Tutup Iklan
Bernard Chene dan Presiden Jokowi. (Youtube)

Solopos.com, SOLO – Nama Jokowi sangat melekat dengan sosok Presiden Joko Widodo. Tapi, siapa sangka nama tersebut rupanya bukan panggilannya semasa kecil. Melainkan dibuat oleh rekan bisnisnya dari Prancis, Bernard Chene, 78.

Bagaima kisahnya?

Bernard Chene kali pertama bertemu dengan Jokowi saat berbisnis furnitur di Solo pada 1999. Kala itu, Bernard Chene bekerja sama dengan paman Jokowi. Suatu ketika, sang paman memperkenalkan Jokowi kepada Bernard Chene.

Siapa sangka seiring berjalannya waktu, karier Jokowi terus berubah hingga akhirnya menjadi Presiden Indonesia. Nama Jokowi juga semakin mendunia.

“Nama Jokowi awalnya hanya di antara saya dan dia. Sekarang, semua orang memanggilnya dengan nama itu. Bagus, tidak apa-apa. Saya sedikit senang. Karena saya yang pertama membuat,” kata Bernard Chene dalam vlog yang diunggah di kanal Youtube Jokowi, Jumat (8/11/2019).

Terkuak! Ini Asal-Usul Presiden Joko Widodo Dipanggil Jokowi

Bernard Chene sangat terkesan dengan perubahan dalam kehidupan Jokowi. Dia tidak menyangka orang yang bekerja sama dengannya saat berbisnis furnitur kini telah menjadi orang nomor satu di Indonesia.

“Luar biasa. Bagaimana Anda bisa percaya orang yang biasa bekerja denganmu di hutan, pabrik, kantor, suatu hari tidak bersamamu lagi. Dia menjadi wali kota, gubernur, dan presiden dari negara dengan populasi muslim terbesar di dunia. Saya sangat terkejut. Terkesan dan sangat senang dengan yang terjadi dalam kehidupannya,” sambung Bernard Chene.

Meski demikian, bagi Bernard Chene tidak banyak perubahan dalam diri Jokowi. Baginya, Jokowi sekarang masih sama dengan yang dikenalnya 20 tahun lalu. Selama mengenalnya, Bernard Chene menilai Jokowi adalah sosok yang dapat diandalkan, dapat dipercaya, dan sangat pintar.

“Saya melihat dia berbicara dengan presiden negara lain di Internet. Dia menggunakan suara yang sama. Dia adalah Jokowi yang sama bagiku,” terang Bernard Chene.

Pria yang kini bermukim di Sucy-en-Brie, Prancis, mengaku tidak pernah kecewa dengan kinerja Jokowi saat berbisnis furnitur bersama. Sampai saat ini, hubungannya dengan Jokowi masih berjalan baik. Dia pun menganggap Jokowi sebagai saudara yang akan selalu didukung.

“Saya bangga kepadanya. Saya masih menjadi saudaranya. Dan saya selalu mendukungnya,” tegasnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten