Besok, Presiden Jokowi Pimpin Upacara Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya

Pada tahun 2021, Jokowi juga memimpin upacara yang sama di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Jumat (1/10/2021).

Jumat, 30 September 2022 - 17:57 WIB Penulis: Newswire Editor: Abu Nadzib | Solopos.com

SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi saat konferensi pers perihal Pengalihan Subsidi BBM di Istana Merdeka, Sabtu (3/9/2022). (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan memimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur, Sabtu (1/10/2022) besok.

Presiden Jokowi akan bertindak sebagai inspektur upacara.

“Besok upacara di Lubang Buaya, Bapak Presiden hadir sebagai irup (inspektur upacara),” kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (30/9/2022).

Heru menyebutkan sejumlah menteri akan hadir pada Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, antara lain Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md; Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, dan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto.

Baca Juga: Sinopsis Film Penumpasan Pengkhianatan G30SPKI, Sejarah Kelam Bangsa Indonesia

Berikutnya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto; Menteri Sosial Tri Rismaharini; Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim; Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa; Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, dan para pimpinan lembaga negara lainnya.

“Mulai prosesnya (upacara) pukul 08.00,” ujar Heru seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Pada tahun 2021, Jokowi juga memimpin upacara yang sama di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Jumat (1/10/2021).

Baca Juga: Pierre Tendean, Sosok Ajudan Tampan Korban G30S/PKI

Upacara peringatan pada tahun lalu dihadiri oleh sejumlah perangkat upacara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Sementara itu, hadir secara virtual ialah para pimpinan dan anggota lembaga negara, para menteri Kabinet Indonesia Maju, para gubernur, bupati, dan wali kota, para keluarga pahlawan revolusi, dan undangan lainnya.

Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap 1 Oktober. Peringatan ini dilakukan sehari setelah peringatan pemberontakan Gerakan 30 September (G-30-S/PKI).

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif