan ventilator dan oxymeter. Langkah ini bagian dari penanganan pandemi Covid-19 di wilayah perdesaan.

Oksigen medis menjadi barang langka saat kasus Covid-19 meningkat seusai Lebaran. Pasien positif corona yang mengalami sesak napas harus menjalani terapi oksigen untuk membantu mendapatkan asupan oksigen.

Setiap rumah sakit rujukan Covid-19 memiliki stok oksigen medis. Sementara tak sedikit keluarga pasien positif yang menjalani isolasi mandiri di rumah kelimpungan mencari oksigen medis.

Baca Juga: Petani Selogiri Ancang-ancang Gunakan Mesin Pompa Air

Guna membantu warga yang membutuhkan oksigen medis, pemerintah desa di Wonogiri mengalokasikan anggaran untuk membeli alat-alat kesehatan.

“Kami baru saja membeli tabung oksigen lengkap dengan ventilator senilai lebih dari Rp2 juta. Jika ada pasien positif yang sesak napas bisa langsung memakai tabung oksigen tersebut. Ada satgas jaga tangga yang akan mengambil tabung oksigen di balai desa,” kata Kepala Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Sukamto Priyowiyoto, saat dihubungi Solopos.com, Minggu (26/7/2021).

Pemerintah desa telah melakukan refocusing anggaran sebesar delapan persen guna menyokong penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan program vaksinasi Covid-19.

Baca Juga: Masyarakat Desa di Wonogiri Dilatih Tata Cara Pemakaman Jenazah Covid-19

Dana refocusing pemerintah desa di Wonogiri itu untuk untuk membeli alat kesehatan, oksigen, masker, dan cairan disinfektan. Selain itu, dana refocusing juga digunakan untuk memasok kebutuhan pokok pasien positif yang menjalani isolasi mandiri di rumah.

PPKM Berbasis Desa

“Justru kondisi kesehatan pasien positif yang menjalani isolasi mandiri harus dipantau secara ketat. Satgas tingkat desa segera bergerak jika mendapat laporan ada pasien positif yang sesak napas berat,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Desa Jatisari, Kecamatan Jatisrono, Teguh Subroto. Anggaran refocusing digunakan untuk berbagai kegiatan operasional pengendalian pandemi Covid-19. Misalnya, memenuhi kebutuhan pokok pasien positif yang menjalani isolasi di rumah isolasi terpusat di desa.

Baca Juga: Lagi Isoman, Warga Wonogiri bisa Dapatkan Sembako Gratis dengan Cara Ini

Mereka juga mendapat obat dan vitamin yang dikirim dari puskesmas. “Hanya beberapa lokasi kegiatan fisik yang digarap pada tahun ini. Sebagian besar bantuan dana desa digeser untuk penanganan Covid-19. Butuh anggaran cukup besar untuk penanganan pandemi Covid-19,” paparnya.

Sebelumnya, Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, menyampaikan penerapan PPKM dilaksanakan berbasis di desa hingga rukun tetangga (RT). Pemerintah desa di Wonogiri harus renponsif saat ada pasien positif yang membutuhkan penanganan cepat termasuk kebutuhan oksigen.

Baca Juga: Polres Wonogiri Door To Door Salurkan Beras untuk 1.200 Keluarga Terdampak Covid-19

Bupati juga meminta agar pemerintah desa membeli alat-alat kesehatan seperti oxymeter untuk membantu penanganan pasien corona. Masyarakat bisa menggunakan oxymeter untuk mengukur kadar saturasi oksigen secara bergantian.

“Pemanfaatan anggaran delapan persen untuk penanganan Covid-19 harus bisa dipertanggungjawabkan. Misalnya, setiap desa membeli dua-lima oxymeter. Saya kira sudah cukup sebagai bagian deteksi dini penanganan Covid-19,” katanya.


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

Disambut Selvi Ananda, BKKBN Jateng Apresiasi Kampung KB Solo

BKKBN menilai keberadaan kampung KB termasuk di Kota Solo, strategis untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan keluarga.

Lagi, Kawanan Kera Liar Serbu Kampung, Kali Ini di Mojolaban Sukoharjo

Tidak hanya di Kebakkramat, Karanganyar, kawanan kera liar juga menyerbu Dusun Jatiteken, Desa Laban, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo.

Desa Karangmojo Masih Kekeringan, Satlantas Sukoharjo Kirim Air Bersih

Satlantas Polres Sukoharjo membantu masyarakat dengan mengirimkan bantuan air bersih ke wilayah selatan Sukoharjo Sabtu (23/10/2021).

Maulid Nabi Muhammad, Syariah Hotel Solo Gelar Kajian Karyawan

Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh tepat pada Selasa (19/10/2021), manajemen Syariah Hotel Solo melaksanakan kegiatan kajian karyawan.

Tanpa Penata Busana Pribadi, Ini Rahasia Cantik Selvi Ananda

Gaya busana Selvi Ananda selalu match dan terlihat anggun meskipun menggunakan aksesoris yang terkesan sederhana.

Waspadai Covid-19 Gelombang ke-3, Reisa Gencarkan 3M dan 3T di Solo

Pemerintah mulai gencar menggalakkan disiplin 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak) serta 3T (tracing, testing, treatment) jelang libur panjang Natal dan tahun baru.

Pemkab Klaten Gandeng Tokoh Agama untuk Serukan Vaksinasi Covid-19

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menyadari besarnya pengaruh tokoh agama kepada masyarakat.

Bersarung, Berpeci, Pakai Koko Putih, Gibran Peringati Hari Santri

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, memimpin upacara peringatan HSN di Plaza Balai Kota, Jumat (22/10/2021) mengenakan sarung, peci, dan baju koko warna putih.

Sebut Seniman Daerah Pakai Ngisor Pring, Dalang Ini Minta Solusi

Seniman Solo mulai menggelar pentas langsung menyusul pelonggaran PPKM di Kota Solo, tetapi itu tidak berlaku bagi seniman ngisor pring di daerah yang masih level 3.

Cerita Rudy Eks Wali Kota Solo, Ibunya Terjerat Utang Rentenir!

Eks Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, memiliki pengalaman yang tak enak soal rentenir. Dia mengaku ibunya melarat karena terjerat utang kepada rentenir.

Banyak Warga Solo Terjerat Pinjol Ngadu ke Rudy

Ketua DPC PDIP Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, mengaku ditemui banyak warga Solo di rumahnya beberapa bulan terakhir.

4 Seniman Solo Ini Pernah Raih AMI Awards, 2 Orang Sudah Meninggal

Sejumlah seniman di Kota Solo pernah memenangi AMI Awards selama kurun waktu 18 tahun terakhir, dua seniman di antara sudah meninggal.

2 Penyanyi, 3 Musikus dari Solo Masuk Nominasi AMI Awards 2021

Dua penyanyi dan tiga musikus Solo, yaitu Sruti Respati, Nuca, dan Aditya Ong Trio masuk nominasi AMI Awards 2021 yang diumumkan Senin (18/10/2021).

Konsleting AC, Ruang di Kantor Jasa Sih Wiryadi Terbakar

Kebakaran terjadi salah satu ruang di Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) Sih Wiryadi dan Rekan di pinggir Jl. Ki Mangun Sarkoro Nomor 55 Tegalmulyo, Nusukan, Banjarsari, Solo.

Di Jogonalan Klaten Ada 5 Kerbau Bule, Jadi Tontonan Gratis Warga

Wiyono, 70, warga Dukuh Dompyongan, Desa Granting, Kecamatan Jogonalan, memiliki lima kerbau bule di kandang kerbaunya, sejak lebih dari tiga dekade terakhir.